Image1

Manfaat Minum Kopi Bagi Kaum Pria dan Wanita

Manfaat Minum Kopi Bagi Kaum Pria dan Wanita| Kopi selama ini dikenal sebagai obat mujarab yang paling ampuh untuk mengobat penyakit ngantuk. Tetapi realitasnya hal itu tidak semua orang mengalaminya, seperti ane nih habis minum kopi tetap saja ngantuk. Kalau menurut ane yah sobat, tidak ada obat yang ampuh untuk menghilangkan ngantuk kecuali tidur. Bagi ane sendiri minum kopi hanya sekedar teman saja ketika ada pekerjaan yang harus dikerjakan di malam hari. Selain itu juga pengobat rasa dingin di pagi atau malam hari.


Bagi banyak orang minum kopi sudah menjadi kewajiban setiap hari. Tidak sedikit orang minum kopi sambil merokok, atau merokok sambil minum kopi. Kata orang-orang yang suka merokok, merokok sambil minum kopi adalah sensasi. Tapi karena saya tidak merokok, saya malah beranggapan bahwa merokok sambil minum kopi adalah kebiasaan yang kurang baik. Kopi bisa jadi menyehatkan, tapi rokok sudah pasti itu penyakit yang bisa membunuhmu.


Menurut ilmu kedokteran di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).


Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Bahaya Kopi

Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

Adapun manfaat kopi bagi kaum pria dan wanita adalah dapat meningkatkan gairah seks. Bagi laki-laki kopi dapat membantu gerak sperma lebih lincah dan berenang lebih cepat sehingga dapat merangsang kesuburan pria dewasa. Selain itu kopi dapat meningkatkan gairah seksual dan meningkakan vitalitas. (Sumber : Manfaat Kopi Luwak)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Minum Kopi Bagi Kaum Pria dan Wanita"

Post a Comment