5 Tips Memulai Usaha Percetakan

Tips dan Trik Memulai Usaha Percetakan | Usaha Percetakan di era digital sekarang ini bukan hal yang baru. Usaha percetakan ini tumbuh bagaikan jamur di Musim hujan. Usaha percetakan ini salah satu usaha yang tidak akan surut ke belakang, karena jasa percetakan akan terus berkembang berbanding lurus dengan kebutuhan manusia dan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu pangsa pasar dari usaha percetakan ini terus berkembang ke berbagai wilayah termasuk pedesaaan. Peluang usaha jasa percetakan ini pada tahun 2018 ini sangat besar masih belum sebanding dengan jumlah kebutuhan. Permintaan jasa percetakan lebih banyak dari pada produsen jasa percetakan itu sendiri.Bidang usaha percetakan ini memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat seperti cetak undangan pernikahan,, cetak photo, cetak buku, brosur, pamflet, spanduk banner dan lain-lain.
Mesin Digital Printing Ecojet Prima
Kasima Grafika
Percetakan Digital Printing Pagerageung
WA. 085 213 974 463
Baca Juga
  1. Download Proposal Usaha Percetakan Digital Printing
  2. Analisa Usaha Percetakan Digital Printing
Usaha percetakan ini membutuhkan modal yang cukup besar, jika pelayanannya dapat memenuhi banyak jenis permintaan. Misal untuk jasa percetakan brosur, pamflet dibutuhkan modal minimal Rp. 50 jt rupiah, Usaha Percetakan Digital Printing Cetak Spanduk, Banner, Baligho dan lain-lain dibutuhkan dana minimal Rp. 150 jt Rupiah. Namun bagi yang berminat untuk membuka usaha percetakan jangan melihat besarnya modal tersebut, dan selalu menghitung-hitung kapan kembali modal. Karena kalau mau memulai usaha selalu berbicara modal yang besar, kapan kembali modal, saya yakin sedikit orang yang akan jadi buka usahanya. Orang yang selalu berfikir seperti ini yaitu selalu hitung-hitungan kebanyakan hanya akan menjadi penonton saja bukan pemain. Penonton akan lebih pandai berbicara mengamati dan mengkritisi tapi mereka tidak akan mendapat apa-apa.


Bagi yang berminat membuka usaha percetakan ada baiknya membaca tips memulai usaha percetakan di bawah ini :
1.    Pastikan Usaha yang anda rencanakan sesuai dengan minat atau hoby yang betul-betul anda sukai 
Hal yang paling mendasar tapi sering terlupakan bagi pebisnis pemula adalah apakah usaha percetakan ini adalah benar-benar hoby bukan berangkat dari melihat kesuksesan orang lain. Hoby di sini minimal memiliki kesenangan terhadap proses atau hasil. Misal suka desain, suka menggambar, berimajinasi dan lain-lain. Memiliki ketertarikan produk-produk hasil percetakan orang lain seperti spanduk dll.
Hoby atau kesukaan menjadi modal utama karena hal ini akan berpengaruh pada etos kerja dan kesiapan dalam menghadapi tantangan. Biasanya kalau orang yang sudah hoby apapun yang terjadi pasti ia dapat menikmatinya.
2.      Kuatkan Niat dan Tekad untuk Menjadi Wirausahawan
Segala sesuatu tergantung niat, maka luruskan lah niat bahwa kita memulai usaha ini semata-mata untuk menjemput rizki yang Alloh SWT telah menyediakaannya. Maka niat kita tentu hanya ingin mendapatkan ridho Alloh SWT. Tekad yang kuat bahwa kita sebagai manusia diwajibkan berikhtiar semaksimal mungkin agar sukses di dunia dan di akhirat
3.      Mulailah dari Usaha Percetakan Kecil
Kata siapa buka usaha percetakan itu modalnya besar? Eiit kata yang nulis di atas tuh… naah ini masalahnya.. itu untuk skala percetakan besar yaah.. ingaat… Kalau tidak bisa yang besar kenapa tidak yang kecil saja, pasti bisa. Contohnya buka dulu usaha cetak photo, cetak undangan pernikahan, jasa pengetikan. Nah usaha percetakan ini hanya bemodal 1 buah Laptop atau Komputer dan Print, biasanya yang cocok menggunakan Epson seri L310. Total perkiraan modal kurang lebih Rp. 6 jt Rupiah
4.      Strategi Jaringan dan Makloon
Kalau percetakan kecil sudah berjalan, bukalah jaringan dengan percetakan-percetakan besar dan kita kerja sama untuk makloon. misalnya kita ga punya mesin spanduk maka kita kerja sama dengan percetakan spanduk lobi minta harga khusus makloon, dan buka layanan di percetakan kita menerima pesanan spanduk
5.      Berdoa
Hal akhir adalah jangan pernah tinggalkan sholat 5 waktu dan berdoa semoga apa yang kita lakukan menjadi wasilah untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Semoga usaha percetakan kita menjadi keberkahan hidup kita.
Description
: 5 Tips Memulai Usaha Percetakan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: 5 Tips Memulai Usaha Percetakan
loading...

Iklan Sidebar