Home » » Berapa Lama PIN Google Adsense Sampai ke Alamat Blogger?

Berapa Lama PIN Google Adsense Sampai ke Alamat Blogger?

PIN Google Adsense tak kunjung datang | Berapa Lama Pin Google sampai? | Bagi blogger newbie mendapatkan akun google adsense merupakan kebanggan tersendiri. Karena untuk diterima Google Adsense membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Seorang blogger harus mampu meyakinkan GA dengan tulisan-tulisan yang original dan contiunuitas. Kontent yang original dan bagus menjadi daya tarik tersendiri bagi google adsense untuk memberikan hadiah akun GA.



Sekedar berbagi pengalaman, saya seorang bloger yang mengalami perjalanan cukup panjang untuk mendapatkan akun GA. Sekitar tahun 2010 saya iseng-iseng membuat blog dengan niche proposal, Bantuan, proposal skripsi, skripsi dan lain-lain. Pada waktu itu saya memposting sekitar 40 postingan. Namun melihat staristik traffik yang minim hanya sekitar 20 s/d 50 trafik perhari, saya pun merasa kurang bersemangat. Karena kesibukan saya, blog tidak terawat di biarkan begitu saja. Nah pada sekitar tahun 2013 saya coba cek masuk akun blogger saya apa masih aktif atau tidak, dan ternyata alhamdulillah masih aktif.


Saat mengecek statistik ternyata total tayangan mencapai 10000 tayangan, luar biasa menurut saya, karena jangankan memikirkan trafik atau tayangan, malah dikiranya akun blogggernya saja sudah tidak ada. Statistik tayangan inilah yang mengembalikan semangat saya untuk mengelola blog. Saya pun kembali giat memposting tulisan, meskipun kadang seminggu sekali atau sebulan sekali.

Saya juga coba search di google mengenai cara menghasilkan uang dari blog, akhirnya saya pun mncoba untuk bergabung dengan penyedia iklan google yaitu Google Adsense. Google adsense adalah Program Kerja Sama Periklanan melalui media internet dari pihak google dengan pemilik blog atau situs. Pemilik blog atau situs menerima pembayaran dari iklan yang di klik oleh pengunjung.

Setelah saya memahami langkah-langkah bergabung dengan google adsense saya pun mencoba mendaftarkan blog yang pada waktu itu adalah http:/bangproposalblogspot.com. Beberapa minggu kemudian saya mendapatkan balasan email dari GA, namun... jawabannya menyedihkan permohonan akun GA saya ditolak dengan alasan konten tidak memadai.

Dari situ saya kembali down alias tidak bergairah lagi mengurus blog, saya biarkan kembali, nah pada tahun 2017 saya mulai ngeblog lagi dan mencoba kembali mengajukan akun GA pada bulan Mei 2017 dan hasilnya sama ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Ini jawaban dari GA tertanggal 24 Mei 2017 :

Status permohonan AdSense Anda
Seperti yang kami utarakan dalam email sambutan kami, kami melaksanakan peninjauan kedua terhadap permohonan AdSense Anda setelah kode AdSense ditempatkan pada situs Anda. Sebagai hasil dari peninjauan tersebut, kami telah menolak akun Anda karena pelanggaran berikut:
Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini
Konten tidak memadai: Guna mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan yang relevan di situs Anda, laman Anda harus berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat melakukan peninjauan dan perayap kami dapat menentukan tema laman Anda.
Untuk menyelesaikan masalah ini, harap pelajari saran berikut:
  • Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
  • Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
  • Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
  • Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
  • Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
  • Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

---------------------
Untuk memperbarui dan mengirim ulang permohonan, kunjungi google.com/adsense dan masuk menggunakan alamat email dan sandi yang Anda kirim bersama permohonan. Pakar kami akan meninjau akun Anda untuk mengetahui kepatuhannya terhadap kebijakan program kami, jadi pastikan untuk mengatasi semua masalah yang dicantumkan di atas sebelum mengirim ulang permohonan Anda.
Untuk informasi selengkapnya, kunjungi Pusat Bantuan kami atau telusuri Forum Bantuan AdSense, tempat komunitas penayang berbagi praktik terbaik AdSense.

Hmmm ditolak maning ditolak maning, sedih lagi-sedih lagi.. Tapi kali ini saya tidak larut dalam kekecewaan. Saya terus isi postingan ketika waktu luang. Pola pikir saya dirubah biarlah tidak diterima GA juga yang penting menulis, karena menulis tidak akan rugi, minimal kita meninggalkan jejak pemikiran kita melalui tulisan tulisan di blog. Saya  pun memutuskan untuk mengganti blog agar tulisan saya lebih banyak dan lebih luas. Alamat yang baru menjadi https://serbaserbicatatanku.blogspot.co.id/


Pada bulan juli saya iseng lagi mencoba mengajukan ulang permohonan google adsense, dan akhinya, pada tanggal 7 bulan Juli 2017, GA mengucapkan selamat bahwa blog saya sudah terhubung ke adsense. Bahagia rasanya hati ini, dan semangat blog terus bertambah, saya pun mulai sering menulis artikel, berita dan tulisan lepas.

Setelah blogger mendapatkan akun google adsense (GA) saya  menyediakan ruang iklan GA di posisi template yang strategis dilihat pembaca. Karena penghasilan kita ditentukan oleh klik iklan dari pengunjung blog.

Waktu demi waktu blog saya sudah ada penghasilannya, meskipun sangat kecil di bawah Rp. 1000, seperti Rp. 500, kadang hanya 50 rupiah. Tapi ga apa-apa saya harus bersabar, saya berpikir sedikit-sedikit lama-lama bisa menjadi bukit. Tiap hari sepertinya penghasilan saya meningkat, bahkan pernah saya ngecek satu hari masuk 1 dollar (Rp. 13.000). Waah luar biasa...semakin bersemangat, meskipun kejadian itu baru terjadi satu kali. Rata-rata sekarang hanya masuk Rp. 1.500.

Naah pada bulan Nopember 2017 total penghasilan GA saya keseluruhan Rp. 103.000 dan saya pun di minta memverifikasi alamat untuk pembayaran.

Verifikasi alamat ini menggunakan PIN Google Adsense yang dikirim langsung melalui pos ke alamat sesuai dengan profil akun adsense. Tampilan pada adsense untuk verifikasi alamat seperti gambar berikut :

PIN yang kita dapatkan dimasukkan ke dalam kotak verifikasi. Namun permaslalahannya kapan kita mendapatkan PIN? Berapa lama PIN Google sampai? Kalau lihat gambar di sana ada keterangan bahwa PIN anda akan dikirim melalui POS 3-5 hari setelah tangal yang tercantum di atas dan bergantung pada layanan pos mungkin dalam waktu 2-4 Minggu (Kurang Lebih 1 Bulan).

Namun kenyataannya tidak seperti itu, saya sampai saat ini sudah hampir 3 bulan menunggu PIN GA yang tak kunjung tiba. Padahal alamat saya sangat terjangkau layanan Pos, dan saya juga sering mendapatkan kiriman dari POS. Tapi entah mengapa sampai saat ini saya belum mendapatkan PIN GA. Saya juga pernah mengganti alamat dengan alamat kantor saya dan meminta ulang PIN, tapi sama saja tidak kunjung datang. Akhirnya yang ketiga kalinya saya rubah kembali alamanya ke alamat sesuai dengan KTP saya, dengan tujuan jika terjadi sesuatu hal sehingga PIN tidak datang sama sekali saya bisa memverifikasi dengan KTP. Pengajuan Akun GA yang ke tiga kalinya ini merupakan kesempatan terakhir.

Pada kesempatan ke-3 saya megajukan Ulang PIN pada tanggal 18 Januari 2018, dan jika satu bulan tidak kunjung datang, baru bisa mengajukan verifikasi dengan KTP. Oleh karena itu dalam akun google nama dan alamat harus sesuai dengan KTP, agar penghasilan dari GA dapat kita terima.
Minta do'anya yah... agar PIN GA saya dapat segera tiba dan saya bisa memverifikasinya. Sampai saat ini penghasilan saya total Rp. 306.000.

Menanti adalah suatu hal yang membosankan, tapi jika dengan kesabaran menanti akan berbuah keindahan. Terima Kasih...

Update terbaru, alhamdulillah berkat do'a sobat semua setelah 3 hari menulis tentang berapa lama PIN Google Adsense sampai ke alamat? akhirnya terjawab juga pada har,i Jumat tanggal 19 Januari 2018, saat itu jam 9 pagi di saat saya sedang ngantor di MTs. Puteran, ketika buka WA, sdri Apong yang bekerja sebagai staff di Desa Puteran bahwa ada surat dari Google Adsense buat saya. Saya pun langsung meluncur dan Alhamdulillah PIN yang ditunggu-tunggu dan 3 kali mengajukan penggantian akhirnya datang juga. Jadi jawaban dari berapa lama GA sampai ke alamat? buat saya hampir 3 bulan, dari bulan nopember 2017 sampai 19 Januari 2018. 


Inilah Surat PIN GA saya
diterima pada tanggal 19 Januari 2018


Jadi bagi sobat blogger yang sedang menanti PIN Adsense bersabarlah, tunggu 2 s/d 3 bulan. Lamanya PIN GA sampai ke alamat bisa jadi karena PIN GA ini dikirim dari Malaysia. Entah mengapa saya juga tidak terlalu paham, hanya saja prediksinya kantor Google di Indonesia belum ada.


Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment