6 Tips Memulai Usaha Photocopy

Tips Memulai Usaha Fotocopy dan ATK | Tahun 2018 menjadi tahun harapan bagi setiap orang ketika harapan tahun 2017 tidak tercapai. Harapan itu pasti ada, selagi kita masih diberikan nafas oleh Alloh SWT. Harapan adalah optimisme, dari sebuah keyakinan kepada Alloh SWT. Bagi setiap orang pasti di saat pergantian tahun berharap menjadi lebih baik, seperti penghasilan meningkat, banyak order, punya mobil atau ada yang mau nambah istriii... he2-- hati-hati lhooo...Harapan boleh saja setinggi langit, tapi mesti dianalisa apakah harapan itu realistis atau tidak. 

Setiap orang pasti berbeda-beda harapannya semuanya berdasarkan pada kondisi saat ia mengharapkan adanya perubahan. Mungkin bagi orang yang berpenghasilan rendah pasti menginginkan hal hidup layak, bagaimana ia amampu menghidupi keluarga menjadi lebih sejahtera. Bagi yang belum memiliki pekerjaan pasti berharap tahun ini mendapatkan pekerjaan yang layak. Bagi orang yang tidak memiliki usaha tente berharap tahun ini memiliki usaha yang pasti dan menguntungkan.
Peluang usaha tahun 2018 terbuka luas, termasuk usaha photocopy. masih membiliki peluang yang cukup bagus. Usaha jenis ini meskipun sudah lama, akan tetap memiliki ruang setiap tahunnya dan memiliki potensi usaha yang terus berkembang. Mengapa demikian, karena usaha photocopy berkaitan dengan kebutuhan zaman. Setiap orang atau lembaga akan tetap membutuhkan jasa photocopy untuk memenuhi kebutuhannya.

Usaha photocopy ini adalah jenis usaha jasa layanan duplikasi atau salinan. Orang menggunakan jasa photocopy ini biasanya untuk persyaratan ke instansi atau pemberkasan, atau hanya untuk arsip salinan di rumah.
  
Bagi pebisnis pemula atau calon wirausahawan, jangan khawatir jika mau menjalankan usaha photocopy ini. Karena usaha photocopy ini akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Bagi yang mau memulai usaha photocopy alangkah baiknya membaca 6 tips memulai usaha photocopy berikut ini "

1.      Carilah tempat yang strategis
Hal pertama jika akan membuka usaha jasa photo copy adalah menentukan tempat yang strategis. Tempat yang dibutuhkan adalah tempat yang dekat atau di kelilingi oleh lembaga-lembaga yang sering menduplikasi atau memerlukan salinan-salinan dalam jumlah banyak. Misal carilah kontrakan di dekat kampus, sekolah SMP atau SMK/SMA atau dekat kantor-kantor pemerintahan. Keberhasilan dari usaha photo copy ini kadang tergantung kena atau tidaknya sasaran tembak. Coba anda bayangkan kalau buka usaha photocopy di komplek perumahan yang tidak ada kantor pemerintahan, pasti sepiii, sedikit. Apalagi di tengah perkebunan, waaah pasti ngaco deh… Jangan lupa juga kalau memungkinkan carilah tempat yang banyak kantor-kantornya dan dekat masjid. Jadi kalau kita mau sholat kan gampang.

2.      Cari Mesin yang bagus
Setelah mendapatkan tempat yang strategis, selanjuntnya adalah memilih mesin photocopy yang kualitasnya bagus, handal, bandel tidak rewel dan spare partnya mudah. Berdasarkan pengalaman mesin yang cukup handal sampai saat ini adalah Merk Canon IR5000/6000, mesin ini mampu bekerja dengan cepat dan hasilnya baik serta tidak rewel. Kerusakannya terhitung jarang dan ringan. Kekuatan drum nya cukup lama bisa bertahan lebih dari 5 tahun.

3.      Pilihlah Pegawai yang Jujur
Jika anda tidak melakukan usaha sendiri atau memang membutuhkan pegawai, maka pilihlah pegawai yang jujur, memiliki etos kerja yang baik. Kejujuran adalah modal utama dibandingkan keahlian kerja. Keahlian kerja itu mudah dibentuk sedangkan kejujuran adalah karakter yang cukup sulit dibentuk.

4.      Pastikan Kualitas Hasil Copyan Selalu Bagus
Ketika sudah berjalan, hal yang harus dilakukan adalah selalu mengecek hasil copyan. Jika terjadi hasil yang kurang bagus, misalnya hasilnya buram, atau ada bintik hitam atau bergaris, maka harus segera di atasi. Bukalah mesin dan carilah penyebabn ya. Jika tidak bisa jadwalkan teknisi untuk memperbaikinya.

5.      Sediakan Layanan Satu Atap
Untuk mendapatkan untung yang maksimal, manjakan pelanggan dengan layanan satu atap. Tambahlah satu buah unit CPU lengkap dengan printernya untuk melayani jasa pengetikan, cetak photo dan lain-lain yang selalu berhubungan dengan keperluan orang memphotocopy. Contoh : Biasanya orang membuat surat undangan diketik dulu setelah selesai baru di photocopy. Maka dengan adanya layanan jasa pengetikan, pelanggan lebih mudah dan tidak perlu ke mana-mana, ia membuat surat di situ kemudian memphotocopynya. Begitu juga cetak photo, orang biasanya cetak photo untuk kelengkapan persyaratan, missal untuk menikah diperlukan pas photo 2 x 3 6 buah, sekaligus juga photo copy KTP atau KK dll. Begitu juga kalu memungkinkan membeli mesin pembuatan stempel. Karena biasanya pelanggan banyak memerlukan stempel untuk memenuhi kelengkapan administrasinya seperti pembutan proposal, surat menyurat dan lain-lain.
Tambah lagi dengan disediakannya berbagai macam ATK seperti Buku Tulis, Pensil, Ballpoint dan lain-lain.
Naah jika konsumen dimanjakan dengan layanan satu atap seperti ini, insya Allah usaha photo copy ini akan maju dan berkembang. Banyak kebutuhan orang yang bisa diselesaikan di tempat Photo Copy kita.

6.     Membuka Layanan Kerja Sama dengan Percetakan lain 
Selain menyediakan Layanan Satu Atap, langkah selanjutnya adalah menjalin kerja sama dengan percetakan-percetakan lainnya. Hal ini diperlukan untuk menambah layanan kita lebih luas. Karena pada kenyataannya konsumen itu banyak sekali kebutuhannya. Selain dengan hal yang berkaitan dengan photo copy, banyak orang yang membutuhkan pelayanan cetak spanduk, brosur, nota dan lain-lain. Naah ini peluang bagi kita, sebelum kita mampu membeli mesinnya alangkah baiknya menjalin kerja sama dengan system makloon.

Demikian sobat tips yang ane ceritakan berdasarkan pengalaman menjalankan usaha photocopy di Pertigaan Genteng Pagerageung yang sampai tahun 2018 hampir masuk usia 5 tahun. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. Terima kasih.

Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih besar silahkan bergabung dengan SB1M. Dapatkan tutorial Bisnis On Line Gratis Selama 2 tahun dan dapat mengikuti kelas gratis.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Memulai Usaha Photocopy"

Post a Comment