Image1

Makalah Kepemimpinan | Pokok dan Sifat Kepemimpinan


Fungsi Pokok Kepemimpinan | Tugas Pokok Kepemimpinan | Unsur Pokok Kepemimpinan | Pokok Kepemimpinan
POKOK-POKOK KEPEMIMPINAN 

Sifat Alami Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses membangkitkan semangat orang lain untuk bekerja keras untuk memenuhi tugas penting, yaitu salah satu dari topic yang disenangi kepemimpinan membangun komitmen dan gairah yang dibutuhkan untuk menyalurkan bakat mereka secara penuh untuk membantu memenuhi rencana dan pengontrolan serta meyakinkan segala sesuatu adalah benar.
“Pemimpin yang Besar” disebut melaksanakan  hal-hal luar biasa di dalam organisasi  memotivasi dan membangkitkan semangat yang lain ke  suatu tujuan umum agar berhasil sebagai leader, oleh karena itu seorang manajer harus ahli dalam berhadapan dengan semua aspek memotivasi komunikasi, hubungan pribadi, kerjasama sekelompok dan dinamika kelompok di  tempat kerja yang baru, dengan  karakteristik cepatnya perubahan teknologi  dan persaingan keras dan  keanekaragaman, manajemen yang efektif memerlukan para manajer itu memenuhi tanggung-jawab kepemimpinan mereka tiap hari dan ke arah lebih luas dan penuh:-Planning- organizing- kepemimpinan - controlling-memotivasi yang lain untuk bekerja keras-pengarahan usaha ke arah tujuan umum.

Kuasa dan Kepemimpinan
Kekuasaan adalah kemampuan untuk memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu yang kamu perintahkan, atau membuat segala sesuatu terjadi dan dengan Cara yang kamu inginkan.

Sumber dari kekuasaan
Salah satu dari sumber kekuasaan adalah para manajer kantor, dalam kekuasaan hirarki dalam organisasi tiga dasar dari position power adalah reward power, memaksa dan legitimasi.
  1. Reward power, adalah kemampuan untuk mempengaruhi lewat penghargaan kemampuan untuk menawarkan sesuatu  (yang) berharga, hasil positif, sebagai cara mempengaruhi perilaku dari orang-orang lain misalnya bonus, promosi, doa, tugas khusus, pujian tertulis dll.
  2. Coercive power/memaksa, adalah kemampuan untuk mempengaruhi melalui hukuman atau ancaman
  3. Legitimate power, kemampuan untuk mempengaruhi melalui kekuasaan, misalnya “saya adalah bos apapun yang kamu lakukan harus sesuai dengan apa yang saya perintah"

Sumber dari Kekuasaan pribadi
Sumber kuasa yang terletak di tangan manajer, individu, dan kualitas pribadi yang unik dua basis dari kuasa pribadi adalah tenaga ahli kuasa dan referent kuasa diantaranya:
  1. Expert power/ tenaga ahli, adalah kemampuan untuk mempengaruhi melalui keahlian khusus atau expert power dan ilmu yang spesial.
  2. Referent power/ adalah kemampuan untuk mempengaruhi melalui identifikasi.
 Fokus pada  perilaku kepemimpinan:
   -Tugas yang berhubungan dengan orang
 Orang-orang dan tugas berhubungan dengan seorang pemimpin yang tinggi dalam memicu struktur atau perhatian untuk bertanya cenderung untuk bertindak, melalui Cara-cara berikut ini:
  1. Perencanaan dan menggambarkan kerja yang akan dilakukan.
  2. Pertanggung jawaban tugas.
  3. Pengaturan kerja yang jelas dan standard.
  4. Urgen penyelesaian tugas.
  5. Memonitor pencapaian hasil.
Sebaliknya, seorang pemimpin yang tinggi dalam pertimbangan atau yang berhubungan dengan orang-orang harus mengetahui cara berikut: 
  1. bertindak hangat yang mendukung pengikut atau bawahan
  2. hubungan sosial dengan pengikut
  3. merasa menghormati pengikut
  4. sensitive terhadap kebutuhan pengikut
  5. kepercayaan terhadap pengikut yang ditunjuk 
ketidaktentuan teori kepemimpinan
ketidaktentuan fiedler model
-       memahami kondisi pemimpin
-       mempertemukan sesuai dengan situasi dan style pemimpin

Teori Harsey Blanchard tentang situational pemimpin
Menurutnya modal bagaimana kemampuan, keinginan dan percaya diri:
  1. delegasi: mengizinkan grup untuk berbuat dan mempertanggung jawabkannya
  2. partisipasi: berbagi ide dalam tujuan bersama
  3. menjual: menjelaskan tujuan tugas dan dengan cara supportive dan persuasive.
  4. menceritakan: memberikan tujuan tugas yang spesifik dan pengawasan kerja

Karisma pemimpin
Karismatik seorang pemimpin  adalah seorang pemimpin yang membangun, pemimpin khusus- hubungan pengikut dan mengilhami pengikut dengan cara yang luar biasa. Tanggapan kepemimpinan adalah pemimpin yang mengarahkan usaha dari yang lain melalui tugas, penghargaan, dan struktur.

 Apakah transformational pemimpin
            Transformational kepemimpinan adalah pemimpin yang mendatangkan inspirasi  bagi orang-orang agar melakukan lebih, dalam mencapai tujuan  yang tinggi. Atribute transformational pemimpin:

  • vision : punya ide dan tujuan yang jelas
  • charisma: mengundang antusias orang lain
  • symbolism: perayaan, penghargaan special
  • empowerment: saling membantu dalam bekerja sama, berbagi tanggung jawab dalam menyikapi segala tantangan dalam kerja
  • intellectual stimulation; memperoleh keterlibatan dari yang lain [oleh/dengan] menciptakan kesadaran gerakan/kegemparan dan masalah imajinasi mereka dengan menciptakan solusi yang tepat
  • integrity: jujur dan dipercaya
            Dugaan transformational leadership menawarkan suatu penantang beda ke para manajer bukanlah cukup untuk mempengaruhi dan mengetahui ciri kepemimpinan, mengetahui ketidaktentuan kepemimpinan, pemahaman dan perilaku kepemimpinan. Dari dasar kepemimpinan tanggapan manajer seperti (itu) harus juga memimpin di (dalam) suatu kepemimpinan mendatangkan inspirasi dan juga manajer harus memimpin di (dalam) suatu jalan/cara mendatangkan inspirasi dan dengan kepribadian yang sempurna dan berwibawa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Kepemimpinan | Pokok dan Sifat Kepemimpinan"

Post a Comment