Image1

Kenali Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Laptop Tidak Bisa Connect Wifi? Temukan penyebab dan Masalahnya di sini. Sobat! Banyak hal yang menyebabkan wifi menjadi tidak connect alias tidak bisa akses internet. Salah satunya karena memang tidak ada sinyal wifi....wxxx canda sobat yah, biar ga serius amat, soalnya kalau di bawa serius amat nanti kumat apalagi sedang terkena musibah kerjaan tidak tamat karena wifinya tidak bermanfaat!

Sobat! Panik juga yah ketika kita banyak kerjaan yang membutuhkan koneksi internet ke laptop, pas di nyalain eh... wifinya ga konek-konek..Bikes alias bikin kesel, kayak kita lagi mau ketemu sang kekasih eh malah ga datang-datang.... weleh so sweet. Sebetulnya ga usah panik deh karena kata pepatah kepanikan akan membawa kesengsaraan. Maksudnya? yah.. karena biasanya orang panik itu tidak bisa mikir, gini salah gitu salah... akhirnya bukannya menyelesaikan masalah tapi nambah masalah. Jadi dibikin happy saja yah...

Cara mengatasi permasalahan wifi tidak connect harus dibentuk tim pencari fakta dulu untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya kecelakaan ini. Tim harus bisa menggambarkan dulu wifi tidak connect itu seperti apa saja... wah... ga enak yah,, pakai tim tam segala kaya kasus narkoba... Maksudnya yah sobat sendiri yang harus mengidentifikasi laptop tidak connect wifi gejalanya apa saja, seperti berikut :
1. Laptop yang sama sekali tidak ada indikator sinyal wifi, pasti ini tidak bisa dikoneksikan.
2. Laptop dengan sinyal wifi tapi tidak bisa connect
3. Laptop yang konek sinyal wifi tapi ada tanda seru dan tidak ada akses internet

Jika hasil identifikasi yang pertama masalahnya adalah laptop sama sekali tidak ada tanda sinyal wifi sama sekali.
Wifi tidak Muncul Sama sekali

Hal ini bisa disebabkan 3 hal, yaitu 1)Wifi dalam posisi off, 2)  Driver Wifi tidak terinstal atau tidak cocok 3). Perangkat Wifi Laptop rusak. Berdasarkan hal tersebut maka pemecahan masalahnya sesuai kondisi kasus laptop tidak bisa konnek tersebut.

Penanganan kasus pertama yaitu dengan melihat terlebih dahulu keyboard, apakah ada tombol yang bergambar sinyal wifi? Biasanya kalau pada laptop acer ada pada tombol f3, nah kalau ada coba tekan fn + f3 (tombol yang ada tanda sinyal), lihat di ujung kanan apakah ada muncul tanda-tanda sinyal wifi? Kalau ada tinggal koneksikan saja.

Untuk tombol wifi pada keyboard setiap laptop posisinya berbeda-beda. Bahkan tidak semua laptop ada tombol wifinya. Sehingga perlakuannya pun berbeda-beda, ada yang langsung aktif dan ada yang harus menghidupkan dulu wifi dengan menekan tombol keyboard secara bersamaan.  Tombol yang di tekan pada laptop acer biasanya adalah tombol fn+f3 .

Kalau masih tidak menyala atau wifi tidak muncul, kemungkinan lainnya adalah driver wifi tidak cocok. Karena ada sebagian laptop yang hanya bisa di instal dalam satu jenis OS sesuai dengan rekomendasinya. Ada laptop yang driver wifinya hanya ada untuk Windows 8 64 saja. Sehingga kalau diinstall win 7, wifi ini drivernya tidak cocok yang mengakibatkan koneksi wifi tidak muncul. Kalau drivernya tidak ada yang cocok silahkan install ulang kembali OS nya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Sedangkan pada kondisi atau kasus kedua yaitu laptop tidak bisa connect wifi dengan kondisi wifi aktif dan mendeteksi jaringan wifi yang ada, biasanya lebih disebabkan oleh kesalahan pasword yang pertama. Cara mengatasi kasus seperti ini silahkan masuk ke Start-Control Panel-Network and Internet-Network and Sharing Center



Klik Manage Wireles Network





Muncul Nama-nama Jaringan Wifi yang aktif seperti gambar di bawah ini kemudian pilih jaringan wifi yang akan dikoneksikan, klik kanan-remove network.


Setelah network terhapus, kemudian kembali ke koneksi wifi yang ada di pojok bawah kanan, pilih kembali wifi yang tadi dihapus dan masukkan kembali pasword wifi dengan benar. Jika cara ini tetap tidak bisa, maka solusi lain adalah kembali ke manage wireles dengan menghapus jaringan wifi yang lainnya. Karena terkadang penuh sehingga wifi baru tidak dapat terkoneksi dengan baik.

Pada kasus yang terakhir (ke-3) yaitu Laptop yang wifinya konek tapi tidak ada akses internet, dan ada tanda seru. Hal ini lebih disebabkan jaringan internet yang buruk sehingga ada keterbatasan akses. Atau juga bisa dari settingan IP Addres yang tidak tepat.

Untuk mengatasinya, cek jaringan internet yang kita gunakan, apakah kuota dan sinyalnya cukup? kalau masih cukup berarti ada kemungkinan pada setting IP Adress yang tidak tepat. Lakukan penyetingan IP Adress melalui control panel-network and internet-network and sharing center seperti langkah di atas, kemudian pilih change adapter sharing.


Setelah muncul jendela layar pilih dan klik kanan pada wireless network pilih propertis. 




Klik Protokol Version 4 kemudian pilih properties. Setelah itu muncul gambar seperti di bawah ini, kalau muncul IP adress klik obtain an IP addres automatically, IP adress dikosongkan semua kemudian klik OK.


Sobat! Tutorial mengatasi laptop tidak bisa connect wifi berdasarkan dari pengalaman-pengalaman ane yang mengatasi wifi laptop tidak konek. Semoga sobat juga yang mengalami musibah wifi laptop tidak connect dapat teratasi dengan cara-cara di atas.

Oh yah sobat, kalau cara-cara di atas tidak mempan, sebaiknya beli saja wifi eksternal. Karena besar kemungkinan perangkat hardware wifi laptopnya bermasalah.

Semoga bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment