Image1

Mengenal Aliran aliran dalam Metafisika


METAFISIKA


Metafisika ® Being ® Hakekat ® sebagai kata kunci, berasal dari kata meta ta physika, yang pertama menggagas tersebut adalah Aristoteles. Metafisika merupakan gagasan dari Aristoteles, bahwa: dibalik yang fisik itu ada metafisika ® hakekat, substansi, esensi. Bahwa mereka dipengaruhi untuk menemukan diatas yang fisik kelemahan (Aristoteles) terjadi percampuran antara keyakinan dengan gagasan filosofis.(padahal semestinya bila membicarakan sesuatu tidak perlu masuk ke wilayah lain.
Aliran–aliran metafisika segi kualitas, kuantitas dan proses dilihat dari segi kuantitas dan proses.
1.      Dari segi Kualitas
a.       Monisme
Aliran ini menyatakan hanya ada satu kenyataan terdalam/ fundamental. Kenyataan tersebut dapat bahwa jiwa, materi, Tuhan/substansi lainnya yang mewakili tokoh ini adalah: Thalles
b.      Dualisme
Aliran ini menyatakan adanya 2 substansi pokok yang masing-masing berdiri sendiri-sendiri. Tokoh-tokohnya; Imanuel Kant, Rendekat. Rendekat (dunia perluasan; fisik/indrawi – pemikiran; rasio)
Imanuel menyebutkan ada 2 wilayah phenomenon (yang mengerjakan), nomenon (rasio)
c.       Pluralisme/serba-serbi
Aliran filsafat yang tidak mengakui adanya satu/hanya 2 substansi melainkan meyakini adanya banyak substansi dengan empedoples; api, udara, tanah dan air.
2.      Dari segi Kuantitas
a.       Spiritualisme
Aliran filsafat yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam dalam alam semsta adalah ruh. Tokoh; Plato, Legnes.
b.      Materialisme
Bahwa tidak ada hal yang nyata kecuali materi. Pikiran dan kesadaran adala hanya penjelmaan dari materi dan dapat dikembalikan pada unsur-unsur phisis.
Yang dimaksud dengan materi adalah sesuatu hal yang kelihatan, dapat diraba, berbentuk, menempati ruang. Hal-hal yang bersifat rohaniah seperti; pikiran, jiwa, keyakinan, rasa sedih dan senang tidak lain hanyalah ungkapan proses kebendaan.
Tokoh; Demokritos, Thomas Hops, Karl Marz (yang modern)
3.      Dari segi Proses
a.       Mekanisme berasal dari bahwa Yunani "Mechane = mesin"
Menurut aliran ini semua gejala/peristiwa seluruhnya dapat  diterangkan berdasarkan pada asas-asas mechans/mesin.
Semua peristiwa adalah hasil dari materi yang bergerak dan dapat diterangkan dengan hukum-hukum. Alamnya dianggap seperti mesin yang fungsi seluruhnya adalah ditentukan oleh bagiannya secara otomatis.
Tokohnya; Demokritos, Leucippus, Rendekat.
b.      Teologis/serba tujuan
Aliran ini tidak mengingkari hukum sebab akibat tetapi berpendirian bahwa yang berlaku dalam kejadian alam bukanlah hukum sebab akibat namun awal mulanya memang ada sesuatu kemauan/kekuatan yang mengarah pada suatu tujuan.
Tokoh; Aristoteles (causa finalis, efisien dan lain-lain)
c.       Viltalisme
Aliran ini menyatakan bahwa hidup tidak dapat dijelaskan secara fisik kimiawi karena berbeda dengan segala sesuatu yang tidak hidup.
Tokoh; Henry Bergson (Perancis).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Aliran aliran dalam Metafisika"

Post a Comment