Image1

Teori Asam Basa Menurut Para Ahli pada Mata Pelajaran Kimia


Teori Asam Basa Menurut Para Ahli | Dasar Teori Asam Basa | Dasar Teori Asam Basa dan Netral

TEORI ASAM BASA


I. Pendahuluan
              Senyawa asam basa merupakan salah satu kelompok senyawa elektrolit yang banyak berperan dalam reaksi kimia .Asam basa banyak dijumpai dalam kehidupan sehari hari ,misalnya dalam buah-buahan yang mengandung rasa asam berkat adanya senyawa asam yang dikandungnya ,jeruk mengandung asam sitrat ,anggur mengandung asam tartat, dll. Sedangkan basa dapat dijumpai pada kehidupan sehari-hari seperti cairan pengupur tembok yang disebut air kapur adalah larutan kalsium hidroksida.

II. Pengertian Asam Basa
               Menurut Antoine Laurent Lavoiser ,1977:menerangkan bahwa semua asam mengandung unsur oksigen .Ternyata pendapat Lavoiser ini tidak benar karena ada asam yang tidak mengandung oksigen .Kemudian pada tahun 1810 ,Sir Humphry Day :mengemukakan bahwa unsur Hidrogen dan oksigen yang dimiliki oleh asam .Pada akhir abad kesembilan belas, Arkhenius mengemukakan suatu teori yang menyatakan bahwa :"Asam adalah zat yang mengandung Hidrogen dan jika dilarutkan dalam air akan menjadi ion hydrogen dan anion ".Sedangkan basa adalah senyawa hidroksida yang dalam air terurai menjadi ion hidroksida dan ion logam". Teori ini dapat menerangkan keasaman dan kebasaan dengan mengukur derajat ionisasi suatu asam basa .
Salah satu kegagalan teori Arkhenius adalah bahwa teori ini tidak dapat menerangkan pengaruh pelarut dalam proses disosiasi .Pada tahun 1923 Brownsted  di DenMark dan Lowry di Inggris mengemukakan suatu konsep yang umum tentang asam dan basa .Menurut konsep ini "asam adalah danor proton ,sedangkan basa adalah akseptor proton ".
Secara umum dapt ditulis :
                  Asam = = = =proton +basa
Contoh asam :HF,HCl,HI,HClO
Contoh basa:NaOH,KOH,NH4OH

III. Sifat Asam Basa
Senyawa asam dan basa mempunyai sifat-sufat yang dapat mengidentifikasikan kedua senyawa tersebut.
Senyawa asan bersifat korosif,aertinya dapat merusak logam dan marmer .Sedangkan basa memiliki rasa pahit .
Untuk mengidentifikasikan asam basa, para ahli kimia menggunakan zat warna bernama lakmus .Lakmus sangat umum digunakan untuk menguji keasaman dan kebasaan sebab memiliki beberapa keunggulan sbb:
1.Lakmus sukar teroksidasi oleh Oksigen di udara, sehingga dapat disimpan lama
2.Lakmus dapat diserap oleh kertas ,sehingga dapat disediakan dalam bentuk                    
   kertas lakmus
3.Perubahan warnanya sangat jelas .
Lakmus akan berwarna merah dalam larutan asam dan berwarna biru dalam larutan basa
Selain lakmus zat yang dapat digunakan untuk identifikasi asam dan basa atau biasa disebut zat indikator (penunjuk )yaitu fenoftalein, metal merh dan brom timol biru .

IV. Reaksi Penetralan
Jika suatu larutan asam dicampurkan dengan suatu larutan basa ,maka H+ dari asam akan bereaksi dengan OH- dari basa untuk membentuk air
                   H+(aq).+OH-(aq)®H2O (l)            
larutan tidak bersifat asn dan basa disebut larutan netral ,dan reaksi antara asam dan basa disebut reaksi penetralan .
Pada tahun 1923 G.N. Lewis, mengajukan empat kriteria antara asam dan basa:
1.      Reaksi asam dan basa adalah reaksi yang cepat
2.   suatu asam kuat atau basa kuat dapat mengganti asam yang lebih lemah atau basa yang lebih lemah dari suatu senyawa.
3.      Indikator dapat digunakan untuk menentukan titik ekuivalensi reaksi asam basa
4.      Asam dan basa dapat berfungsi sebagai katalis yang penting.
Lewis menerangkan bahwa sifat-sifat tersebut diatas berkaitan dengan pembentukan ikatan koordinat kovalen .Menurut Lewis suatu asam adalah akseptor pasangan elektron .
Contoh reaksi penetralan :
              H++Cl-+Na++OH®garam +air
Reaksi penetralan atau reaksi asam basa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia .Beberapa spesies tanaman tidak dapat tumbuh subur dalam tanah yang terlalu asam, sehingga para petani perlu menaburkan larutan Ca(OH)2 atau air kapur untuk menetralkan keasaman tanah itu.
Dalam lambung kita terdapat HCl yang membantu pencernaan makanan tetapi terlalu banyak HCl akan menimbulkan penyakit maag, untuk menetralkan asam lambung ,penderita harus meminum obat yang disebut antasitr (anti asam )seperti Mg(OH)2 atau AL(OH)3

V. Kekuatan Asam Basa
            Senyawa  asam basa merupkan senyawa elektrolit ,sedangkan zat elektrolit dibagi menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Elektrolit kuat jika dilarutkan dalam air akan terionisasi sempurna. Sedangkan elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian .Oleh karena itu terdapat asam kuat dan asam lemah, misal
Asam kuat:H2SO4,HI ,HBr,HCl
Asam lemah:HF
Basa kuat:KOH,NaOH
Basa lemah:NH4OH
                Sedangkan semau garam adalah elektrolit kuat.
Reaksi ionisasi asam kuat dan basa kuat merupakan reaksi berkesudahan .
Sedangkan reaksi ionisasi asam lemah dan basa lemah adalah reaksi kesetimbangan .dan masing-masing mempunyai tetapan kesetimbangan yaitu tetapan ionisasi asam (ka)dan tetapan basa (kb)
Rumus-rumus kimia tentang ionisasi
(H+)=a.Ma
(OH-)=b.Mb
 a=jumlah pada rumus asam
Ma=kemolaran asam
B=jumlah OH pada rumus basa
Mb=kemolaran basa

VI. Komentar
           Menurut saya buku ini cukup lengkap dalam menerangkan teori asam dan basa. Karena di dalam nya telah diuraikan berbagai teori yang berawal dai teori Antoine Laurent Lavoser sampai teori yang dikemukakan oleh Brownsted dan Lowry. Tetapi walaupun sudah jelas buku ini bagi mahasiswa kurang dapat memadai karena hanya menjelaskan tentang teorinya saja bukan menjelaskan bagaimana teori tersebut di dapat .
            Mengenai tentang kelengkapan buku di perpustakaan di UIN sunan kalijaga ,saya rasa belum cukup memadai karena disana hanya terdapat beberapa buah buku tentang kimia, sedangkan jumlah mahasiswa jurusan Tadris ada banyak. Harapan saya koleksi buku di sana diperbanyak khususnya buku tentang IPTEK.
            Demikian resume buku ,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teori Asam Basa Menurut Para Ahli pada Mata Pelajaran Kimia"

Post a Comment