Image1

Makalah Modal Ventura | Pengertian, Sejarah, Ruang Lingkup, Sumber Dana dan Jenis Pembiayaan


Makalah modal ventura lengkap | Pengertian Modal Ventura, Sejarah Modal Ventura, Ruang Lingkup Modal Ventura, Sumber Dana dan Jenis Pembiayaan Modal Ventura

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Karakteristik dari perdagangan akhir abad 21 yang paling dramatis adalah meningkatnya bisnis internasional. Belum pernah terjadi sebelumnya perubahan produk, mata uang, budaya, dan penduduk negara-negara di dunia sedemikian besar. Meskipun perdagangan antar negara bukan sesuatu yang baru, namun ukuran dan konsekuensi total aktifitas perdagangan dewasa ini telah mendesak perekonomian  hingga yang terkecil untuk mencari produk dan profit ke luar.
Barang, jasa dan bahan baku yang dipasok dari luar menjadi suatu keharusan, aukan suatu pilihan. Daripada menghasilkan segala yang diperlukan bagi suatu perekonomian, negara sepanjang waktunya menjadi spesialis barang dan jasa tertentu. Perekonomian berbasis agraria, industri, teknologi, dan jasa semua hidup bersama, bersatu dan berdampingan dalam dunia perdagangan dewasa ini.
Suatu perusahaan yang paling berani adalah perusahaan modal ventura, karena jenis perusahaan modal ventura ini adalah perusahaan yang beresiko tinggi. Mereka berani menanamkan modal ventura karena ingin mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi.
Kondisi lainnya yang sangat mempengaruhi kemampuan ekonomi untuk menarik modal ventura internasional atau bahkan varietas produksi suatu negara adalah perlakuan pemerintah lokal atas kesejahteraan yang dihasilkan dari pembagian keuntungan saham. Sebuah proyek modal ventura akan menguji kompetensi seseorang dari mereka untuk mendapatkan saham yang dapat dituangkan jutaan dikemudian hari. Di AS, di mana modal ventura berada dibalik hampir seluruh pertumbuhan industri, pemerintah hanya menarik pajak atas saham ketika dituangan untuk memperoleh keuntungan. Di Jerman dan Perancis, pembagian saham seperti ini dikenakan pajak sebagai pendapatan ketika diterima oleh manajemen walaupun menguntungkan. Bila menghasilkan keseluruhannya dapat tidak disadari untuk bertahun-tahun.

Toko Buku Online Belbuk.com

B.     Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang di atas dapat kita ambil beberapa rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Pengertian Modal Ventura;
  2. Sejarah lahirnya Modal Ventura;
  3. Ruang lingkup kegiatannya;
  4. Sumber-sumber dana Modal Ventura;
  5. Jenis pembiayaan Modal Ventura;
  6. Perkembangan kinerjanya.

BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Modal Ventura
Modal Ventura (venture capital) adalah medal yang diinvestasikan pada proyek beresiko tinggi oleh perusahaan swasta atau individu untuk mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang tinggi. Hanyalah perusahaan modal ventura yang berani melakukan investasi, di mana investasi tersebut mengandung suatu resiko tinggi.
Dalam melakukan suatu kegiatan investasi, tidak semua kegiatan investasi dapat dilakukan dengan mudah, karena hampir semua investasi mengandung suatu resiko kerugian. Bagi investasi yang mempunyai resiko rendah, hampir semua investor ingin melakukannya. Keputusan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan tentunya, dan hal ini sesuai pula dengan maksud dan tujuan didirikannya perusahaan modal ventura, yaitu melakukan penanaman modal dalam suatu usaha yang mengandung resiko tinggi.
Pengertian perusahaan modal ventura sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 61 tahun 1988 adalah "Badan usaha yang melakukan suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan."

2.      Sejarah Lahirnya Modal Ventura
Modal ventura ditemukan oleh seorang di AS sebagai awal mulanya Lembah Silikon telah menjadi tidak hanya keinginan global, namun juga mendikte kesejahteraan perekonomian regional.
Ivestasi modal ventura sudah umum di AS dan menyebar dengan cepat ke Eropa. Di kedua tempat tersebut investasi ini telah dianggap sebagai contoh penyebab awal dari kemajuan teknologi dan kekuatan ekonomi. Perusahaan Eropa telah mengumpulkan dana ventura lebih dari dua kali lipat dari tahun 1996 hingga 1998 hingga mencapai 22 juta dollar AS. Walaupun jumlah ini tidak signifikan dibandingkan di AS, hampir seluruh investasi di bidang teknologi tinggi pada tahun 1998 ditangani oleh perusahaan Jerman, Never Markt, bukan di Wall Street atau Lembah Silikon. Inggris, Perancis, Irandia, Belgia dan Belanda memperoleh kemakmuran melalui modal ventura. Setiap negara juga memiliki faktor kunci yang membuat aktifitas seperti itu memungkinkan perekonomian stabil, terbuka dan sistem bursa saham terlegitimasi.
Perusahaan modal Ventura terselamatkan dari resiko terkecuali harus memutuskan untuk apakah saham perusahaan klien sudah cukup layak untuk dijual di pasar terbuka. Mereka menginginkan akses segera kepada pembeli yang berminat dengan pembatasan seminimal mungkin. Perdagangan saham yang kerang menunjukkan keterbukaan peraturan, sebagaimana hampir di seluruh dunia berkembang yang umum berdasarkan kroni, dapat menghalangi investor modal ventira. Kapitalitas ventura dalam situasi atas, tidak yakin dengan harga pasar akan datang dengan gratis, karena mungkin mereka menjadi subyek dari percampuran langsung dengan organisasi keuangan lokal yang berminat menjual koneksi mereka yang baik.
3.      Ruang Lingkup Kegiatannya
Kegiatan investasi yang dibiayai oleh modal ventura biasanya dalam jangka waktu panjang dan memiliki resiko tinggi, seperti membuat atau pengembangan usaha baru di bidang tertentu. Meskipun resiko yang dihadapi tinggi, pihak modal ventura mengharapkan suatu keinginan yang tinggi pula dari pernyataan modalnya, berupa kapital gain atau dividen. Perusahaan yang pembiayaannya dari modal ventura disebut Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) atau investee company.
Kegiatan modal ventura ini meliputi:
a.       Kegiatan yang dilakukan bersifat penyertaan langsung ke suatu perusahaan;
b.       Penyertaan dalam perusahaan jangka panjang dan biasanya di atas tiga tahun;
c.       Bisnis yang dimasuki merupakan bisnis yang beresiko tinggi;
d.      Keuntungan yang diperoleh berasal dari capital gain, dividen atau bagi hasil, tergantung dari penyertaan modalnya dibidang jenis yang diinginkan;
e.       Kegiatannya lebih banyak dilakukan dalam usaha pembentukan  usaha baru atau pengembangan suatu usaha.
Demikian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura.
4.      Sumber Dana Modal Ventura
Dalam melakukan penyertaan modal di berbagai bidang usaha, perubahan modal ventura harus memiliki dana yang cukup. Dana yang dibutuhkan dapat diperoleh dari berbagai sumber dana yang ada di berbagai tempat. Diantara sumber dana modal ventura dapat diperoleh dari:
a.       Dari dalam perusahaan dapat diperoleh dari:
·         Setoran modal dari para pemegang saham;
·         Cadangan dana yang belum dipakai;
·         Laba yang ditahan.
b.      Dari uar perusahaan dapat diperoleh dari:
·         Investor, baik perorangan maupun industri;
·         Pinjaman dari dunia perbankan;
·         Pinjaman dari perusahaan asuransi;
·         Pinjaman dari perusahaan dana pensiun.
Sedangkan untuk memilih sumber dana di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
·         Jangka waktu pinjaman apakah panjang atau pendek;
·         Sifat pinjaman, yaitu pinjaman lunak atau komersial;
·         Suku bunga atau biaya yang dibebankan dengan membandingkan dengan sumber lainnya;
·         Persyaratan untuk memperoleh pinjaman, termasuk syarat pengembaliannya.
Semakin banyak dana yang dibutuhkan, maka pencarian dana dapat dilakukan lebih agresif dari berbagai sumber dana yang ada. Setiap sumber dana memiliki berbagai keuntungan dan keterbatasan sendiri. Oleh karena itu pihak manajemen modal ventura harus benar-benar pandai untuk memilih sumber dana mana yang paling menguntungkan.
5.      Jenis Pembiayaan Modal Ventura
Berdasarkan atas apa yang telah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai jenis pembiayaan modal ventura. Pembiayaan modal ventura dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu:
a.       Equity Financing
Merupakan jenis pembiayaan langsung. Dalam hal ini perusahaan modal ventura melakukan penyertaan langsung pada Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) dengan cara mengambil bagian dari sejumlah saham milik PPU.
b.      Semi Equity Financial
Merupakan pembiayaan dengan membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan PPU.
c.       Mendirikan Perusahaan Baru
Dalam hal ini perusahaan modal ventura bersama dengan PPU mendirikan usaha yang baru sama sekali.
d.      Bagi Hasil
Pembiayaan jenis ini merupakan kepada usaha kecil yang belum memiliki bentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT), namun tidak tertutup kemungkinan dengan yang berbadan hukum PT, apabila kedua belah pihak saling menginginkannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makalah Modal Ventura | Pengertian, Sejarah, Ruang Lingkup, Sumber Dana dan Jenis Pembiayaan"

  1. Halo,
    Saya Ny. Esther Patrick, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda perlu pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih banyak karena kami di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (estherpatrick83@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Seks:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Penghasilan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:

     Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (estherpatrick83@gmail.com)
    Terima kasih,

    ReplyDelete