Image1

Cara Mengatasi Laptop yang Restart Sendiri dengan Mudah

Mengatasi Laptop yang Suka Restart Sendiri | Sobat!! Permasalahan laptop restart sendiri pasti sudah banyak yang membahas yah...tapi gpp sekedar berbagi saja karena siapa tahu dari sekian ribu orang yang membahas cara mengatasi laptop restar sendiri, tulisan saya inilah yang dipilih oleh sobat menjadi karya terbaik...wxxx PD banget yah.. emang... siapa gue gitu loh,,,, Emang saya bukanlah siapa-siapa, saya adalah saya bukan anda, tapi saya dan sobat adalah kita. Untuk itu saya berbagi cara mengatasi laptop yang restar sendiri siapa tahu dapat memberikan pencerahan di saat hati sobat gelap gulita karena laptop restar terus pekerjaan terbengkalai.

Ini model laptopku Zaman Now
Laptop sedang di pakai beberapa menit kemudian restar.

Baik sobat, sebelum ke teknis bagaimana cara mengatasi laptop yang restar sendiri, terlebih dahulu lakukan SOP tukang servis yaitu identifikasi permasalahan-cek satu-persatu dari hal yang mudah, seperti cek dulu sofware sebelum ke hardware.

Untuk proses identifikasi perlu dipahami bahwa kondisi laptop restar sendiri juga bermacam-macam situasi dan kondisi misal
1. Laptop Restart ketika sedang dipakai lama.
2. Laptop Restart ketika  baru nyala ketika masuk ke windows
3. Laptop Restart Ketika Masuk BIOS dan tidak masuk ke windows
4. Restart Blue Screen

Nah! kira-kira yang dialami sobat restar kondisi mana? karena tentu penangannya pun berbeda-beda. Untuk kondisi yang pertama yaitu laptop restart ketika sedang dipakai, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi processor yang panasnya berlebih diakibatkan oleh kondisi kipas yang kurang normal atau tidak jalan sama sekali, atau juga pasta pendingin processor yang habis.

Penanganan pada kondisi satu itu dengan mengecek kondisi perputaran kipas, atau ventilasi motherboard. Selain itu juga cek pasta processor, jika memang kondisinya habis, segeralah menambahkan pasta secukupnya.

Bagi laptop yang restart sendiri pada kondisi kedua yatu restart ketika masuk windows bisa dikarenakan oleh boot windows yang tusak, atau bisa juga kondisi kipas mati sehingga suhu processor berlebih. Nah dalam hal ini lebih baik cek dulu kipasnya dengan mendekatkan bagian kipas ke telinga kita, apakah terdengar suara pergerakan kipas atau tidak. Kalau tidak ada tanda-tanda kehidupan, berarti kipasnya mati. Kalau kipasnya normal, ini bisa disebabkan oleh OS. Penanganan yang terbaik adalah dengan install ulang.

Penyebab Laptop Restar bisa jadi dari OS Hardisk 

Penanganan kondisi ke tiga yaitu laptop restart ketika masuk bios dan tidak masuk ke windows adalah dengan mengecek hardisk, bukalah hardisk, nyalakan laptop tanpa hardisk. Kalau proses BIOS normal tanpa restar sampai muncul operating disk not found, berarti pada bios tidak ada masalah, besar kemungkinan dari hardisk. Untuk hal ini coba bersihkan pin hardisk dengan menggunakan penghapus sampai dirasa bersih. Pasang kembali hardisk pada laptop, kemudian nyalakan. Kalau berhasil ucapkan hamdalah. Kalau tetap tidak nyala silahkan cek kondisi hardiisk di laptop lain atau PC dengan menggunakan software HDD sentinel. Silahkan baca Cara Cek Hardisk Masih Bagus atau Tidak.

Jika kondisi hardisk bad sector berarti ini adalah penyebabnya, solusinya adalah dengan mengganti hardisk.

Kondisi yang terakhir yaitu laptop yang restar sendiri muncul layar biru (blue screen). Penanganan pada kondisi ini silahkan buka ram dan bersihkan pin yang kuning dengan menggunakan penghap us, kemudian pasang lagi dan nyalakan. Jika masih tetap coba dengan Memory/RAM lain, jika masih sama juga ada kemungkinan sistem boot dalam OS rusak. Cara mengatasi laptop yang restar sendiri dan blue screen selanjutnya yaitu dengan memformat ulang OS dan mengintsalnya.

Memory juga bisa 
mengakibatkan laptop restart sendiri

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi laptop yang restar sendiri itu sangat mudah, yaitu dengan membersihkan kipas, membersihkan RAM (Memory) dan install ulang hardisk. Kalau hardisnya rusak, silahkan datang saja ke toko komputer dengan membawa uang dan belikan hardis baru.

Nah selesai kan sobat!! Keep Sabar, Keep Bahagia.

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop yang Restart Sendiri dengan Mudah"

Post a Comment