Image1

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tombolnya tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop | Sobat Kasima| Sobat pasti sedang menghadapi masalah dengan keyboard laptop yang error alias rusak alias tidak berfungsi, atau tombol keyboard yang aktif terus, ada salah satu huruf yang muncul terus menerus ketika sobat mau ngetik. Ada juga setiap kali menyalakan laptop, keluar bunyi niiit... nah ini juga dikarenakan keyboard error.

Kasus lainnya adalah tombol keyboard munculnya tertukar, misal kita tekan tombol huruf S keluar misal huruf I, atau ada salah satu tombol yang harus ditekan dengan keras baru muncul atau juga tombol keyboard yang sama sekali tidak berfungsi. Itulah sekitar pesmasalahan kasus keyboard laptop yang rusak atau error yang menyebabkan sobat tidak bisa mengetik dengan baik meskipun menggunakan keyboard bantuan bawaan windows yaitu on screen keyboard.

Permasalahan atau jenis kerusakan keyboard tersebut hampir sama pada semua merk laptop, baik itu laptop Acer, Lenovo, Toshiba, HP dan lain sebagainya. 



Ketika mengalami musibah salah satu kerusakan keyboard laptop tersebut di atas, sobat tidak perlu panik, bin bingung, bin salah tingkah alias stresss...malah tambah ngeri kan, jangan-jangan nanti yang rusaknya tambah lagi, tidak hanya keyboard tapi kita juga ikut sakit... Keep Calm, cari solusi, browsing di google dulu... banyak kok yang sudah membahas cara memperbaiki keyboard laptop yang error.  Kalau baca-baca dari yang lain tidak menemukan solusinya, alias keyboard sobat masih tetap error, ane harapkan dari tulisan cara memperbaiki keyboard laptop error ini sobat bisa menemukan solusi yang tepat. Kuncinya adalah berani mencoba... lakukan trial and error, jangan lupa berdo'a dan siapin duit yah...he2..

Sobat! biar tulisan ini agak sedikit panjang, yah.. dengan harapan masuk pada halaman pencarian mbah google.. mohon maaf yach.. kalau berlete-lete, ops salah bertele-tele, sabar saja (Keep Sabar), atau sobat biar ga jenuh.... lihat-lihat iklan dulu,,, kiri kanan, senyam-senyum dulu, ngopi dulu juga ga apa-apa.

Sebelum ke teknis cara memperbaiki keyboard laptop yang error alias rusak, seperti halnya seorang dokter yang mengobati pasiennya, sebelum diberi obat perlu diketahui atau dianalisa gejala-gejalanya. Begitu juga halnya dengan keyboard laptop yang berpenyakitan tentu harus di analisa dulu gejala atau penyebab rusaknya keyboard tersebut.  Adapun penyebab keyboard laptop rusak dapat disebabkah oleh faktor-faktor berikut :
1. Faktor Alam
Faktor alam maksudnya adalah karena keyboard terkena suhu yang lembab. Suhu yang lembab dapat menyebabkan karbon yang ada di dalam keyboard melekat, sehingga aliran arus keyboard tidak berfungsi dengan baik. Selain itu juga debu yang memaksa masuk ke sela-sela tombol keyboard sehingga menumpuk juga bisa menyebabkan tombol keyboard tidak berfungsi.
2. Faktor Manusia
Faktor manusia adalah kerusakan keyboard yang disebabkan human errrot seperti kesalahan menuangkan air ke keyboard laptop, harusnya ke gelas eh... ini ke keyboard laptop.. Jangan ditiru yah.. adegan berbahaya... Maksud saya ada bagian keyboard yang kena cairan, misal ketumpahan air kopi dll, sehingga menyebabkan konsletting jaringan keyboard.
Terlalu sering menekan atau memencet salah satu tombol juga dapat menyebabkan rusak atau errornya tombol keyboard. Apalagi kalau nekan keyboardnya pakai sarung tinju...hxxx. Kegiatan yang banyak menekan salah satu tombol keyboard adalah ketika main game. Hal ini juga akan mengakibatkan tombol tersebut cepat error. Faktor manusia lainnya adalah laptop terjatuh atau sengaja dibanting,

Itulah sobat di antara penyebab keyboard laptop rusak atau error. Dengan mengetahui penyebab tersebut sobat bisa lebih waspada atau lebih berhati-hati dalam menggunakan keyboard laptop.

Sudah kesel kan... baca ini -itu... ngalor ngidulll.... saatnya anda bahagia dan nikmati bacaan cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Pahami baik-baik kata perkata jangan sampai sobat tersesat, bukannya memperbaiki malah menambah rusak keyboard. Kesalahan dalam mempraktekkan Tutorial ini bukan tanggung jawab ane yah... Tanggung sendiri....he2

Langkah-langkah untuk memperbaiki keyboard error adalah sebagai berikut :
1. Keep Bismillahirrohmaanirrohiim..Cek dulu bagian tombol mana saja yang rusak dengan menggunaakan software keyboard tes portabel download di sini.
2. Jalankan aplikasinya dan tekan satu persatu seluruh tombol keyboard... nanti kelihatan tombol yang rusak atau tidak berfungsi. Tombol yang rusak atau menekan terus akan ditandai dengan warna merah, sedangkan tombol yang baik ditandai dengan warna hijau.

Baca juga : Tutorial Membuka Keyboard Laptop Aacer One-14.html

3. Setelah diketahui tombol yang rusaknya, silahkan buka tombol tersebut satu persatu. Untuk membukanya dibutuhkan alat pencongkel kecil seperti push pin atau obeng kecil. Teknis ini diperlukan kehati-hatian jangan sampai menyebabkan kunci pengait tombol keyboard patah. Langkah ekstrim untuk membuka salah satu tombol huruf adalah dengan mengangkatnya langsung menggunakan jari tangan... Kalau merk-merk tertentu dapat dilakukan dengan mudah. Tapi ada keyboard laptop merk tertentu sangat susah jika diangkat dengan tangan..

4. Jika tombol keyboard yang error sudah terangkat, angkat karet yang menekan arus keyboard.. bersihkan dengan menggunakan headrayer (alat pengering...Bersihkan semua debu yang menempel di keyboard


5. Pasang kembali karet dan tombol huruf dengan baik, pasang kembali keyborad, nyalakan laptop kemudian tes kembali menggunakan keyboard tester. Jika berhasil dan normal kembali jangan lupa mengucap hamdalah.. Namun jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah sebaiknya adalah dengan mengganti keyboard laptop dengan yang baru. Ini cara yang lebih mudah dan praktis, dijamin 100 % bagus. Modalnya hanya uang saja, sudah cukup. Untuk tutorial mengganti keyboard silahkan baca : Tutorial Cara Mengganti Keyboard Laptop Asus X455L


Demikian cara memperbaiki keyboard laptop error, meskipun tutorial di atas bukanlah yang terbaik diantara tulisan tutorial lainnya. Namun setidaknya ane dapat bersilaturrahim dengan sobat di mana pun berada. Semoga ada manfaatnya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tombolnya tidak Berfungsi"

Post a Comment