Image1

Sakit Maag Kronis Haruskah Berpuasa ? Temukan jawabannya

Sakit Maag Kronis| Puasa bagi Penderita Asam Lambung | Bagi setiap muslim atau muslimah melaksanakan puasa ramadhan satu bulan penuh adalah hal yang didambakan. Namun kenyataannya tidak semua orang mendapatkannya, ada sebagian orang yang ditaqdirkan oleh Alloh tidak bisa melaksanakan puasa satu bulan penuh karena sakit yang menurut dokter tidak memungkinkan untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi muslimah ditaqdirkan oleh Alloh terhalang rutinitas bulanan selama kurang lebih 1 minggu tidak bisa menjalankan ibadah puasa. Namun ada juga yang tidak berpuasa karena di sengaja.

Sakit Maag? Puasa ajah..

Bagi yang ditaqdirkan Alloh mendapatkan ujian dengan penyakit maag, bersabarlah tetap semangat, tumbuhkan keyakinan bahwa Alloh SWT tidak membebani seseorang di luar kemampuannya. Alloh tidak mungkin memerintahkan berpuasa setiap ramadhan kepada umat Islam, kalau umat Islam sendiri tidak akan mampu menjalankannya. Rasa sakit adalah ujian yang diberikan Alloh sebagai bukti seberapa tangguh seorang muslim dalam menjalankan perintahnya.

So! Meskipun sakit maag kronis, kalau kita sudah kuat keyakinannya, pasrah dan tawakkal kepada Alloh maka berpuasa adalah tetap pilihan yang terbaik. Yakinlah terhadap firman Alloh SWT dalam QS.  Al-Baqarah ayat 184 : "Berpuasalah lebih baik bagimu", begitu juga sabda Nabi "Berpuasalah, maka kamu akan sehat" 

Sakit maag kronis bukanlah satu-satunya penghalang untuk menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh, karena justeru dengan puasa akan mengembalikan fitrah keteraturan waktu dan pola makan. Karena sakit maag biasanya banyak disebabkan oleh ketidakteraturan pola makan, dan ketidakteraturan jenis makanan yang di makan.

Makan yang tidak teratur baik waktu maupun kadarnya akan membuat kondisi seseorang mudah terserang penyakit. Nabi bersabda : Perut itu sarangnya penyakit membatasi atau menjaga makan adalah awal dari pengobatan, sedangkan permulaan segala penyakit adalah mengisi secara berlebih-lebihan.

Orang yang tidak berpuasa, cenderung cepat lapar sehingga berbagai macam makanan yang dilihatnya diembat tanpa perhitungan, Makan bala-bala sama cabai, makan Mie tambah saos, makan buah-buahan yang terkadang tidak mengenal jadwal makan asalkan dapat menghilangkan rasa lapar.

Berkaitan dengan pola makan, Al-Qur'an telah mengaturnya dengan sempurna untuk menjamin kesehatan bagi manusia. Perihal makanan Alloh menyebutnya tidak kurang 28 kali dalam al-Qur'an yang mengaitkan makanan dengan ketentuan kesehatan seseorang.

Aturan makan dan minum ini terdapat dalam perintah Alloh SWR daalam QS. Al-A'raf ayat 31 Alloh SWT berfirman "Makan dan Minumlah tapi janganlah berlebih-lebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan" Nabi Muhammad SAW juga bersabda : "Sebaiknya perut diisi sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk bernafas"

Bulan puasa adalah bulan keteraturan dan penahanan diri. Jadwal makan begitu sangat ketat hanya boleh dilakukan pada waktu sahur dan saat berbuka. Sehingga setiap orang yang berpuasa tetap tidak akan tergoda dengan apapun makanan yang dilihatnya.

Dengan demikian maka secara tidak langsung berpuasa adalah menertibkan jadwal makan dan jenis makanan yang lebih teratur. Keteraturan inilah yang akan membawa penderita sakit maag kepada fitrahnya dan insya Allah menjadi sembuh.

Keyakinan adalah kunci dan obat sakit maag dengan cara berpuasa. Jika anda ragu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter boleh tidaknya berpuasa, atau pahami tulisan berikut mengenai puasa menurut ilmu kedokteran.

Puasa Menurut Ilmu Kesehatan
Puasa menurut ilmu kedokteran mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Saat berpuasa organ-organ tubuh beristrirahat, dan milyaran sell menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai proses detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin atau racun dari dalam tubuh. Puasa juga meremajakan kembali sel-sel yang rusak diganti dengan yang baru serta memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat, dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Elkadi  puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun sistem terhadap berbagai macam penyakit. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya sel limpa yang memproduksi sel limposit T yang signifikan bertambah setelah berpuasa.


Berkaitan dengan penyakit lambung dokter  Muzam MG, Ali M.N dan Husain berpendapat  bahwa puasa juga aman untuk pasien yang mempunyai gangguan ulcer pada lambung. Penelitian dilakukan oleh Muzam MG, Ali M.N dan Husain dalam observasi terhadap efek puasa ramadhan terhadap asam lambung.

Setelah memahami uraian di atas dan meyakini bahwa puasa itu menyehatkan, maka sobat tidak perlu khawatir hanya dikarenakan sakit maag kronis. Sampai saat ini tidak pernah terdengar seseorang yang meninggal dikarenakan berpuasa.

Sudah disebutkan di atas bahwa puasa berfungsi sebagai proses detoksifikasi untuk mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh. Bagi penderita penyakit maag, proses detoksifikasi ini adalah mengeluarkan racun yang menjadi sumber penyebab sakit maag.

Untuk membantu agar proses detoksifikasi berjalan optimal sehingga dengan izin Alloh SWT penyakit maag dapat sembuh total dan ibadah puasanya juga bisa total, SMART DETOX bisa menjadi pilihan terbaik.

Program smart detox adalah program pola hidup sehat modern dengan metode detoksifikasi yaitu pembuangan racun atau toksin dalam tubuh yang menjadi sumbber penyakit/ Khusus untuk penyakit maag Smart Detox memproduksi nutrisi dan suplemen yaitu Chlorophyll Plus dan Colostrum.


Pemesanan  dan detail Produk di sini

Chlorophil Plus adalah  pigmen tanaman yang berperan dalam photosintesis dengan cara mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Choropil ini berifat antioksidan dan pembebas radikal bebas dalam tubuh. Klorofil dapat mudah diserap oleh usus secara difusi pasif atau melalui proses fasilitas (mrnggunskan protein pembawa. Info lengkapnya di sini

Sedangkan Colostrum adalah susu sapi dari sapi yang baru melahirkan. Colostrum sejenis susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada saat kehamilan akhir dan beberapa hari setelah melahirkan. Colostrum memiliki nutrisi dan antibodi yang sangat tinggi. Info lengkapnya silahkan baca di siniInformasi detail produk, cara pemesanan, aturan pakai dan konsultasi silahkan kunjungi Smart Detok Untuk Penyakit Asam Lambung.

Berikut adalah testimoni hasil dari mengkonsumsi smart detox





Suplemen dan Nutrisi yang dikeluargan oleh SYNERGI sudah mendapatkan sertifikat halal dan memiliki legalitas dari POM RI.


LEGALITAS POM RI
 

Pemesanan  dan detail Produk di sini

Mudah-mudahan dengan wasilah tulisan dan penangangan dengan Smart detox ini yang memilki penyakit semoga Allah segera mengangkat penyakitnya dan memberikan kesehatan dan kesembuhan kembali, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan total dan mendapatkan keberkahan. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sakit Maag Kronis Haruskah Berpuasa ? Temukan jawabannya"

Post a Comment