Image1

Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Laptop tiba-tiba mati, waduuh... kerjaan masih numpuk sudah dead line lagi, panik kan? Pasti lah soalnya saat-saat lagi dibutuhkan kebersamaannya eh... tiba-tiba meninggal. Kok meninggal sih, kayak sama orang saja, iya kan bahasa halusnya mati itu meninggal alias innalillahi wainnailaihi rojiun. Sediih, pasti sedih, ... bingung... pasti bingung... namanya juga ditinggal... tapi bukan itu masalahnya... masalahnya banyak data penting dalam laptop itu. Hasil kerjaan bertahun-tahun di simpen di laptop eh... malah mati laptopnya...
Jangan panik sobat!! Terima takdir saja biar enak, karena tidak ada satupun yang terjadi pada diri kita di luar kehendak Allah.. Dakwah sedikit yah... biar adem. Maksud saya dalam menghadapi masalah laptop tiba-tiba mati sendiri harus berfikir jernih, tetap tenang dan lakukan dulu identifikasi masalah mengapa laptop tiba-tiba mati.

Permasalahan ini sebenarnya banyak menimpa pada laptop yang secara usia memang sudah waktunya alias sudah lama di pakai. Berdasarkan pengalaman saya usia laptop yang mulus selama pemakaian adalah sekitar 3 s/d 4 tahun dihitung sejak pembelian baru. Jadi kalau laptop sudah dipakai selama 3 tahun lebih maka sudah waktunya ada bagian-bagian laptop yang harus diperbaiki atau diganti. Baik itu keyboard, tMemory, Hardisk atau yang lainnya.

Menghadapi kasus laptop tiba-tiba mati sendiri adalah dengan cara menganalisa dulu apa penyebabnya. Berdasarkan pengalaman setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan laptop mati yaitu :
  1. Daya kosong akibat bartey rusak, atau kabel charger tidak pas. Kadang saking asyiknya pekerjaan tanpa sadar lupa kabel charger tidak dipasang atau dipasang tapi kurang pas, tahu-tahu mati. Atau Batrey yang ngedrop alias rusak juga bisa menyebabkan laptop mati mendadak.
  2. Kipas (Cooler) tidak normal atau mati), jika sirkulasi udara tidak normal besar kemungkinan terjadi overheat, suhu processor melebihi batas sehingga laptop langsung mati.
  3. Memory Rusak atau kotor
  4. Pasta Processor kering
  5. Kerusakan Motherboard.
Dari hasil analisa tersebut maka ditemukanlah langkah-langkah cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sebagai berikut :

  1. Lakukan dari hal yang mudah dulu yaitu dengan mengecek kondisi charger apakah terhubung dengan baik atau tidak. Lihat indikator lampu batrey nyala atau tidak. Cabut batrey kemudian pasang kabel charger dan coba nyalakan laptop tanpa batrey.
  2. Jika masih tetap tidak nyala dengarkan pada posisi kipas apakah jalan atau tidak, ada bunyi atau tidak.  Kalau lampu indikator laptop nyala tetapi tidak terdengar suara bunyi kipas, ada kemungkinan kipas rusak, bongkar dan bersihkan atau cek pakai kipas yang lain.
  3. Memory Rusak, bersihkan memakai penghapus kemudian pasang lagi.
  4. Bongkar casing, buka pendingin kemudian lihat pasta di processor kering atau tidak. Kalau kering tambahkan pasta secukupnya.
  5. Kerusakan motherboard adalah kerusakan tingkat tinggi, saya menyarankan lebih baik beli laptop baru lagi itu lebih baik namun tidak bijak pada uang...he2

Demikian tutorial cara mengatasi laptop tiba-tiba mati atau mati mendadak semoga bermanfaat. Jika masih bingung, saya sendiri juga sama bingung karena memang bukan seorang teknisi ahli, saya hanya seorang yang selalu belajar menjadi teknisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment