Image1

Cara Membuat Postingan Artikel di Blog dengan Mudah dan Menarik Bagi Pemula

Membuat postingan di blog bagi pemula mungkin masih bingung. Setelah akun blognya selesai dibuat, newbi bingung di mana yah tempat posting artikelnya? Oleh karena itu sobat Kasima saya ingin berbagi bagaimana cara memposting artikel baru di blog berdasarkan pengalaman dulu ketika newbi. Siapa saja pasti tidak langsung bisa dan profesional dalam mengelola blog, fase newbi sudah dipastikan semua mengalaminya, tidak akan ada seorang pun yang tidak memulainya dari pemula.
Sebelum ke tutorial saya ingin sampaikan terlebih dahulu bahwa mengelola blog itu gampang-gampang susah dan susah-susah gampang. Prosesnya membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Hal yang perlu ditanamkan dalam diri kita adalah niat dan tujuan kita mengelola blog atau menjadi seorang blogger. Niat yang paling utama adalah mengambil manfaat dari teknologi untuk kebaikan karena Allah SWT.

Tujuan utama adalah untuk memberikan manfaat kepada orang lain yang  membutuhkan informasi, nasehat, solusi dan lain-lain. Siapa tahu dengan postingan kita ada orang yang merasa terbantu dan merasakan manfaatnya sehingga menjadi amal kebaikan yang terus mengalir bagi kita. Baca juga tulisan 11 Tujuan Ngeblog.

Nah kalau sobat sudah benar niat dan tujuan ngeblognya, baru sobat posting tulisan-tulisannya tentu temanya sesuai dengan tujuan ngeblog itu sendiri. Kalau tujuannya memberikan manfaat, yah postingan-postingannya juga harus yang memiliki nilai manfaat, seperti tips, info kesehatan, dan lain-lain.

Cara membuat postingan artikel baru di blog setidaknya ada 2 cara yaitu membuat tulisan langsung di blog dan membuat tulisan di aplikasi lain seperti MS Word atau Notepad.

1. Langsung Menulis di Blog
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  •    Masuk ke akun blogger klik di sini. Klik signin atau Masuk di pojok kanan atas. 
  •    Masukan alamat email dan Pasword klik berikutnya atau Next


  • Masuk ke Dashbord Blog klik entri baru :



  • Ketik Judul Postingan dan Mulailah Mengetik artikel di area postingan


  • Setelah selesai membuat artikel klik simpan untuk menyimpan sebagai draf atau langsung klik publikasikan. Kalau hanya menyimpan artikel tersimpan di draf, sedangkan kalau pilih publikasikan, artikel langsung muncul di blog sobat.


Catatan : Untuk mengatur tebal huruf, menambahkan gambar dan lain-lain silahkan gunakan tombol toolbar seperti di bawah ini : 



2. Menulis Artikel di MS Word atau Notepad
    Langkah-langkahnya :

  • Tulisan yang sudah diketik di Word di buka kemudian di blok semua atau tekan CTRL + A, kemudian tekan CTRL + C (Copy)
  • Buka akun blog seperti langkah-langkah di atas, klik entri baru, ketik judul postingan
  • Klik di area postingan... kemudian tekan CTRL + V (Paste), kemudian kalau dianggap sudah bagus langsung klik publikasikan.

Untuk melihat tampilan postingan artikel yang dibuat di dasbhoard akun blogger klik postingan, nanti muncul judul-judul postingan yang sudah dibuat.

Letakkan kursor di bawah judul postingan muncul menu edit-lihat-berbagi-hapus. Untuk melihat klik menu lihat nanti langsung ke tab baru menampilkan tulisan sobat.


Demikian tutorial cara memposting artikel baru di blog semoga ada manfaatnya.. Salam sukses dan sehat selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Postingan Artikel di Blog dengan Mudah dan Menarik Bagi Pemula"

Post a Comment