Image1

Cara Membuat File Corel dapat dibuka di Versi Lama | X8 di Versi X7, X4 Ke Bawah

Corel Draw adalah aplikasi desain yang cukup populer karena mudah dan praktis karena didukung dengan tools yang lengkap. Hanya saja aplikasi ini mempunyai kelemahan yaitu file yaeng disimpan dalam bentuk CDR hanya bisa dibuka pada versi corel pada saat kita simpan, atau pada versi corel yang lebih tinggi. File CDR tidak bisa langsung dibuka pada seri di bawahnya. Misal kita menyimpan file corel pada versi Corel X7 tidak bisa di buka pada versi X6, X5, X4 dan seterusnya.

Kasus tersebut cukup mengganggu bagi pengguna yang sering transfer data, atau bagi usaha yang sifatnya memerlukan proses transfer data seperti percetakan. Tidak mungkin percetakan memasang semua versi corel dalam 1 PC nya. Kondisi ini sering kali mengakibatkan terhambatnya proses pelayanan cetak dikarenakan file corel tidak bisa dibuka karena beda versi. Tidak sedikit konsumen percetakan harus bolak-balik ganti format file dan terkadang sampai gagal dan akhirnya didesain ulang.

Untuk menghindari kasus tersebut sebaiknya sobat selalu mengantisipasi sebelumnya. Kalau sobat mau transfer file CDR ke laptop atau PC lain seharusnya lakukan hal-hal berikut ini :
1. Gunakan flashdisk yang benar-benar aman dari virus, hal ini untuk menjaga agar file CDR kita aman dari virus, sehingga ketika di buka di laptop lain tidak ke hapus sama antivirus.
2.  Biasakan untuk menyimpan file CDR pada versi lama yang kemungkinan sangat populer, seperti Corel X4. Jadi ketika sobat desainnya memakai Corel X7, simpanlah filenya ke versi X4.

Berikut adalah cara menyimpan file CDR ke versi lama atau lawas..
Klik Save as kemudian di bawah klik versian di bawah kanan kemudian pilih versi corel yang lebih rendah klik save.. Kalau sudah seperti ini file CDR aman dan mudah dibuka di laptop atau komputer lain. Hanya saja biasanya perubahan versi berpengaruh pada font dan tampilan warna.


Sobat! itu tadi secuil tulisan mengenai cara membuat file corel format CDR agar mudah dibuka pada versi lama. Semoga bermanfaat.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat File Corel dapat dibuka di Versi Lama | X8 di Versi X7, X4 Ke Bawah"

Post a Comment