Image1

Cara Mengatasi Blog yang Tidak Bisa Edit HTML atau Loading Saat Mau Ganti Template

Sobat Kasima! Judul Cara Mengatasi Blog yang Tidak Bisa Edit HTML atau Loading Saat Mau Ganti Template cukup membingungkan, karena saya sendiri bingung saat buat judulnya, karena kasus ini mungkin sedikit orang yang mengalaminya.

Banyak judul di luar sana yang kelihatannya sama tetapi sesungguhnya berbeda. Kebanyakan isinya adalah cara mengatasi blog yang tidak bisa menyimpan html, atau tidak bisa ganti template. Tulisan lain juga isinya cara mengatasi error saat upload template.

Kalau yang mau dibahas sesuai judul di atas sama sekali berbeda dengan kasus-kasus tersebut. Saya sendiri sempat bingung dan terheran-heran mengapa seperti ini. Cari-cari di google tidak ada satu pun yang pas dengan permasalahan yang saya hadapi. Agar mudah dipahami maksud dari judul di atas, berikut adalah kronologis kasus blog tidak bisa edit HTML atau loading saat mau ganti template :

Kasus ini terjadi pada blog teman saya, kebetulan saya yang mengelolanya. Awalnya memang saya pernah gonta-ganti template kalau tidak salah kurang lebih 4 kali, karena ingin bagus di mata google agar diterima GA. Ketika ganti template ke empat kali saat upload template kasusnya tidak selesai, layar ngeblank hitam di tengah-tengah hanya kelihatan seperti logo blogger sedang loading, saya kira masih dalam proses, tapi hampir satu jam lebih tidak selesai-selesai. Akhirnya saya putuskan untuk lihat blog dan ternyata tampilan blog sudah berubah berganti template, saya pun gembira ternyata ganti templatenya berhasil.

Setelah itu lama saya tidak pernah mengklik tema blogger, karena saya pikir template ini cocok untuk daftar GA. Setelah beberapa minggu kemudian saya daftarkan GA dan ternyata tetap ditolak, berarti ini penolakan yang ke 5 kalinya. Saking kecewanya saya biarkan saja blog tersebut tidak pernah diotak-atik lagi, kecuali teman saya yang disuruh posting terus setiap hari.

Setelah sekian lama teman saya meminta agar blognya ganti template yang bisa mendatangkan traffik, seperti template yang dipasang sebelum template yang error upload. Saya pun menyarankan beli saja template yang support untuk daftar GA mudah-mudahan bisa diterima. Teman saya menyetujuinya dan meminta saya membelikan dan memasangkan templatenya.

Saya beli template yang ccok untuk daftar GA di galeri Contoh Blog dengan harga Rp. 100.000. Template pun saya terima melalui e-mail dan kemudian langsung mau diupload ke blog. Namun apa yang terjadi, ketika saya klik tema dan dipilih backup/pulihkan muncul layar backup, tapi hitungan detik layar langsung blank hitam seperti loading, tidak ada kesempatan untuk membackup atau mengupload template. Berualngkali saya coba tetap sama, akhirnya saya coba teknik lainnya untuk mengganti template blog melalui html.. Saya pilih tema kemudian klik edit html, eh saya pun kaget karena html juga muncul hanya hitungan detik kemudian ngeblank hitam loading sama seperti sebelumnya. Sayang saking paniknya saya tidak kepikir untuk mengambil gambarnya. Namun saya ilustrasikan seperti gambar di bawah ini :

Bukan gbr asli, editan di photoshop

Kasus ini cukup membingungkan dan menguras waktu saya.. Kemudian saya cari-cari di mbah google tapi tidak menemukan kasus yang sama. Kebanyakan kasus yang dibahas seputar blog yang tidak bisa ganti template atau tidak bisa menyimpan html. Padahal kalau kasus saya sudah jelas, jangankan upload template atau ganti kode html, masuk ke menu tersebut juga sama sekali tidak bisa.

Namun dari beberapa tulisan akhirnya saya raba-raba dan coba satu persatu  Saya menemukan tulisan di salah satu artikel yang membahas bahwa permasalahan blog tidak  bisa ganti template kemungkinan karena pengaruh setelan profil pengguna yaitu google plus, jadi solusinya adalah mengganti setelan profil pengguna dari google plus menjadi blogger. Saya coba lakukan hal itu dengan masuk ke setelan, pilih setelan pengguna kemudian pilih blogger. Alhasil tetap loading tidak bisa masuk ke edit html atau backup. ,

Saya browsing lagi dan menemukan artikel lainnya yang membahas blog tidak bisa menyimpan html. Dalam artikel ini disebutkan bahwa kasus tersebut disebabkan ada salah satu widget yang dipasang di template scriptnya error. Dari artikel ini saya coba untuk menghapus semua widget yang dulu dipasang untuk iklan afiliasi dan widget adsense dari GA lain. Hasilnya tetap nihil, ketika klik edit html atau backup layar langsung ngeblank hitam dan loading.

Akhirnya saya coba mengklik kirim masukan yang ada di pojok kanan bawah akun blogger dan menulis permasalahan yang saya hadapi. Namun saya sendiri tidak tahu apa fungsi dari kirim masukan itu sendiri, apakah untuk pusat bantuan kalau ada masalah, atau masukan untuk perbaikan blog. Tapi tidak apa-apa saya mencobanya.

Saya sempat putus asa, dan saya biarkan saja beberapa jam, dan malam pun tiba, kemudian saya ingin mencobanya kembali ganti template, dan masih tetap sama tidak bisa. Sambil baca-baca artikel lain saya biarkan dulu... dan luar biasa ada keajaiban ketika di klik edit html langsung terbuka kode-kodenya, dan saya pun tidak berpikir panjang langsung menghapus kode html template tersebut dan mengambil kode template baru dengan di paste. Alhamdulillah luar biasa template baru sudah terpasang dan tema edit html serta backupnya berfungsi normal kembali.

Kesimpulannya : Cara untuk mengatasi blog yang tidak bisa masuk html, atau loading ketika mau masuk html atau backup adalah mencoba langkah-langkah di bawah ini satu persatu.
1. Alihkan Setelan Profil Pengguna dari google plus ke blogger. Caranya masuk ke dashboard blogger, pilih setelan-setelan pengguna-pilih blogger.
2. Hapus semua widget yang pernah dipasang sebelumnya tetapi bukan widget bawaan blogger. Caranya masuk ke tata letak pilih widget yang mau dihapus, klik edit, klik hapus, Simpan
3. Coba saja kirim masukan bloggger dengan menyampaikan permasalahan yang terjadi
4. Tunggu beberapa jam untuk mengetahui hasilnya, kalau masih belum bisa coba lagi saja keesokan harinya atau tunggu 1 x 24 jam sambil ngeronda.

Kalau sudah mencobanya semoga kasus blog tidak bisa edit html, atau loading saat mau ganti template dapat teratasi atau setidaknya ada keajaiban. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Blog yang Tidak Bisa Edit HTML atau Loading Saat Mau Ganti Template"

Post a Comment