Image1

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Standar Karya Ilmiah

Cara Membuat Makalah | Pengertian Makalah | Sobat! Bagi sobat yang sedang menjalani studi atau pendidikan dari mulai tingkat SMP s/d Perguruan tinggi, istilah makalah sudah sering didengar. Sekolah zaman now sudah memberikan Tugas makalah dari mulai tingkat SLTP.  Namun mungkin di antara sobat masih bingung bagaimana membuat makalah yang baik dan benar sesuai kaidah ilmiyah. Karena itu saya ingin berbagi pengalaman cara membuat makalah yang baik dan benar.

Makalah secara umum diartikan sebagai karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan kajian tertentu berdasarkan teori atau permasalahan di lapangan. Sedangkan secara spesifik makalah adalah karya tulis ilmiyah yang membahas pokok masalah tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu. Makalah ini biasanya merupakan tugas akademis untuk melatih peiserta didik dalam mengkaji dan menganalisa suatu permasalahan.


Berdasarkan pengertian di atas, maka pembuatan makalah tidak bisa asal-asalan, asal ada, asal jadi. Melainkan membutuhkan proses keilmiahan di antaranya adanya kajian teori. Kajian teori diambil dari beberapa kajian yang sudah diakui kebenarannya secara umum. Selain itu juga makalah memiliki pola khusus yang merupakan unsur pokok dalam makalah yaitu Halaman Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan, Pembahasan dan Penutup dan daftar pustaka.

Halaman judul disebut juga halaman cover merupakan branding yang mewakili isi dari makalah yang kita buat. Halaman judul memuat judul makalah, tujuan pembuatan makalah, logo instansi, nama penulis, nama lembaga dan tahun akademik. Berikut adalah contoh halaman judul makalah :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Sesuai Standar Karya Ilmiah"

Post a Comment