Back To Top

Tutorial Cara Memasang Stiker One Way di Kaca Belakang Mobil Suzuki

Cara Memasang Stiker One Way | Cara memasang Stiker Kaca One Way Mobil Suzuki Ertiga | Stiker One Way adalah jenis stiker yang biasanya dipasang pada media kaca seperti kaca belakang mobil yang terlihat haya dari luar saja, sedangkan dari dalam mobil terlihat transfaran. Bentuk dari dekat stiker one way terlihat bolong-bolong.

Cara memasang stiker one way sangatlah mudah tidak perlu datang ke tempat pemasangan sticker. Sobat hanya cukup desain dan nyetak stikernya saja di percetakan. Harga cetak stiker one way dengan ukuran kaca belakang mobil suzuki Ertiga yaitu 150 x 50 cm di Percetakan Kasima Grafika Pagerageung Tasikmalaya adalah Rp. 90.000,- bagi yang mau pesan online silahkan hubungi 085 213 974 463.


Memasang sendiri stiker one way tentu lebih hemat, karena di luar sana biaya pemasangan one way kisaran Rp. 75.000 s/d 100.000, hampir sama dengan biaya cetak bahkan lebih mahal. Sebelum membahas cara memasang stiker kaca film pada mobil suzuki ertiga, alangkah baiknya saya uraikan dulu langkah-langkah cara pembuatan stiker oneway atau stiker kaca berlobang.

Untuk membuat stiker one way langkah yang pertama adalah mengukur dulu kaca belakang mobil yang akan dipasang oneway. Ukurlah sesuai dengan bentuk kaca mobil menggunakan ukuran meteran tukang jahit agar mudah dilengkungkan. Khusus ukuran kaca belakang mobil suzuki ertiga adalah Panjang bentuk persegi adalah 140 x 45 cm sedangkan untuk ukuran sesuai bentuk kaca mobil adalah seperti gambar di bawah ini :


Setelah menentukan ukuran selanjutnya adalah membuat desain sesuai dengan ukuran dengan menggunakan software Corel Draw. Desain gambar dan teks diposisikan sama persis pada ukuran kaca belakang mobil. Untuk desain background diberikan jarak tambahan 1 cm dari ukuran kaca mobil atau dibentuk persegi seperti gambar di bawah ini :



Hal ini untuk memberikan keleluasaan dalam pemasangan sehingga tidak terjadi ruang kaca kosong sedikitpun semuanya bisa tertutupi background. Akan tetapi jangan lupa ukuran gambar dan teks jangan ke luar dari ukuran bentuk kaca belakang mobil harus seperti di bawah ini :


Setelah desain stiker oneway siap, cetaklah  di percetakan yang memiliki kualitas printing yang bagus seperti di Kasima Grafika Pagerageung Tasikmalaya. Proses cetak sticker one way ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk hasil cetak yang sempurna.

Setelah desain stiker selesai dicetak, langkah selanjutnya adalah pemasangan. Pemasangan stiker one way ini membutuhkan kehati-hatian, karena bahannya yang mudah sobek. Berikut adalah tutorial cara memasang stiker one way pada kaca belakang mobil Suzuki Ertiga GL tahun 2017. Peralatan yang diperlukan untuk pemasangan adalah 1). Semprotan Air, 2). Wipper (Alat Pembersih Kaca, dan 3). Cutter.

Alat-alat untuk Memasang Stiker One Way


Alat semprotan ini adalah wadah cairan pembersih kaca yang bisa didapatkan di warung atau toko-toko keperluan sehari-hari. Fungsi semprotan ini adalah untuk menyemprotkan cairan sabun atau rinso ke kaca mobil dan ke stiker oneway agar dalam pemasangan mudah untuk digeser atau dirubah-rubah posisi sesuai dengan keinginan agar lebih pas. 


Pembersih kaca ini tersedia di toko perabotan dengan harga kurang lebih Rp. 15.000 ukuran kecil. Fungsi wipper atau pembersih kaca ini adalah untuk mengeluarkan cairan dalam one way yang dipasang agar merekat pada kaca.


Cutter adalah alat pemotong yang berfungsi untuk memotong bagian sisi stiker one way sesuai dengan bentuk kaca mobil.
  1. Keep Bismillah untuk setiap memulai pekerjaan
  2. Isi wadah semprotan dengan air dan taburkan rinso bubuk/sabun sedikit kocok sampai membusa. 
  3. Bersihkan dulu kaca mobil jangan sampai ada debu. Semprotkan cairan tersebut pada kaca mobil.
  4. Buka one way secara perlahan sambil disemprot cairan busa dengan merata,
  5. Tempelkan one way pada kaca mobil posisikan dengan pas sesuai dengan desain yang dibuat.
  6. Ratakan permukaan stiker one way dengan perlahan menggunakan tangan.
  7. Potong bagian sisi one way membentuk kaca mobil dengan menggunakan cutter. Untuk pemotongan beri tambahan jarak 0.5 cm dari ukuran asli untuk dilipat ke bagian dalam, agar pemasangan lebih rapi.
  8. Gunakan Wipper atau pembersih kaca tarik dari atas ke bawah untuk mengeluarkan cairan busa yang ada di dalam kaca sampai.
  9. Kalau sudah merata dan rapi, biarkan sampai kering sampai stiker one way benar-benar melekat dalam kaca.
  10. Keep hamdalah setiap selesai melakukan pekerjaan sebagai tanda rasa syukur kepada Alloh SWT.
Demikian tutorial cara memasang stiker one way atau stiker kaca film pada kaca belakang mobil suzuki ertiga. Semoga bermanfaat. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video tutorial cara memasang oneway di bawah ini :

2 Komentar

om untuk ukuran ertiga tahun 2014 apakah sama ukuran nya? boleh minta file ukuran file corel nya ga om?

sama gan itu tinggal download az gan ada diweb saya, atau chat ke WA 085213974463

 
loading...