Back To Top

Cara Mengatasi Google Trends Blank tidak bisa dibuka, 100% Work

Bagi blogger atau penggiat bisnis online Google trenids merupakan bagian terpenting karena sangat membantu dalam pengembangan blog maupun bisnis. Namun sangat disayangkan akhir-akhir ini google trends mengalami gangguan atau error blank tidak ada tampilan sama sekali. Usut punya usut ternyata permasalahannya terjadi karena google trends pada tahun 2018 pindah URL.

Pasti para pengguna masih bingung cari-cari jawaban penyebab kenapa google trends erroatau blank saat dibuka? Mengapa google trends sekarang tidak bisa diakses? atau bagaimana cara mengakses google trends?


Perubahan alamat URL yang dilakukan pihak google di awal tahun 2018 sepertinya tidak disertai dengan pengalihan link, sehingga ketika kita mengetik google trends muncul alamat url lama dan tidak dikaitkan dengan link url google trensd yang baru. 

Saya sendiri cukup lama dibingungkan mengapa google trends tidak bisa digunakan. Pernah satu kali masuk pada link google trends tetapi masuknya pada google trends 2017 yang hasil pencarian trends nya tentu dilakukan pada tahun 2017. Sementara saya membutuhkan data terbaru pada tahun 2018 untuk mencari keyword yang trends di tahun 2018 serta daerah mana saja keyword tersebut banyak muncul.

Akhirnya dari hasil browsing di mbah google didapat kesimpulan bahwa harus menggunakan url yang baru dengan google trends kode en-US atau English Amerika. Oleh karena itu untuk mengakses google trends gunakan alamat URL ini https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&hl=en-US insya Alloh google trends 100 % berjalan dengan baik dan bisa digunakan.

Untuk menggunakan google trends ini silahkan ketikan kata kunci yang akan kita cari trendsnya kemudian pilih negara mana, pilih patokan trends waktu seperti 1 tahun lalu, 3 bulan yang lalu dan lain-lain. Namun untuk mengetahui apakah trends kata kunci yang akan kita gunakan masih stabil atau tidak sebaiknya menggunakan standar yang terdekat misal 1 bulan yang lalu.


Setelah itu klik tombol search maka akan muncul grafik trends dari kata kunci atau keyword yang akan kita cari.

Jika grafiknya naik atau stabil, hal ini menunjukkan bahwa produk atau keyword yang akan kita gunakan cukup baik trends nya. Akan tetapi kalau grafiknya naik turun tidak stabil dan bahkan semakin turun, maka kata kunci yang akan kita pakai tidak berpeluang masuk halaman pertama google.

Selanjutnya setelah melihat graphic google trends kita juga bisa mengetahui daerah mana saja yang dapat dijadikan target dari keyword atau produk kita, sehingga tepat sasaran.



Demikian cara mengatasi google trends ngeblank tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat. Salam sukses buat semuanya.

 
loading...