Image1

Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu Ciamis Objek Wisata di Negeri Awan

Tirta Pasir Raya Panjalu adalah objek wisata terbaru di kabupaten Ciamis. Alamat objek wisata Tirta Pasir Raya ini terletak di Desa Hujungtiwu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Kalau sobat lihat google map alamat yang muncul adalah Jalan Naggeleng - Cirahayu, Hujung Tiwu Panjalu. Untuk panduan map bisa lihat di bawah.

Sobat! Wahana Tirta Pasir raya sangat cocok bagi yang suka cari tempat wisata terbaru. Sepakat atau tidak hampir kebanyakan orang suka pada objek wisata terbaru. Wajarlah masa setiap liburan ke tempat itu-itu juga, bosan kan...

Kalau daerah Ciamis setahu saya pasti dari dulu yang terkenalnya adalah objek wisata Situ Panjalu dan Curug Tujuh. Saya sendiri paling sering ke Situ Panjalu, wisata nya yah itu-itu juga keliling situ pakai perahu. Bosan juga yah.. tapi mau gimana lagi.

Tahun kemarin 2017 waktu acara munggahan 1438 H (tradisi sebelum ramadhan) masih teringat sepulang dari Situ Panjalu, anak-anak tidak puas maunya tetap berrenang. Saya sepanjang jalan, sempat membayangkan kalau Wisata Situ Panjalu dikembangkan menjadi daerah wisata yang lengkap banyak pilihan. Wisatanya tidak hanya sebatas tempat berlayar keliling Situ dengan Perahu, atau ziarah saja, tetapi ada area bermain anak-anak terutama waterboom atau kolam renang.

Nah... ternyata lamunan tersebut menjadi kenyataan pada munggahan tahun ini yaitu 1439 H/2018 sudah dibuka wisata baru di Panjalu yaitu Tirta Pasir Raya dengan pemandangan yang indah seolah-olah berwisata ke negeri awan. Lihat saja photo-photonya sejajar dengan awan kan... Photo-photo ini adalah dokumentasi acara munggahan keluarga pada hari Selasa 01 Mei 2018, 15 hari (nishfu Sya'ban) sebelum bulan Ramadhan 1439 H.


Eit jangan takjub dulu lihat pemandangan photo icon bertuliskan Wahana Tirta Pasir Raya, jangan anggap itu pintu masuk yaah.. Untuk sampai ke tempat ini sobat harus rela berpeluh keringat karena dari tempat parkir sobat jalan kaki dulu sekitar 100 m menaiki tanjakan yang luar biasa dan berkelok. 

Tanjakan dari tempat parkir bawah

Sebelum lebih jauh saya mendeskripsikan Wisata Tirta Pasir Raya Objek Wisata Terbaru di Ciamis, sedikit berbagi pengalaman perjalanan agar bisa dijadikan gambaran jika sobat mau berkunjung ke wisata ini. 

Rute perjalanan dari rumah saya sama dengan rute dari arah Bandung yaitu arah dari Pamoyanan  ke  pondok pesantren Suryalaya masuk ke pertigaan Warudoyong ambil kiri terus melewati tanjakan berbelok yang cukup tajam, nanti setelah tanjakan pari, belok kiri ke arah Sukamantri Cibereum,  masuk ke daerah desa Hujungtiwu. 

Dari kaca mobil atau dari bawah lihat ke atas sebelah kanan terlihat tulisan wisata Tirta Pasir Raya. Untuk masuk ke tempat wisata ini bagi pengunjung baru atau dari luar daerah kemungkinan terlewati, maka ketika sudah terlihat di atas sebelah kanan tempat wisata tersebut, segera kurangi kecepatan dan lihat ke sebelah kanan pas tanjakan hampir berbelok di sebelah kanan ada Plang Wisata Tirta Pasir Raya. Plang ini posisinya agak ke dalam sehingga kurang kelihatan bagi pengendara. Saya sendiri harus mundur beberapa meter untuk masuk ke arah wisata ini karena terlewati. 

Sobat! perjalanan menuju wisata ini harus sedikit ekstra hati-hati karena jalan menuju pintu tiket masuk kondisi jalannya belum layak untuk tempat wisata semegah ini, nanjak dan dipenuhi batu kerikil. Entah bagaimana kalau masuk musim penghujan. Sayang yah... Objek Wisatanya bagus tapi akses jalannya tidak diutamakan. Sebaiknya jalan menjadi perioritas karena merupakan akses bagi para pengunjung.

Sekitar 100 m dari Plang depan terdapat pintu masuk tempat pembelian tiket. Tiket masuk  ke wahana Tirta Pasir Raya ini cukup murah hanya Rp. 15.000/orang. Setelah membayar tiket, kami masih harus menempuh sekitar 50 m untuk sampai di tempat parkir. Sekitar Pukul 9.30 kami sekeluarga sampai di area parkir. Saat keluar dari mobil subhanaloh betapa indahnya pemandangannya. Dari tempat parkir ini kita dapat melihat hamparan Situ Lengkong Panjalu yang sangat indah. Kami pun photo bersama dan kelihatan seperti tinggal di negeri awan.

Photo My Family di Tirta Pasir Raya


Photo-photo di atas bukanlah puncak Tirta Pasir Raya, melainkan tempat parkir pertama di paling bawah. Untuk mencapai puncak harus menaiki tanjakan yang cukup tajam sekitar 100 m. Ketika sampai ke area parkir bawah saya sempat berpikir bisa ga yah bawa mobil ke atas, tapi karena pada waktu itu tidak melihat ada motor atau mobil naik ke atas, dan di parkir bawah sudah ada 3 Bus dan 2 mobil Avanza, akhirnya saya pun ikut parkir di sana.

Kami sekeluarga jalan kaki, sebenarnya kasihan juga sama bapak dan ema yang sudah tua, saya pun menyarankan untuk naik ojek yang kebetulan ada pangkalannya, tapi mereka tidak mau. Perlahan kami menaiki tanjakan dengan basah keringat... beruntunglah di tengah-tengah tanjakan pas mau belok ada tempat istirahat sejenak untuk melepas lelah. Kami sekeluarga pun istirahat dulu dan makan bersama karena memang sengaja sebelum berangkat tidak makan dulu di rumah.

Tempat Istirahat di tengah perjalanan menuju pincak

Pada area ini terdapat beberapa tempat selfi seperti mobil, bunga dan kupu-kupu.

Tempat Selfi di Tirta Pasir Raya Panjalu








Setelah istirahat cukup, kami pun melanjutkan perjalanan dan sampailah di tanjakan belokan kedua yang sedikit rata dan di sini terdapat plang besar Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu. Kalau mau selfi dengan backround ini sobat masih harus berjalan sekitar 50 m...


Singkat cerita setelah berphoto di icon wahana ini kami melanjutkan perjalanan menuju puncak melewati tangga-tangga sekitar 50 m.. dan sampailah di puncak negeri awan... Keringat, cape lelah langsung terobati dengan hamparan pemandangan yang indah, dan kolam renang yang sudah menunggu untuk menyegarkan kelelahan.

Wahana Tirta Pasir Raya memiliki fasilias 3 kolam renang sesuai dengan kebutuhan. Kolam renang pertama khusus untuk dewasa dan remaja dengan ke dalaman 1.5 m. Kolam renang kedua khusus untuk anak-anak dengan ke dalaman 50/80 cm. Posisis kedua kolam renang ini berdekatan. Pada kolam renang khusus anak-anak terdapat air tumpah atau Waterboom. Di area waterboom ini ada icon Wayang yaitu Si Cepot dan Dewala

Waterboom Tirta Pasir Raya Panjalu


Sedangkan pada kolam renang dewasa dan remaja terdapat empat perosotan yang cukup tinggi.



Kolam renang ke tiga ini sepertinya bukan untuk tempat main renang dewasa atau remaja yang tidak bisa berrenang. Kedalamannya luar biasa. Sepertinya ini diperuntukkan bagi para ahli renang.



Fasilitas lain yang disediakan oleh Pengelola Wahana Tirta Pasir Raya ini adalah Ruang Tempat Tunggu, Ruang Ganti Pakaian dan WC yang cukup memadai, serta tempat mandi anak-anak kecil di luar.


Untuk anak-anak juga disediakan tempat permainan seperti motor, kereta mini, mobil dan penyewaan ban atau pelampung.


Sobat mungkin itu dulu info mengenai objek wisata terbaru di ciamis yaitu Tirta Pasir Raya Panjalu. Sebagai info tambahan ternyata mobil bisa nai ke atas dan sudah ada lokasi parkir. So... sobat tidak perlu capek-capek lagi jalan kaki yah... kecuali memang niatnya olahraga... Jalan kaki lebih sehat lhooo. Semoga bermanfaat. Untuk melengkapi informasi silahkan tonton videonya. 



Oh ya sobat lupa, saya kasih tahu yah.. kalau mau berwisata ke Tirta Pasir Raya Panjalu ini sebaiknya datang di lokasi lebih pagi sekitar jam 9 nan. Karena pengunjung semakin siang semakin banyak, cuaca semakin panas..

Terima kasih.

Untuk panduan peta menuju lokasi Waterboom Tirta Pasir Raya Panjalu silahkan lihat di bawah ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wahana Tirta Pasir Raya Panjalu Ciamis Objek Wisata di Negeri Awan "

Post a Comment