Image1

Cara Mengatasi website tidak bisa diakses Deceptive Site Ahead

Pengalaman pahit bagi saya adalah ketika blog sama sekali tidak bisa di buka di semua media baik laptop, pc maupun hp. Ketika memasukkan alamat blog langsung muncul layar merah tanda perboden di mozila dan tanda silang di google chrome bertuliskan Deceptive site ahead.
Maklum karena bahasa Inggrisnya minim saya gunakan google translate dan muncul terjemahan "Situs yang Menipu di depan". Dari terjemahan tersebut saya tidak langsung paham, kemudian browsing buka sana-sini di mbah google. Sedikit ditemukan tulisan yang membahas tentang ini, dan setelah dicoba hasilnya kurang memuaskan.

Hasil pencarian di google rata-rata menyarankan untuk membuka blokiran di browser baik di mozila maupun google chrome. Saya pun mencobanya dan memang blog atau website saya bisa dibuka. Namun apa mungkin saya harus memberitahu orang-orang yang akan berkunjung kepada blog  agar membuka sistem blokir browsernya? Rasanya tidak mungkin kan. Jadi kalau hanya membuka sistem blokir di browser saya itu sama sekali belum menyelesaikan masalah, karena traffik blog tetap anjlok. Ketika normal pada statistik blog rata-rata 3000 traffik per hari, setelah musibah ini statistik blog jatuh dan hanya  muncul 100 atau 200/hari. Saya pun sempat panik karena blog dengan traffik 3000/hari adalah hasil perjuangan selama hampir 4 tahun lebih dan sudah menerima akun GA non-hosted. 


Traffik jatuh dengan kasus security error "Deceptive site ahead" ini sudah pasti, karena ketika blog diblokir, indeks pencarian google pun semuanya menghilang. Tidak ada satu pun kata kunci /keyword yang dapat memunculkan blog. Padahal sebelumnya ada beberapa postingan yang selalu berada di halaman pertama google. 

Dengan susah payah saya terus mencari penyebabnya terlebih dahulu. Saya teringat pada translate dialog layar "Deceptive site ahead" yang artinya situs yang menipu di depan. Saya pahami maksudnya, dan akhirnya tergambar bahwa mungkin ada link yang dicurigai oleh google dan dianggap mengandung unsur-unsur penipuan. Luar biasa google yah segitu canggihnya.. Kemudian saya mengingat-ingat postingan demi postingan, dan akhirnya saya teringat 3 hari sebelumnya membuat link afiliasi sabun, Hampir 8 postingan di dalamnya terdapat link afiliasi. Akhirnya saya curiga, dan dengan rela hati saya membuang semua postingan yang berkaitan dengan afiliasi tersebut. 

Selain itu juga saya buang semua widget atau script yang menuju ke situs luar/ Setelah semuanya dihapus saya kembali mencoba mencari keywoard yang mengarah ke blog dan hasilnya tetap nihil.

Tanpa putus asa saya terus browsing di google, semuanya di coba dan akhirnya saya mencoba dengan mengajukan peninjauan ulang web saya di webmaster dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Masuk ke google webmaster tool klik di sini. Masuk dengan akPun gmail


2. Pilih situs yang ditandai dengan tanda merah yang menunjukkan bahwa situs tersebut bermasalah. Pilih Periksa kesehatan property

3. Klik tulisan perangkat lunak jahat terdeteksi 

4. Centang Tulisan saya telah memperbaikinya 
5. Ajukan peninjauan dan berikan alasan permohonan peninjauaan. Isi dengan kata-kata yang menjelaskan tentang perbaikan situs. Misal saya sudah memperbaiki dan membuang postingan-postingan yang memiliki link keluar dan sebagainya. Klik tulisan Minta Tinjauan


Kalau sudah selesai, tunggu minimal 1 x 24 jam untuk menerima hasil peninjauan dari google. Jika blog atau website kita sudah diperbaiki dan tidak ada pelanggaran terhadap kebijakan google, maka besar kemungkinan blog atau websitenya normal kembali. Seperti halnya website punya saya yang akhirnya normal kembali dan dinyatakan sehat bebas penipuan oleh google. Hanya saja waktunya cukup lama hampir 2 hari.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi blog atau website atau situs yang diblokir adalah dengan membuang link-link ke luar yang biasanya mengandung nilai bisnis. Seperti link afiliasi dan lain-lain. Selain itu juga widget-widget yang memiliki link keluar. Setelah yakin bahwa postingan yang dicurigainya di buang baru mengajukan tinjauan sebagaimana langkah-langkah di atas yang bisa menghabiskan waktu sekitar 1 bulan.

Demikian tutorial cara mengatasi blog atau situs yang terblokir "deceptive site ahead" Terima Kasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi website tidak bisa diakses Deceptive Site Ahead"

  1. hemh.. sangat merugikan betul, sy sbnrnya cmn nginstal software hasil download cmn ada notif demikian

    ReplyDelete