Home » » Cara Mengatasi Warna Tinta Tidak Sempurna pada Mesin Digital Printing

Cara Mengatasi Warna Tinta Tidak Sempurna pada Mesin Digital Printing

Cara mengatasi tinta mesin cetak spanduk sering hilang atau bergaris/ Bagi pengguna mesin digital printing untuk cetak spanduk, banner, balliho dan sebagainya. mungkin pernah mengalami kasus menghilangnya salah satu warna ketika proses cetak. Hasil cetak warnanya berubah, terutama terlihat jelas pada warna-wanran blok seperti hijau. Ketika warna yellow lost atau hilang maka akan berubah terlihat agak ke biru-biruan, al-hasil kalau mesin tidak dipause dan dicleaning hasilnya akan terlihat belang kurang bagus. Setelah dicleaning warna kembali normal akan tetapi beberapa menit kemudian salah satu warna berkurang lagi kemudian menghilang.

Berdasarkan pengalaman saya mesin digital printing memiliki karakteristik yang unik, karena meskipun secara teknik hampir sama dengan jenis printer yang kecil seperti epson, canon dan sebagainya, akan tetapi dalam menangani permasalahannya sangat jauh berbeda. Cara mengatasi mesin digital printing meskipun kasusnya sama tetapi cara mengatasinya berbeda-beda. Misal kasus tinta tidak keluar sempurna atau menghilang saat mencetak pada mesin digital printing tidak cukup bisa diselesaikan dengan mengcleaning head atau flash head, akan tetapi harus semua kemungjinan dicek.

Cara mengatasi tinta tidak keluar sempurna pada mesin cetak spanduk atau mesin digital printing terutama pada merk Phaeton UD-3208S yaitu setelah head dicleaning lakukan langkah-langkah sebagai berikut  :


  1. Cek Voltase Head, melalui menu setting-printhead pada software mesin, coba turunkan coba lanjutkan print lihat perbedaan waktu menghilangnya warna. Jika agak sedikit lama berarti ada perubahan. Masalah tidak keluarnya tinta pada mesin digital printing ini salah satunya bisa disebabkan belum pasnya Voltage head. Karena itu harus dicoba-coba turun atau naikkan sampai menemukan voltase yang pas dengan melihat hasil cetak yang sempurna dalam waktu lama.
  2. Jika langkah di atas tidak membuahkan hasil, maka langkah selanjutnya adalah mengecek kabel selang head longgar apa tidak, bersihkan head menggunakan cleaner, kemudian jalankan.
  3. Cabut head kemudian bersihkan menggunakan cleaner dan stik, karena bisa jadi ada bulu-bulu bahan yang masuk ke  lubang head, sehingga menyebabkan tinta tidak keluar sempurna.
  4. Cek Kabel Head (Kabel Flexy), coba dituker dengan kabel flexy warna yang sama.
  5. Jika semua langkah sudah dicoba tidak berhasil, maka sudah dipastikan headnya rusak, chipnya sudah lemah.
Langkah cara mengatasi warna tinta tidak keluar sempurna pada mesin digital printing di atas berdasarkan pengalaman pada mesin merk Phaeton UD-3208S punya saya hasil nyicil dari Metro Digital Printing... namanya kredit barang second pastilah banyak masalah-masalah yang muncul, salah satunya ya itu warna tinta digital printing sering menghilang atau tidak keluar. 
Semoga bermanfaat. Bagi yang lebih berpengalaman ditunggu yah.... sharingnya di kolom komentar.... Terima kasih.
Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment