Home » » Menulis Tak Hanya Sekedar Hobi Tapi Bisa Menghasilkan, Semangat Yuk Menulis!

Menulis Tak Hanya Sekedar Hobi Tapi Bisa Menghasilkan, Semangat Yuk Menulis!

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mempengaruhi niat mulia sebagai penulis yaitu memberikan informasi atau kontribusi pemikiran. Tulisan ini hanya  sekedar motivasi atau berbagi cerita terutama bagi rekan-rekan yang masih belum bisa menikmati dunia literasi atau tulis menulis. 

Tulisan ini saya buat hanya ingin berbagi kebahagiaan atau merupakan salah satu bentuk rasa syukur saya dengan tahaduts binnikmat (membicarakan kenikmatan), karena pada hari ini Senin 22 Oktober 2018 bertepatan dengan hari santri saya mendapatkan gaji pertama dari GA (Google Adsense) sebesar 1.411.697 yang langsung masuk ke rekening BRI. 






Sehari sebelumnya saya mendapatkan e-mail dari GA yang berjudul : Google Payment isinya : Periksa Pembayaran Terbaru Anda. Isi pesan ini menyatakan bahwa GA  telah mengirim pembayaran  ke rekening bank Anda untuk penghasilan AdSense pub-49833............ Anda pada tanggal 21 Okt 2018. Jika Anda belum menerima pembayaran tersebut dalam waktu 5 hari kerja sejak tanggal pengiriman email ini, harap hubungi bank Anda untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Dan ternyata tidak perlu menunggu lima hari 1 hari pun uang tersebut benar sudah masuk ke rekening. Alhamdulillah.



Bagi saya seorang guru honorer uang Rp. 1.411.697 sangatlah berharga, apalagi saat-saat nunggu inpassing yang baru hari ini juga cair 2 bulan.. alhamdulillah, lengkaplah kebahagiaan. Bagi yang belum tahu... coba cek deh....he2.


Pada awalnya saat mulai ngeblog kalau tidak salah waktu itu masih kuliah sekitar tahun 2004 di saat internet pada waktu itu masih jarang ditemukan, tak terbesit sedikitpun untuk mendapatkan penghasilan dari hobi ini. Tulisan pada waktu itu sekitar catatan harian dan kumpulan makalah-makalah tugas kampus. Nama blognya pun serba-serbi.blogspot.com. Saya sendiri sempat mengalami kejenuhan, sehingga lama blog tersebut ditinggalkan, dan saya pun tidak pernah memposting artikel hampir 3 tahun lebih, karena kesibukan pada waktu itu masih guru serabutan ngajar di mana-mana. Akhirnya  pada tahun 2007 tak sengaja penasaran apakah blog tersebut masih aktif atau tidak. Untung akun dan paswordnya masih ingat dan bisa dibuka. Saya cek traffik (data pengunjung) perbulan rata-rata 10.000 an pengunjung. Dari sinilah semangat saya bangun kembali, karena ternyata banyak yang membaca tulisan-tulisan saya.

Berbekal semangat ini saya kembali membuat tulisan-tulisan berupa artikel mengenai pendidikan, makalah, proposal, desain grafis, berita dan lain-lain. Pada waktu itu saya belum mendapatkan hasil sedikitpun karena belum bekerja sama dengan Google Adsense. Karena memang tujuan saya hanya sebatas menyalurkan hobi dan senang jika ada orang yang membaca dan mendapatkan manfaatnya. 

Namun sekitar awal tahun 2017 an saya tertarik dengan tulisan di internet yang berjudul Cara mendapatkan Uang dari Internet yang pada point ke empat membahas Google Adsense yaitu jasa periklanan milik google. Dari tulisan inilah saya praktekkan caranya dengan mendaptarkan blog saya ke google adsesnse. Al-hasil pendaftaran pertama ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Saya pun sempat bingung kok konten tidak memadai, padahal jumlah postingan sudah hampir 300 an. GA sendiri tidak menjelaskan alasan penolakannya hanya secara garis besar meminta saya untuk memperbaiki konten untuk lebih banyak berupa teks. Selain itu kelengkapan blog seperti navigasi, profil dan sebagainya.

Setelah sedikit diperbaiki 1 bulan kemudian saya ajukan lagi permohonan kepada Google Adsense dan al-hasil pada tanggal 24 Mei 2017  saya mendapatkan balasan e-mail yang jawabannya sama bahwa pengajuan akun GA saya ditolak sebagaimana gbr di bawah :



Realitas ini sedikit mengganggu semangat saya dalam menulis, tapi saya kembalikan pada niat utama menulis saya yaitu hanya untuk berbagi. Sehingga meskipun mendapatkan 2 kali penolakan, saya tetap membuat postingan minimal 1 minggu 2 kali. 

Setelah 2 bulan dari penolakan ke-2 sekitar bulan Juli 2017 saya coba lagi mengajukan permohonan kepada Google Adsense dan akhirnya GA pun menyatakan selamat bahwa akun GA saya diterima.. Alhamdulillah.

Saya pun mencoba mempelajari bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari GA, dan alhamdulillah setelah dipraktekkan dari akun GA tersebut sudah ada penghasilan meskipun di awal-awal hanya dibayar Rp. 500, Rp. 1000 per hari yang tersimpan dalam rekening akun GA. Saya pun mencari tulisan-tulisan cara untuk mendapatkan 10 dollar per hari dan ternyata bahwa penghasilan GA tergantung pada jumlah traffik pengunjung. Jadi semakin banyak jumlah traffik maka sangat memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan yang banyak. Saya pun mencobanya dari mulai mengganti domain blogspot dengan dot com, dan mengganti alamatnya menjadi gokasima.com. 

Nama gokasima ini agar orang mudah ingat ketika awal mau menulis google.. kasima singkatan dari "Keluarga Sejahtera Ikhtiar Bersama" atau bisa juga berarti terkesima.Waktu demi waktu traffik pengunjung gokasima.com semakin meningkat, dari 930 postingan sampai saat ini rata-raa per hari 3000 pengunjung, jadi setiap bulan mendapatkan 90.000 pengunjung. 



Dari rata-rata traffik 3000 ini alhamdulillah saya sudah mendapatkan bayaran rata-rata per bulan Rp. 250 rb. Nominal ini setara dengan tunjangan fungsional saya sebelum sertifikasi. Jadi sekarang meskipun sudah inpassing tapi saya tetap mendapatkan tunjangan fungsional dari Google Adsense.

GA hanya akan mencairkan pembayaran bulanannya ke rekening kita setelah mencapai $100 . Jadi sebelum totalnya $100 sekitar 1.300.000, pembayaran tersebut disimpan di rekening akun google adsense saya. 

Berarti pembayaran pertama saya 1.411.697 ini kalau dibagi rata-rata Rp. 250 adalah penghasilan sekitar 5 bulan.. lumayan lah bagi saya sebagai seorang guru honorer. Sama kan dengan dulu ketika mendapatkan Tufung dari Kemenag. Sampai saat ini per hari kadang di bayar 5000, bahkan pernah sampai Rp. 20.000..

Itulah sekedar berbagi cerita kebahagiaan saya bahwa menulis tidak sekedar hobi tapi kita pun bisa punya penghasilan. Do'akan Saya untuk bisa mencapai pembayaran GA per bulan Rp. 3 jt bahkan lebih setara dengan PNS sehingga mendapatkan pasif income meskipun inpassing tidak cair saya tetap semangat mengajar.

Bagi rekan-rekan--- yuk semangat menulis 

"Dengan menulis kita tidak akan dilupakan sejarah"
Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment