Home » , , , , , , , » Mengenal Lebih Dekat Cara Kerja Mesin Cetak Spanduk yang Perlu Anda Tahu

Mengenal Lebih Dekat Cara Kerja Mesin Cetak Spanduk yang Perlu Anda Tahu

Cara kerja mesin cetak spanduk | Sobat kasima grafika! Pada kesempatan kali ini admin mau berbagi tentang cara kerja mesin cetak spanduk atau cara kerja mesin digital printing. Bagi sobat yang memiliki rencana buka usaha percetakan spanduk, sebaiknya mempelajari seluk beluk cetak spanduk termasuk cara kerjanya. Postingan ini menjadi gambaran awal bagaimana mengetahui cara kerja mesin digital printing. Selain itu juga postingan cara kerja mesin digital printing ini bisa dijadikan referensi bagi siswa-siswi yang sedang magang atau Praktek Kerja Lapangan di Perusahaan Cetak Spanduk.


Secara umum juga masih sedikit orang yang mengetahui bagaimana sebenarnya cara teknis pembuatan spanduk? apakah sama dengan printing dokument kertas biasa atau tidak. Bagi yang sudah tahu tidak usah sewot yah.. se-guru se-ilmu jangan ganggu... hxxx.

Tulisan ini merupakan pengalaman penulis selama mengelola percetakan Kasima Grafika yang melayani cetak spanduk, banner, baliho, stiker dan lain-lain. Namun sebelum bicara teknis mengenai cara kerja mesin banner itu sendiri, terlebih dahulu izinkan saya sedikit mengulas hal-hal yang berkaitan erat dengan teknis cara kerja mesin yaitu cara kerja percetakan pada umumnya.

Komponen-komponen Percetakan

Cara kerja mesin spanduk tidak bisa lepas dari keberadaan komponen-komponen dalam dunia percetakan. Maksud komponen percetakan di sini adalah perangkat baik hardware maupun software yang harus ada untuk melakukan layanan percetakan. Adapun komponen-komponen percetakan yaitu Komputer, Designer, Mesin Digital Printing, Software Photo Print (Software Ripping) dan Software Printing.

1. Komputer

Komputer merupakan komponen primer dalam dunia percetakan. Komputer ini berperan dalam pengolahan desain grafis sampai proses pencetakan spanduk di mesin. Bagi sebuah percetakan setidaknya harus memiliki 2 komputer yaitu 1 untuk pengolahan desain grafis dan 1 nya lagi untuk proses printing atau pencetakan

2. Designer

Designer adalah seseorang yang memiliki kemampuan mendesain gambar, mengolah grafis sehingga tercipta konsep grafis yang menarik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Adapun desainer ini berfungsi untuk menterjemahkan konsep konsumen menjadi sebuah grafis atau gambar yang siap cetak. Tanpa seorang desainer yang handal tidak mungkin menghasilkan spanduk yang berkualitas. Oleh karena itu sebuah perusahaan percetakan harus merekrut designer yang betul-betul profesional.

3. Mesin Digital Printing

Mesin Digital Printing merupakan komponen hardware untuk menyelesaikan konsep grafis menjadi produk spanduk atau banner. Mesin Cetak Spanduk ini terdiri dari berbagai merk yang memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung harga. Sudah tentu harga mesin digital printing yang mahal memiliki kualitas yang optimal. Di antara merk mesin digital yang handal antara lain mesin digital printing merk Phaeton sebagaimana yang digunakan di percetakan Kasima Grafika dengan merk lengkap Phaeton UD3208S.

Mesin Digital printing merk Phaeton ini sangat recomended bagi yang akan memulai usaha cetak spanduk. Kelebihan dari merk mesin digital Phaeton ini adalah cepat, kualitas bagus dan yang terpenting sangat handal dan bandel. Mesin digital printing merk Phaeton ini memiliki area lebar 3.2 m.

Selain mesin merk Phaeton, merk mesin digital lainnya seperti ecojet prima bisa dicoba untuk pemula. Hanya saja merk ecojet maxima ini memiliki lebar area cetak yang tanggung yaitu 1.8. Selain tu head cepat rusak. Penjelasan mengenai kualitas mesin ecojet maxima ini sudah dibahas dalam postingan yang berjudul  Mengenal Kualitas Mesin Digital Printing.

4. Software Photo Print (Software Ripping)



Software Photoprint adalah software yang digunakan untuk memproses desain menjadi file yang siap cetak dan dapat dibaca oleh software printing. Proses ini dalam dunia printing biasa disebut proses ripping yaitu merubah file desain menjadi format prt yang bisa dimasukkan pada software cetak. File yang dirubah bisa dari format TIFF maupun JPEG. File format prt lah yang nantinya menjadi file yang siap cetak.

Software yang digunakan untuk proses ripping ini antara lain software photo print 6  dan berbagi seri. Khusus untuk mesin digital printing merk Phaeton UD3208S menggunakan software ini. Sedangkan untuk mesin ecojet maxime menggunakan photoprint seri 11.

5. Software Mesin Printing
Setelah semuanya sudah siap, eksekusi terakhir proses pencetakan spanduk adalah dengan menggunakan software printing mesin. Software ini digunakan untuk mencetak file prt ke mesin digital printing. Software Printing Mesin ini diantaranya adalah printmont.

Dari pembahasan komponen komponen cetak di atas, sebenarnya sedikit banyak sudah mengulas teknik cara cetak spanduk yaitu proses desain-proses ripping dan proses cetak. Proses cetak ini kita hanya menggunakan software printing dan mesin digital printing. Oleh karena itu tanpa penjelasan khusus mengenai cara kerja mesin digital printing sudah cukup jelas.

Adapun kalau berkaitan dengan teknis kerja mesin spanduk  perlu pembahasan khusus mengenai komponen-komponen mesin cetak spanduk, fungsi dan sebagainya.
Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment