Selasa, 28 Mei 2019 | Warga dunia maya Kp. Sedaleuwih Desa Puteran Kecamatan Pagerageung, dihebohkan dengan peristiwa adanya akun fb salah seorang Tokoh di Kampung Sedalewih yaitu Ustadz Dede Muhammad Ridwan yang biasa dipanggil ustadz Iwan yang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan modus minta tolong diisikan pulsa. Salah satu korbannya menyebutkan bahwa tengah malam mendapatkan chat Inbox dari fb atas nama Dede Muhammad Ridwan, ia meminta no wa kemudian chat ke WA dengan photo profil yang sama dari FB, meminta tolong diisikan pulsa ke nomor 085348237331.

Berikut adalah cuplikan percakapan antara penipu dan salah satu korban Teman dekatnya Ust. Iwan yaitu Ujang Kusnadi.


Percakapan di atas adalah screen shoot inbox di FB dan WA, sebenarnya korban dari awal sudah mulai curiga, makanya mencoba untuk meyakinkan dengan menanyakan no hp yang dulu, dan ternyata benar sama ditambah lagi profil di FB dan di WA juga photonya, jadi tidak berpikir panjang lagi karena berhusnudhon mungkin ustadz memang darurat memerlukan pulsa, dan akhirnya karena kebetulan korban juga jualan pulsa langsung mengirimnya Pulsa nominal 50, dan setelah itu ia meminta di isi lagi nominal 100. Tapi korban curiga .... jangan-jangan.. karena itu dialihkan untuk pengisian pulsanya besok hari. Pada ke esokan harinya kebetulan WA ust. Iwan yang dulu aktif, dan langsung dihubungi mengenai kebenaran permintaan pulsa, dan ternyata... palsu. Astagfirulloh.. Wioslah 50 rb mah etang-etang shodaqoh wae... he2

Ternyata chat WA seperti di atas banyak menyebar ke teman-teman fb ust. Iwan yang lainnya, ada yang jadi korban juga dengan nominal Rp, 70.000 s.d 200.000, selain itu juga penipu meminta transfer uang ke rekening BCA 7215052999 atas nama astuti, nomer rekening lainnya 7215052879 an. Mahadin.

Kejadian ini ramai diperbincangkan pada group WA Sedaleuwih Only, dan bebagi informasi untuk pelacakan sang penipu. Dari hasil penelusuran nomor WA melalui situs http://www.ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html ditemukan bahwa kode area no hp 085348237331 tersebut adalah daerah Banjarmasin.

Namun dicek dengan menggunakan kode wilayah nasabah bank BCA 7215 adalah kode bank di daerah Cirebon kota. Hal ini bisa saja terjadi karena pembelian nomor perdana itu dari mana-mana kode wilayahnya, jadi bisa jadi no HP nya kode area Banjar Masin, orangnya asli Cirebon.

Meskipun sudah terlacak keberadaannya namun karena jauh cukup sulit ditelusuri. Data detail Nasabah banknya juga harus melalui kantor BCA dan tidak bisa oleh sipil harus atas nama kepolisian ditambah dengan bukti-bukti konkrit seperti bukti trf korban kepada penipu,

Kejadian ini sudah dilaporkan ke Polsek Pagerageung oleh Ust. Iwan sebagai korban akun yang diretas.
Description
: Hati-hati Akun Fb diretas Beberapa Warga Desa Puteran Pagerageung Jadi Korban
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: Hati-hati Akun Fb diretas Beberapa Warga Desa Puteran Pagerageung Jadi Korban
loading...

Iklan Sidebar