Gokasima | Cara menghitung biaya cetak spanduk, banner, baliho | Sobat masalah biaya selalu menjadi pertimbangan dalam berbagai aspek ekonomi. Setiap terjadinya transaksi adalah hasil kesepakatan antara pertimbangan biaya dan kemampuan daya beli. | Harga disebut mahal jika kemampuan daya beli rendah, namun tingi rendahnya harga tergantung pada biaya produksi dan hukum ekonomi. Hukum ekonomi yaitu harga barang tergantung pada permintaan dan barang itu sendiri Jika permintaan banyak barang sedikit maka harga jual menjadi tinggi atau mahal dan jika permintaan sedikit stok barang banyak, maka harga jual menjadi rendah atau murah.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cetak Spanduk

Namun dalam dunia percetakan biaya cetak lebih dipengaruhi oleh faktor produksi yaitu harga bahan dan ongkos kerja. Untuk harga cetak spanduk dipengaruhi oleh harga bahan dasar spanduk, harga tinta, listrik, perawatan mesin, ongkos kerja dan standar harga di wilayah masing-masing. Harga bahan dasar spanduk berbeda-beda tergantung pada kualitas bahan spanduk seperti bahan flexy china, flexy korea, abatros dan lain-lain. Bahan flexy china merupakan bahan standar spanduk yang paling banyak digunakan karena harganya paling murah.

Adapun spesifikasi bahan spanduk flexy ini antara lain serat bahan kelihatan meskipun pada dasarnya halus, kekuatan bahan jika dipasang di luar antara 6 s.d 12 bulan dengan menggunakan tinta outdoor. Namun jika dipasang di dalam ruangan memiliki daya tahan yang cukup lama bisa sampai dengan 5 tahun. Pembahasan mengenai jenis bahan dan  kualitas bahan ini sudah saya tulis pada postingan dengan judul 4 macam bahan spanduk yang perlu anda tahu dan tips memilih bahan spanduk yang awet.

Cara Menghitung Cetak Spanduk

Cara menghitung berapa biaya cetak spanduk tergantung pada beberapa hal, di antaranya adalah bahan yang dipilih, harga per meter, ukuran cetak spanduk dan banyaknya order. Berikut adalah harga cetak spanduk per meter berdasarkan jenis bahan spanduk yang dipilih.

Harga Cetak Spanduk Per Meter Bahan Flexy China

Harga cetak spanduk per meter untuk bahan flexy china ini berbeda-beda tergantung standar harga masing-masing wilayah. Harga cetak spanduk bahan flexy mulai dari Rp. 15.000 per meter s/d Rp. 25.000 per meter. Harga cetak spanduk murah biasanya dipengaruhi oleh daya saing percetakan yang cukup banyak d. Biasanya di daerah perkotaan seperti Bandung, Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Harga yang sedikit mahal biasanya  berada di sub daerah seperti kabupaten atau kota, misalnya di Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya.

Adapun harga standar cetak banner per meter bahan Flexy China di Tasikmalaya antara Rp. 18.000 s/d Rp. 25.000. Namun kebanyakan mematok harga satuan Rp. 25.000 per meter. Harga bisa berubah tergantung pada banyaknya order dan nego.

Harga Cetak Spanduk Per Meter Bahan Korea

Bahan korea adalah bahan spanduk kualitas super. Bahan ini memiliki ciri yaitu memiliki serat yang cukup halus dan tebal. Karena itu daya tahannya pun lebih lama dibanding bahan flexy china yaitu jika dipasang di luar ruangan antara 1.5 s/d 3 tahun. Oleh karena itu harga cetak spanduk bahan korea lebih mahal yaitu antara Rp. 45.000 s/d 80.000 tergantung standar harga wilayah masing-masing.

Rumus Cara Menghitung Cetak Banner

Dari uraian di atas maka untuk memudahkan bagaimana cara menghitung biaya cetak spanduk adalah dengan menggunakan rumus berikut :

Contoh-contoh Perhitungan Harga Cetak Banner

Berapa Harga Cetak Banner Ukuran 60 x 160 cm? Untuk menghitung harga cetak spanduk/banner dengan ukuran 60 x 160 cm dengan ketentuan bahan flexy china dan harga spanduk per meter Rp. 25.000 adalah 0.6 x 1.6 m x Rp. 25.000 = Rp. 24.000.  Harga tersebut terkadang belum termasuk biaya desain. Namun ada juga percetakan yang memberikan jasa desain gratis.

Berapa Harga Cetak Spanduk Ukuran 3 x 1? Cara menghitung biaya cetak spanduk ukuran 3 x 1 adalah 3 m x Rp. 25.000 = Rp. 75.000 jika menggunakan bahan flexy China. Sedangkan jika menggunakan bahan flexy Korea dengan harga per meter Rp. 80.000 adalah 3 x Rp. 80.000 = Rp. 240.000

Berapa Biaya Cetak Spanduk Ukuran 3 x 4? Spanduk atau baliho ukuran 3 x 4 yang merupakan ukuran jumbo maksimal lebar mesin 3 m adalah = 12 m x Rp. 25.000 = Rp. 300.000 dan untuk harga bahan korea tinggal dikalikan dengan standar harga per meter bahan korea.

Itulah cara menghitung biaya cetak spanduk atau banner, baliho dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu dalam penghitungan anggaran pembuatan spanduk.
Description
: Inilah Cara Menghitung Biaya Cetak Spanduk yang Perlu Anda Tahu
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: Inilah Cara Menghitung Biaya Cetak Spanduk yang Perlu Anda Tahu
loading...

Iklan Sidebar