Back To Top

Cara Cetak Banner agar Tidak Pecah Yang Perlu Anda Tahu

Tips cara cetak banner agar tidak pecah | Sobat Kasima! Pada kesempatan ini kami dari Kasima Grafika Digital Printing ingin berbagi tips mengenai cara cetak banner agar tidak pecah. Tips ini berdasarkan kasus-kasus konsumen Kasima Grafika yang mengirim file spanduk dengan ukuran kecil  dan setelah dicek ternyata pecah. Jika dipaksakan file yang pecah tersebut dicetak maka hasilnya tidak bagus. Karena itu agar tidak terjadi pada sobat-sobat lainnya kami menulis tips cara cetak spanduk agar tidak pecah agar hasil cetak spanduk tetap tajam dan memuaskan



Cetak spanduk atau banner berbeda dengan cetak kertas biasa yang ukurannya kecil. Oleh karena itu kalau sobat mau cetak spanduk harus dipastikan apakah file desainnya itu pecah atau tidak dengan memperbesar atau menzoom desain atau gambar 200% atau lebih. Desain spanduk yang pecah dapat dilihat dengan gambar atau teks yang ngeblur atau sedikit buram dan jika dipaksakan maka hasilnya pasti tidak normal dan kalau pecahnya parah sudah dipastikan sangat jelek.

Faktor-faktor Penyebab Hasil Cetak Spanduk Pecah

Adapun penyebab hasil cetak spanduk pecah di antaranya adalah sebagai berikut :
  1. Desainnya Kecil tidak Sesuai dengan Ukuran Cetak;  Faktor ini paling sering ditemukan, konsumen yang mau cetak spanduk dengan desain sendiri terkadang tidak memperhatikan ukuran spanduk yang akan dicetak. Sehingga terkadang desainnya kecil tidak sesuai dengan ukuran asli yang akan dicetak. Misalnya mau cetak spanduk ukuran 4 x 1 m, sementara desain aslinya hanya 40 x 10 cm, maka sudah dipastikan jika diperbesar 10 x desain spanduknya pasti pecah.
  2. Resolusi File JPEG kecil; Resolusi gambar terlalu kecil bisa terjadi pada 2 hal yaitu resolusi pada gambar bagian yang ada di desain pecah dan resolusi keseluruhan desain spanduk. Kasus resolusi kecil ini biasanya terjadi pada desain spanduk format JPEG. Gambar yang pecah biasanya gambar yang memiliki resolusi di bawah 100 Pixel.

Cara Mengatasi Agat Cetak Banner Tidak Pecah

Setelah sobat tahu mengenai penyebab hasil cetak spanduk pecah, maka hal yang perlu diperhatikan agar cetak banner atau spanduk tidak pecah lagi adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum mendesain tentukan ukuran desain sesuai dengan ukuran spanduk yang mau dicetak. Jika mau menggunakan skala, lakukan di akhir yaitu dari ukuran asli ke skala. Misal buatlah dulu desain spanduk ukuran 400 cm x 100 cm, setelah fix untuk memudahkan pengiriman file maka baru dibuat skalanya 40 x 10 cm, jangan dibalik.
  2. Jika desain menggunakan gambar, carilah gambar dari google yang memiliki high resolusi. Gunakan pada pencarian diawali dengan kata HD (High Definition) misal kita mau cari gambar pemandangan, maka ketik HD Pemandangan dan sebagainya. Ketika gambar muncul di hasil pencarian, jangan langsung download tetapi buka dulu full gambar yang dipilih baru download atau save image. Setelah desain spanduk selesai dan mau dibuat format JPEG jangan lupa resolusinya jangan kuran dari 70 pixel, atau standarnya dibuat 100 dpi. Jangan juga terlalu besar misal 300 dpi. Selain itu juga gunakan format CMYK

Sobat! Demikian tips Cara Cetak Banner agar tidak pecah, semoga bisa dipahami dan berhasil untuk dicoba, Terima kasih semoga bermanfaat.

 
loading...