Home » » Mengenal Kualitas Mesin Ecojet Maxima dalam Usaha Percetakan Digital Printing

Mengenal Kualitas Mesin Ecojet Maxima dalam Usaha Percetakan Digital Printing

Kualitas Mesin Ecojet Maxima Digital Pritning | Kualitas Mesin Digital Printing Ecojet Maxima dalam Usaha Percetakan Digital Printing Ecojet Maxima. Harga mesin ecojet maxima | Mesin ecojet maxima adalah salah satu merk mesin digital printing yang termasuk jenis mesin ecosolvent yang cocok untuk kebutuhan advertising jenis indoor maupun outdoor. Mesin ini memiliki kualitas cetak yang bagus resolusi warna yang tajam.

Sobat! Bagi yang akan memulai usaha percetakan digital printing, semoga tulisan ini bermanfaat setidaknya dapat dijadikan cerminan dalam menjalani pahit manisnya usaha digital printing.

Sekitar akhir tahun 2013 kalau tidak salah di bulan Oktober, alhamdulillah saya mendapatkan bantuan permodalan untuk usaha Percetakan Digital Printing dari arah yang tidak disangka-sangka (min haitsu laa yah tashib)... Saat itu anggaran kami sangat minim hanya memiliki budget Rp. 100 jt. Dengan pengalaman yang benar-benar zero, saya pun mempelajarinya di Internet tentang mesin yang cocok bagi pemula dan budgetnya bisa terpenuhi dengan Rp. 100 jt. Akhirnya saya dipertemukan dengan web PT. Laysander Teknologi yang menyediakan berbagai kebutuhan Mesin Digital Printing. Saya pun berkonsultasi dengan tim marketing, dan akhirnya saya memutuskan untuk datang langsung ke kantor untuk melihat mesin digital printing secara langsung.

Setelah  berbagai pertimbangan akhirnya pilihan saya jatuh pada mesin digital printing ecojet Maxima. Harga Mesin Ecojet Maxima pada waktu itu ditawarkan dengan harga Rp. 120 jt. Saya mengajukan penawaran Rp. 100 jt, dan akhirnya deal, dan dilakukan transaksi dengan PT. Laysander Teknologi yang beralamat di Komplek BSD.

Pertengahan Bulan Oktober 2013 saya memulai usaha percetakan digital printing benar-benar dari zero alias tidak pernah berpengalaman sama sekali. Saya hanya punya keahlian sedikit dalam bab desain, itu pun masih belajar. Saya tidak tahu sama sekali mengenai manajerial percetakan digital printing, Saya pun sempat bingung untuk pembelanjaan bahan baku seperti bahan spanduk dan tinta karena tidak mungkin kalau belanja bahan spanduk sedikit ke BSD (Jakarta). Namun akhirnya untuk bahan spanduk flexy saya mendapatkannya di Metro Digital Printing Jl. Selakaso Tasikmalaya. Hanya untuk tinta, saya tetap harus beli dari PT. Laysander Teknologi demi keamanan head.

Eh... maaf sobat jadi lupa membahas kualitas Mesin Cojet Maxima dalam Usaha Percetakan Digital Printing.. agar tidak berbelat-belit berikut adalah ulasan saya berdasarkan pengalaman hampir selama empat tahun menggunakan Mesin Digital Printing Ecojet Maxima. Adapun Mesin ecojet maxima memiliki spesifikasi sebagai berikut :

Resolusi Print :1440  DPI
Warna Tinta :C, M, Y, K
Tipe Tinta :Eco Solvent
Tipe Print Head :Epson DX5 micro piezo
Jumlah Print Head :1 buah
jumlah nozzle :1440 (8 x 180)
Lebar Media :1,92 m
Lebar  area cetak :1,8 m
Kecepatan Cetak :4 Pass : 15 m2 / Jam
6 Pass : 10,5 m2 / Jam
 8 Pass : 7,5 m2 / Jam
Media :Semua media Outdoor (Flexi, Stiker, MeshOne Way, ...)
Media Handling :Roll to Roll
RIP Software :Photoprint v. 10
Koneksi :USB 2.0
Sistem Komputer :Windows XP
Sistem Pemanas :3 Bagian : Muka, Tengah dan Belakang 
Kebutuhan Listrik :10 A, 220 VAC, 50/60 Hz 
Dimensi :2,6m x 0.7m x 0.5m
Berat :240 Kg
Kondisi Ruangan :Suhu : 10oC ~ 25oC
Kelembaban : 40% ~ 60% RH

Hal yang menjadi sorotan saya berdasarkan pengalaman selama menggunakan Mesin Ecojet Maxima adalah kualitas hasil cetak, dan kekuatan mesin. Adapun kualitas hasil cetak mesin ecojet maxima inu sangat bagus untuk kualitas cetak photo. Warna photo orang hasilnya sangat rapi dan warna kulit juga muncul. Namun masalah ketajaman warna hasil cetak untuk teks hasilnya kurang, kadang terlihat buram jika digunakan untuk cetak spanduk dengan menggunakan 2 pas. Akan tetapi jika digunakan untuk stiker dengan 6 pas ke atas hasilnya sangat bagus. Karena itu berdasarkan pengalaman sebaiknya mesin ecojet maxima digunakan untuk cetak stiker dan oneway. Untuk spanduk dan banner yang menggunakan bahan flexy sebaiknya menggunakan mesin khusus outdoor.

Selain itu juga mesin Ecojet Maxima ini memiliki ukuran yang tanggung hanya 1.8 m, sehingga kalau digunakan untuk cetak spanduk dan banner banyak ukuran yang tidak kompatibel dan nanggung. Akhirnya jika dipaksakan dengan menggunakan ukuran tanggung maka secara keuntungan dari mesin ini sangat minim atau bahkan hanya cukup untuk biaya operasional.

Adapun kualitas tingkat kehandalan mesin, mesin ecojet maxima yang saya miliki hanya sampai usia empat tahun. Selama empat tahun ini biaya perawatannya cukup banyak, ganti head satu kali Rp. 18 jt, ganti dumper kurang lebih 800 rb, ink pump 675 rb, kaping 3 kali Rp. 2.400 rb, penyangga caping Rp. 600 rb dan lain-lain.

Umur head mesin ecojet maxima punya saya rata-rata hanya mampu bertahan selama 2 tahun, dan pada tahun ke empat sudah rusak untuk kedua kalinya bersamaan dengan motherboardnya. Al-hasil tercatat bulan oktober 2018 mesin ecojet maxima saya sudah pensiun dan masuk ke museum percetakan.

Namun dengan mesin ecojet maxima ini saya mendapatkan banyak pengalaman dan banyak konsumen untuk dijadikan evaluasi dan target pasar yang lebih luas.

Berdasarkan pengalaman di atas, bagi sobat yang mau memulai buka usaha percetakan spanduk dll,, jika anggaran minim sebaiknya jangan beli mesin ecojet maxima tetapi lebih baik beli mesin outdoor berukuran besar sekitar 3.2 m dengan kualitas head yang masih bagus. Harga di pasaran sekitar Rp. 100 jt.  Kecuali tujuannya untuk cetak stiker atau indoor lainnya maka Mesin Ecojet Maxima bisa dijadikan referensi.

Demikian sobat sekilah mengenai pengalaman dari kualitas mesin ecojet maxima dalam usaha percetakan digital printing, semoga bermanfaat.  
Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment