Back To Top

Tutorial Cara Memasukkan Tabel Excel yang banyak ke CorelDraw dengan Mudah

Gokasima.com | Cara Membuat Tabel Excel yang banyak di Corel Draw | Cara memasukan data tabel excel ke Corel Draw | Sobat! Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman ketika tim Kasima Grafika mendapatkan order desain spanduk berupa Tabel Papan Data. Ada sebagian konsumen yang sudah membuatkan file tabelnya di Excel dan ada yang mentahnya berupa tabel yang dibuat di kertas. 

Bagi yang tidak tahu teknik cara membuat tabel yang banyak di corel draw dengan mudah dan cepat tentu keduanya membutuhkan kesabaran dan kerja keras, karena membuat tabel yang kolom dan barisnya banyak ditambah dengan data-data yang banyak pula di CorelDraw itu cukup sulit. 


Mungkin bagi yang tidak tahu, kedua konsumen tadi yang bawa file tabel excel dan kertas tabelnya akan didesain di CorelDraw sehingga pastinya membutuhkan waktu yang lama. Padahal keduanya dapat dikerjakan dengan mudah terutama yang sudah ada file tabel di excel.



Cara Membuat Tabel Papan Data Di Corel Draw atau Cara Memasukkan File Tabel Excel ke Corel


Agar proses desain tabel papan data lebih mudah dan cepat sebaiknya urusan tabel yang banyak tetap serahkan pada aplikasi Excel. 

Berikut adalah contoh tabel papan data yang kolom, barisnya banyak dan bervariasi.



Cara Membuat Tabel Papan Data Sekolah di Corel

Kalau Tabel tersebut kita buat di Corel langsung, pastinya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena banyak variasi tabel dan merge cell serta kolom dan baris yang ukurannya berbeda. Oleh karena itu untuk tabell yang banyak variasinya alangkah baiknya jika diserahkan sama ahlinya yaitu dengan menggunakan aplikasi excel.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan tabel papan data dan cara memasukkannya ke dalam aplikasi desain Corel Draw :

  1. Buatlah Tabel Papan Data di aplikasi Excel sesuai format yang diinginkan atau kalau filenya sudah ada buka file excel tabel papan data.
  2. Setelah selesai blok tabel yang di Excel kemudian Copy atau tekan Ctrl + C
  3. Buka Aplikasi Corel Draw yang sudah disiapkan untuk desain Papan Data
  4. Klik Menu Edit Pilih Paste Spesial




5. Pilih Microsof Excel 2003 (Worksheet) agar file tabel yang dimasukkan di Corel masih bisa secara automatis diedit di excel, atau kalau sudah  pasti tidak akan ada data tabel yang diedit bisa pil picture enhanced (metafile)


6. Setelah tampil tabel tersebut, Edit Sesuaikan dengan ukuran Desain, jika memilih Microsoft excel, tabel yang ada di corel masih bisa diedit dengan klik 2 kali pada tabel tersebut, dan secara automatis bisa diedit, karena masih berhubungan dengan excel. Tetapi jika paste spesialnya memilih gambar. Harus kembali ke excel dan mengulanginya lagi dari langkah pertama.

Demikian tutorial cara membuat tabel papan data dengan mudah atau cara memasukkan tabel yang banyak dari MS Excel ke Corel. Semoga bermanfaat.
 
loading...