Back To Top

Cara Mengatasi Traffik Blog Turun Drastis Setelah Ganti Template 100% Mudah

Gokasima.com | Cara mengatasi traffik blog turun setelah ganti template | Tulisan ini dibuat bukan dari sebuah teoritis melainkan berdasarkan studi kasus yang terjadi pada blog Gokasima.com. Sebelum ganti template statistik blog menunjukkan pageviews setiap hari rata-rata 3.500. Pageviews tertinggi setiap hari Senin dan selasa di atas 5000 pageview. Setelah ganti template statistik blog turun drastis hampir 60% yaitu hanya 1200 pageview setiap hari. Awalnya saya merasa panik dan mencari jawaban cara mengatasi traffik blog turun setelah ganti template.

Pageview Turun Drastis Setelah Ganti Template

Sebelum pada jawaban bagaimana cara mengatasi traffik blog yang turun drastis setelah ganti templat, atau cara bagaimana meningkatkan kembali traffik blog yang turun drastis setelah ganti template, ane sedikit curhat dulu yah tentang alasan mengapa ane ganti templat.

Sebenarnya template yang saya pakai sebelumnya sudah cocok tampilannya bagus dan traffik pun terus meningkat menurut versi statistik blog. Namun yang menjadi masalah adalah penghasilan GA menjadi stagnan hanya rata-rata 0.4$ per hari meskipun pageview pada statistik blog menunjukkan angka 5000. Saya terus berpikir mengapa pendapatan dari GA sangat kecil padahal pageview sudah cukup tinggi. Hasil pencarian bagaimana cara meningkatkan penghasilan Google Adsense dari blog rata-rata mempahas keterkaitan konten artikel, keyword, nilai cpc rendah dan sebagainya yang terkadang membuat jadi males ngeblog.

Ane pun sudah mencobanya berbagai cara menurut tulisan para mastah, namun mungkin ilmu blogging saya belum sampai alias teu kataekan... atau memang takdir Alloh rizki saya dari blog jatahnya segitu. Akhirnya sampailah dikesimpulan mungkin harus ganti template blog dengan template yang lebih responsive dan SEO.

Singkat cerita kebetulan dulu saya pernah membeli template premium yang katanya template penarik uang, akhirnya pada pertengahan bulan Juli 2019 saya ganti template dengan tampilan baru yang lebih simple tanpa ada sidebar kiri kanan sehingga loadingnya lebih cepat.

Setelah satu hari ane lihat statistik blog turun drastis hampir 60%,  ane masih berharap ada peningkatan pada hari ke-2, eh.. ternyata masih tetap sama. Selama satu pekan ane otak-atik struktur blog, webmaster dan lain-lain hasilnya tetap sama. Namun anehnya meskipun pageview terjun bebas pendapatan GA sama dengan ketika menggunakan template sebelumnya. Kemudian saya cek juga safelinku, jumlah kliknya sama tidak terpengaruh jumlah pageview atau traffik blog.

Kesimpulan sementara, jangan-jangan pada template sebelumnya pageviewnya adalah pageview semu, dan dengan template yang barulah pageview sebenarnya. Dengan kesimpulan inilah saya bisa menerima kondisi traffik blog menurun drastis setelah ganti template dan betrharap semakin lama menggunakan template baru ini traffiknya malah jauh lebih meningkat, dan tentunya yang penting adalah penghasilan GA nya yang berlipat-lipat. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

Jadi bagi sobat yang mengalami hal yang sama yaitu traffik blog turun setelah ganti template cara mudah mengatasinya adalah menerima apa adanya, karena setiap apa yang kita lakukan ada resikonya. Kalau tidak mau ada resiko, kembalikan saja pada template blog yang lama, mudah bukan.


Penghasilan Google Adsense setelah Ganti Template


Satu minggu setelah ganti template, penghasilan adsense paling tinggi 6K dalam satu hari, kadang 1 K, yah sebenarnya tidak terlalu jauh dengan ketika memakai template lama. Saya pun tetap bersabar dan berharap mudah-mudahan ada peningkatan, dan akhirnya pada minggu ke-2 tiba-tiba muncul penghasilan adsense yang signifikan yaitu diangka 22K. Mudah-mudahan semakin hari semakin meningkat. Harapan saya nanti bisa mendapatkan penghasilan  minimal 10 Jt Per bulan dari GA. Amiin.


Penghasilan GA tanggal 24 Juli 2019

 
loading...