Back To Top

Inilah Bahaya Penggunaan Aplikasi FaceApp yang Perlu Anda Tahu

Gokasima.com | Sekarang lagi viral rame-rame memakai aplikasi faceapp, faceapp adalah aplikasi pengubah photo wajah dengan beberapa efek. Efek yang lagi viral banyak digunakan adalah mengubah wajah menjadi terlihat lebih tua. (Sumber : tekno.kompas). Pengguna Smartphone dapat mengakses aplikasi ini melalui tantangan #AgeChalenge.


Aplikasi face app ini cukup mengasyikkan, sehingga banyak pengguna fb yang mencoba dan mengupdatenya di fb. Namun sebaiknya hati-hati dalam penggunaan aplikasi ini, karena FaceApp disinyalir sebagai aplikasi perekam data yang memungkinkan menyebarkan, menyimpan bahkan menjual photo pengguna untuk kepentingan komersial/bisnis. (Tekno Kompas). Berikut adalah kutipan dari Tekno Kompas yang menjelaskan alasan tentang bahayanya aplikasi FaceApp.

"Hal tersebut dapat terlihat dari persetujuan dan ketentuan pemakaian aplikasi yang jarang sekali dibaca karena pengguna buru-buru menekan tombol agree. "Anda memiliki semua hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan atas konten pengguna yang diposting melalui layanan." Kalimat tersebut memang terdengar seolah melindungi konten-konten milik pengguna. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kalimat "Kecuali untuk lisensi yang Anda berikan di bawah ini" yang tertulis pada awal ketentuan. Pada bagian selanjutnya, FaceApp menjelaskan bahwa lisensi yang dimaksud tak lain berupa lisensi penuh dan tidak dapat dibatalkan. 

Berikut ini kutipan selangkapnya "Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda". 

"Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya." Dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (18/7/2019), artinya, dengan memakai FaceApp, Anda akan sepenuhnya menyerahkan hak atas foto Anda yang dihasilkan lewat aplikasi tersebut ke pihak developer. 

Kemudian, setelah memiliki hak penuh atas foto Anda, FaceApp berhak melakukan apa pun dengan materi tersebut, termasuk meyebarkannya dan menggunakannya untuk keperluan komersial tanpa perlu meminta izin ataupun memberikan kompensasi kepada Anda. 
 
loading...