Home » » 4 Macam Bahan Spanduk yang Perlu anda Tahu

4 Macam Bahan Spanduk yang Perlu anda Tahu

Macam-macam bahan spanduk | Jenis bahan spanduk | Jenis Bahan MMT | Bahan Banner yang bagus | Sobat! Istilah Spanduk bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, di mana-mana sering kita jumpai spanduk berbagai macam merk perusahaan apalagi perusahaan rokok yang paling rajin membuat spanduk. Pada musim pemilu juga kita disuguhkan berbagai macam spanduk partai politik beserta calegnya. Selain itu juga kita sering melihat hampir di semua toko atau warung memasang spanduk sebagai informasi dan promosi tokonya.

Sebelum pada pembahasan masalah macam-macam bahan spanduk, perlu sobat tahu apa sih manfaat spanduk atau banner? Manfaat spanduk adalah sebagai media publikasi, informasi, sosialisasi dan promosi agar sampai kepada hal layak umum. Spanduk digunakan untuk memperkenalkan produk, layanan toko atau perusahaan, branding merk, personal dan sebagainya. Oleh karena itu spanduk merupakan hal yang penting bagi lembaga atau perusahaan yang membutuhkan feedback positif dari masyarakat umum, baik itu kunjungan, pembelian, dan sebagainya.


Maka tidaklah heran jika hampir semua toko, perusahaan, lembaga yang memasang spanduk, banner, atau baliho di mana-mana dengan tujuan meraih manfaat yang sebesar-besarnya. Terkadang suksesnya sebuah perusahaan, atau acara tergantung pada publikasi dan promosi.

Namun meskipun spanduk bertebaran di mana-mana, namun mungkin sobat tidak tahu bahan yang digunakan untuk pembuatan spanduk tersebut. Sehingga ketika sobat mau buat spanduk, tidak tahu bahan apa yang dipilih agar spanduknya tahan lama atau awet, tidak pudar dan tidak robek. Karena jenis bahan juga mempengaruhi daya tahan spanduk. Bahan spanduk yang bagus selain menghasilkan hasil cetak yang bagus, juga memiliki daya tahan yang lama dibanding dengan bahan spanduk standar.

Jenis bahan spanduk Digital Printing
Adapun bahan spanduk yang sering digunakan setidaknya ada empat macam yaitu 1, Bahan Flexy China, 2. Bahan Flexy Korea, 3. Albatros dan Bahan Cloth

1. Bahan Spanduk Flexy China


Bahan Spanduk Flexy China adalah bahan spanduk semi plastik yang memiliki serat-serat cukup terlihat jika dilihat dari dekat. Biasanya bahan Flexi China sering dipakai untuk pembuatan spanduk outdoor. Bahan Flexi China juga tersedia dalam berbagai gramasi tetapi vuasanya yang sering dipakai dalam digital printing adalah 260 gram, 280 gram serta 340 gram. Selain bagus dan tahan lama untuk pembuatan spanduk outdoor meskipun nantinya lama kelamaan warnanya akan memudar serta retak. Bahan ini juga bagus jika digunakan untuk pembuatan spanduk indoor.

Adapun daya tahan atau kekuatan bahan spanduk flexy Cina ini antara 8 s/d 12 bulan tergantung pada teknik pemasangan dan cuaca. Teknik pemasangan menggunakan rangka yang sesuai dengan ukuran spanduk akan lebih bertahan lama karena spanduk tidak banyak bergerak. Sedangkan teknik pemasangan spanduk yang digantung akan cepat rusak atau robek karena spanduk bergerak kena tiupan angin. Begitu juga jika pemasangan spanduk tersebut terkena sinar matahari langsung. Namun jika dipasang dalam ruangan spanduk dari bahan flexy china ini cukup tahan lama bisa 3 atau 4 tahun.


2. Bahan Spanduk Flexy Korea


Bahan cetak spanduk dan banner Flexy Korea ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan Flexi China. Karena teksturnya yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan cetakan yang lebih bagus. Dengan ketebalan yang baik tak jarang bahan ini sering dipakai untuk pembuatan media promosi baik itu spanduk maupun banner outdoor. Flexi Korea tersedia dalam gramasi antara 250 sampai 400 gram.

Daya tahan bahan flexy korea lebih lama atau lebih kuat di banding bahan flexy china. Kekuatan bahan spanduk flexy korea ini kurang lebih 2 tahun.

3. Bahan Spanduk Albatros

Jenis bahan cetak spanduk dan banner yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga sangat cocok dipakai untuk pembuatan media promosi indoor. Bahkan ada juga yang menggunakan bahan ini sebagai media untuk cetak foto berukuran besar tetapi harus dilakukan pengaturannya secara tepat agar hasil cetak foto semakin bagus.

4. Bahan Clot
Bahan spanduk dan banner ini sebetulnya hampir mirip dengan kain karena bisa dipakai untuk cetak banner secara digital printing. Biasanya berbagai acara sering menggunakan Banner Cloth ini untuk diikat dengan balon dan diterbangkan karena karakteristik Banner Cloth yang cenderung ringan.

Empat macam bahan spanduk di atas hanya sebagian besar bahan yang sering digunakan dalam digital printing. Masih ada jenis bahan spanduk seperti bahan spanduk kain dan lain-lain. Ke empat bahan spanduk di atas adalah bahan yang bisa dicetak pada satu jenis mesin digital printing yang menggunakan tinta solvent. Untuk jenis bahan kain hanya bisa digunakan pada mesin yang berbasis sublim atau DTG.

Sobat! Demikian sekilas ulasan mengenai jenis atau macam bahan spanduk yang perlu diketahui sebagai acuan atau referensi dalam pembuatan spanduk. Semoga bermanfaat.
Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment