Home » » Tutorial Optimasi Postingan Blog Masuk di Halaman Pertama Google

Tutorial Optimasi Postingan Blog Masuk di Halaman Pertama Google

Cara Optimasi Postingan Blog agar masuk halaman pertama google |  Sobat mungkin pernah mendengar istilah SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa kita artinya pengoptimalan mesin pencari. Maksud pengoptimalan mesin pencari ini adalah sebuah teknik seorang blogger agar postingannya muncul di halaman pertama google. Mengapa harus di halaman pertama google? karena di halaman pertama google itulah orang-orang bisa berkunjung dan membaca postingan kita. Tujuan utamanya adalah agar tulisan blog kita bisa dibaca dan dikunjungi banyak orang.


Menulis di dalam blog bagi saya sendiri tidak sebatas pada penyaluran hobi atau penyampaian ide-ide akademis atau hanya sekedar mengembangkan budaya literasi saja, melainkan jauh dari pada itu sebagai media dakwah, beramal berupa infaq atau shodaqoh pemikiran. Selagi tulisan kita di baca dan memberikan manfaat bagi yang membacanya. pahalanya akan terus mengalir sampai kita berada di alam kubur.  Jika apa yang kita tulis berupa kebaikan, maka insya Alloh kita pun akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dari apa yang kita tulis.. Coba bayangkan kalau sehari ada 3000 orang yang membaca tulisan atau postingan kita, kemudian dari tulisan itu mereka mendapatkan manfaat dan kebaikan, maka Insya Alloh kita akan termasuk pada kategori khoerunnas anfa'uhum linnas (sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Jadi media blog ini adalah media yang bisa dijadikan sebagai ladang amal, di sana kita menanamkan benih-benih kebaikan yang buahnya bisa dipanen dan dirasakan oleh banyak orang di seluruh alam jagat raya ini. Semoga dari kebaikan-kebaikan yang kita berikan melalui tulisan akan mengantarkan kita masuk Surga. Amiin Ya Rabbal A'lamiin.

Selain itu juga dengan kebaikan-kebaikan yang kita berikan melalui tulisan itu kita juga akan mendapatkan nilai-nilai kebaikan secara duniawi yaitu kebebasan financial seperti halnya pahala shodaqoh kita pun akan mendapatkan pasif income yaitu di saat kita tidak bekerja penghasilan akan tetap mengalir masuk ke kantong kita.

Karena itu jika kita ingin mendapatkan banyak kebaikan dan memberikan manfaat bagi banyak orang, maka kita harus berusaha agar apa yang kita tulis dapat ditemukan dan dibaca oleh banyak orang di seluruh jagat raya ini. Inilah pentingnya sebuah SEO.

Untuk mengoptimasi postingan blog ini setidaknya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu optimasi offpage dan onpafe. Optimasi offpage adalah upaya pengoptimalan blog di luar blog itu sendiri seperti sharing menggunakan media sosial, iklan dan sebagainya.

Sedangkan optimasi onpage adalah upaya pengoptimalan di dalam blog itu sendiri. Nah... pada tulisan ini akan difokuskan pada pembahasan optimasi onpage. Berikut adalah tutorial langkah-langkah optimasi postingan blog agar masuk di halaman pertama google diambil dari sumber 5 Cara Melibatkan SEO dalam Artikel Postingan Blog.

1. Optimasi Keyword (Kata Kunci)
Optimasi Keyword kata kunci merupakan hal yang penting dan merupakan langkah awal dalam optimasi postingan agar banyak mendatangkan pengunjung. Tanpa kata kunci yang tepat sedikit kemungkinan postingan atau tulisan kita bisa ditemukan. Karena halaman pertama google sangat ditentukan oleh ketepatan keyword yang digunakan pengunjung dengan postingan yang kita buat. Oleh karena itu sebelum kita menulis sebuah tulisan sebaiknya dilakukan riset kata kunci (research keyword) untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan para pengunjung di google.
Adapun cara untuk riset kata kunci sobat bisa menggunakan beberapa situs yang sudah tersedia secara gratis maupun berbayar antara lain :

Setelah kita mendapatkan keyword yang tepat dengan pencarian minimal 300 per bulan, langkah selanjutnya adalah menggunakan keyword tersebut dalam postingan. Adapun cara menggunakan keyword pada postingan agar lebih SEO sehingga postingan masuk pada halaman pertama google adalah sebagai berikut :
1). Gunakan Kata Kunci Pada 100 kata Pertama.
2). Gunakan Kata Kunci Tersebut pada Judul dan Sub-sub judul
3). Gunakan Kata Kunci Turunan yang relevan dengan kata kunci judul

Mengenai cara dan langkah-langkah riset kata kunci selengkapnya silahkan baca juga 4 Cara Riset Kata Kunci dengan Mudah

2. Optimasi Link atau Hyperlink
Link atau Htperlink adalah sumber acuan teks yang saling bertautan. Optimasi link ini adalah pencantuman link pada setiap tulisan yang relevan atau berkaitan baik dari postingan baru ke yang lama, atau sebaliknya. Selain itu juga menautkan link ke situs terpercaya sebagai sumber dari tulisan.

3. Optimasi URL
Optimasi URL adalah optimasi pada alamat URL yaitu alamat yang muncul di atas kolom google misal seperti ini https://www.gokasima.com/2018/11/tutorial-membuat-widget-sidebar-tetap-muncul-saat-discroll-ke-bawah.html . URL tersebut dioptimasi dengan penggunaan keyword. Alamat URL yang baik adalah alamat URL yang cukup pendek, misalkan hanya 3 kata.

4. Optimasi Gambar
Penggunaan gambar dalam blog dapat membantu optimasi SEO. Gambar memiliki peluang yang besar untuk muncul di halaman pertama google. Cara pengoptimalan Gambar agar SEO adalah dengan menggunakan gambar-gambar yang asli bukan save image atau copy paste dan juga dengan cara menyimpan gambar-gambar dengan kata kunci yang relevan.

Jika sobat menggunakan gambar dari google sebaiknya jangan di save image, akan tetapi gunakan aplikasi Lighshot , dan jangan lupa save file dengan nama kata kunci.

5. Optimasi Konten
Konten yang unik, menarik dan original merupakan modal yang terpenting agar postingan masuk ke halaman pertama mesin pencari. Oleh karena itu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten artikel adalah sebagai berikut:
1) Tulisan minimal memuat 500 kata
2) Tulisan original tidak copy paste
3). Buatlah artikel seunik mungkin, meskipun judl sama, tetapi dalam konten harus ada yang unik dan berbeda.

Nah! itulah sobat sharing mengenai cara optimasi postingan agar masuk di halaman pertama google, semoga dari tulisan ini bisa menghasilkan blogger-blogger handal. Terima kasih semoga bermanfaat.
Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment