Home » » Menikmati Indahnya Wisata Kawah dan Hangatnya Kolam Renang Cipanas Galunggung

Menikmati Indahnya Wisata Kawah dan Hangatnya Kolam Renang Cipanas Galunggung

Wisata Galunggung merupakan wisata alam pegunungan yang sudah lama dikenal dengan keindahan kawah dan hangatnya air kolam renang Cipanas Galunggung. WIsata Gunung Galunggung menjadi pilihan wisata keluarga kami di penghujung liburan sekolah dan sekaligus penghujung akhir tahun 2018. Sabtu, 29 Desember 2018 kami sekeluarga berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi, terlalu siang memang, tapi mau gimana lagi karena liburannya tidak direncanakan, ujug-ujug mantan pacar chat WA katanya, jalan-jalan yuk.., kemana say... Galunggung... emang bagus gitu? ga tahu... Tapi boleh juga tuh... karena memang ane juga sudah hampir berpuluh puluh tahun tidak pernah update wisata ke Galunggung, kalau ga salah sekitar tahun 1996 an ane pertama kali sampai ke kawah gunung Galunggung. dan sekarang tahun 2018 itung-itung update status terbaru Wisata Gunung Galunggung.



Lokasi Gunung Galunggung terletak di kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Jika sobat menempuh perjalanan dari arah Bandung-Ciawi-Rajapolah, sobat bisa menggunakan jalan alternatif belok kanan dari pertigaann Cisayong masuk ke jl. arah Singaparna, lurus nanti menemukan per empatan yang ada plang arah Gunung Galunggung. 

Lama perjalanan dari rumah yaitu start lokasi di Puteran Pagerageung dan finish di Tempat Wisata Galunggung sekitar 1.15 menit, sampai di lokasi Cipanas sekitar jam 10.15. Suasana sudah cukup ramai dan cuaca cukup panas. Pada awalnya mau ke Kawah Galunggung, cuman lihat medan jalannya yang cukup curam dan tinggi meskipun sudah aspal, tapi bagi ane driver pemula perlu berfikir dua kali dan menenangkan dulu perasaan. Perasaan takut masih kuat karena belum terlalu menguasai teknik mengendarai di tanjakan yang curam terutama dalam kondisi harus berhenti atau over gigi ke gigi 1 sekaligus. Akhirnya kuputuskan untuk masuk ke area wisata Cipanas Galunggung.

Wahana Kolam Renang Cipanas Galunggung sepertinya tidak terlalu banyak berbenah dari dulu sampai sekarang. Hal ini terlihat dengan sarana kolam renang yang kelihatan kumuh, air yang terlihat keruh. Tak terlihat ada sarana wahana bermain air seperti waterboom, perosotan dan lain-lain seperti yang ada di wahana objek wisata kolam renang yang lagi trends saat ini. Jauh kalau kita bandingkan dengan Waterpark Ampera, atau tempat-tempat wisata yang dikelola oleh swasta.


Wajar memang jika Cipanas Galunggung tidak banyak berbenah, karena tiket masuk ke wisata Galunggung sangat murah hanya membayar Rp. 7000/orang, jadi kalau bawa mobil pribadi dengan penumpang 8 orang cukup membayar Rp. 56.000, bebas gratis berrenang di kolam Cipanas sepuasnya, masuk ke lokasi kawah Galunggung juga gratis. So! bagi yang suka hitung-hitung anggaran untuk piknik lokasi wisata Galunggung ini biayanya sangat terjangkau murah meriah.



Wisata Cipanas Galunggung memanjakan pengunjung dengan air hangat yang langsung tersedia pada 3 kolam renang dengan ke dalaman yang berbeda-beda. Kolam Renang Pertama dan kedua berdampingan berada pada lokasi setelah pintu masuk. Ke dalaman air pada kolam pertama adalah 70 cm cocok untuk berrenang anak-anak. Sedangkan pada kolam renang ke dua se dalam 1.25 m khusus untuk dewasa. Adapun kolam lokasi ke tiga berada di bawah kolam ke - satu dan kedua, letaknya berada di samping ruang bilas dan ruang penitipan barang. Jadi kalau sobat masuk dari pintu gerbang harus muter dulu melewati kolam ke satu dan kedua dan masuk lewat samping ruang bilas turun ke bawah lewat tangga dan sampailah di kolam ke tiga dengan ketinggian air sedang, sekitar 1 m s/d 1,1 m.


Pada awalnya saya mengira kolam renang Cipanas Galunggung hanya itu saja.. ya hanya 3 kolam Air Panas saja, tapi ternyata setelah masuk Kawasan Cipanas Perhutani masih ada 2 kolam renang air panas lagi. Untuk masuk ke kolam air panas di Kawasan Cipanas Perhutani Galunggung ini dari kolam renang Cipanas pertama kita harus keluar dulu masuk area parkir dan pusat perbelanjaan, belok kanan menuju Plang Selamat Datang di Kawasan Wisata Cipanas Perhutani.


Saatnya Naik-naik ke Puncak Gunung Galunggung











Advertisement

loading...
Sebuah panduan yang menjelaskan langkah demi langkah memulai usaha percetakan tanpa harus punya modal perlengkapan cetak sendiri.
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment