Tebak-tebakan Matematika | Matematika Sosial | Soal Matematika Realistis |Matematika adalah hitungan eksak yang tidak boleh berbeda hasilnya dari ketentuan-ketentuan atau rumus ilmiah. Hukum penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian adalah hukum pasti bagi ilmu matematika. 1 + 1 maka jawabannya pasti 2, 2 x 2 jawabannya pasti 4, 6/2 = 3 dan seterusnya. Rumus-rumus ini tidak akan berubah dan sifatnya tetap kapan dan dimana pun.



Namun apakah dalam kehidupan rumus-rumus pasti itu bisa dipakai,,, Jawabannya pasti bisa, penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian tentu dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam jual-beli dan perdagangan. Akan tetapi di sisi lain dalam kehidupan nyata juga tidak selamanya matematika itu tepat... mari kita buktikan dengan menjawab 3 pertanyaan di bawah ini :



  1. Seekor katak mau menyebrang sungai sepanjang 100 cm, katak tersebut mampu meloncat sepanjang 20 cm dalam satu kali loncatan. Pertanyaannya, berapa kali loncatankah katak tersebut sampai ke tepi sungai?
  2. Ada 5 merpati hinggap di pohon, datanglah seorang pemburu menembaknya, mati 1 tinggal berapakah merpatinya?
Ada yang tahu jawabannya?
Jawaban Pertanyaan Nomor Satu
Berapa kali loncatan katak sampai ke tepi sungai?
Ada yang menjawab 5 kali loncatan, karena rumus matematikanya adalah 100 cm/20 cm = 5
Jawaban matematikanya betul tapi kalau jawaban dalam kenyataannya salah.
Karena jawaban yang realistis adalah hanya 2 kali loncatan.. Mengapa? karena katak jarang loncat-loncat di air seperti orang kegirangan... Ia hanya butuh meloncat satu kali ketika masuk sungai, setelah itu ia berenang dan baru meloncat lagi ketika sampai tepi sungai... benar tidak?

Jawaban Pertanyaan Nomor 2
Tinggal berapakah merpati setelah ditembak?
Jawaban matematikanya  gampang 5-1 = 4, jadi merpatinya tinggal empat..
Tapi apakah benar tinggal empat? Jawabannya salah!
Jawaban yang benar adalah 1 karena sudah pasti ke empat merpati itu terbang, yang tinggal adalah merpati yang kena tembak karena dia sudah tidak bisa terbang... betul kan?

Dari soal dan jawaban di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak selamanya permasalahan kehidupan bisa dimatematikakan,,, apalagi bab rizki tidak perlu dihitung-hitung dengan rumus matematika yang perlu adalah meningkatkan keyakinan dan ketakwaan kepada sang Maha Pemberi Rizki Allah SWT, karena Dia Maha Tahu dan Maha Mencukupi Segala Kebutuhan kita.

Kedua pertanyaan di atas seperti soal matematika dalam bentuk soal cerita, tetapi jawabannya tidak bisa menggunakan rumus matematika. Namun ada soal atau pertanyaan sebaliknya, pertanyaannya bukan soal matematika tapi jawabannya matematika.

Pertanyaannya seperti ini, Kaki kambing ada berapa? jawabannya ada 4, betul.. Kalau 3, mungkin diantara sobat ada yang menjawab ya cacat, atau pincang dan sebagainya... padahal jawabannya adalah 12, karena kalau kaki kambing ada 4, kambingnya ada 3 pasti kan jawabannya adalah 4 x 3 = 12...

Nah... bagi yang jago matematika silahlan pandai-pandailah merenung tentang matematika kehidupan..
Description
: Rumus Matematika kadang tidak Bisa dipakai dalam Kehidupan, Buktikan dengan Menjawab 3 Pertanyaan ini...
Rating
: 4.5
Reviewer
: Ujang Kusnadi
ItemReviewed
: Rumus Matematika kadang tidak Bisa dipakai dalam Kehidupan, Buktikan dengan Menjawab 3 Pertanyaan ini...
loading...