Image1

Kumpulan Ringkasan Biografi Tokoh dan Ulama

Gokasima.com | Biografi Tokoh Abdul Wahhab Khalaf, Biografi Abu Dawud As0sistani, Biografi KH. Ahmad Basyir MA, DR. AMRI AMIR

1. BIOGRAFI ABDUL WAHHAB KHALAF

ABDUL WAHHAB KHALAF, lahir Maret 1888, di daerah Kufruaiyah setelah hapal al-Qur’an kemudian ia belajar di dar al-Azhar pada tahun 1900 M. tahun 1905 lulus dari fakultas hukum Universitas al-Azhar dan diangkat menjadi pengajar di sana. Empat tahun kemudian ditugaskan menjadi direktur depertemen perwakafan, 1931 M ditetapkan sebagai ketua mahkamah Syari’ah dan pada tahun 1934 menjadi guru besar Fakultas Hukum Universitas al-Azhar Kairo. Beliau wafat pada 20 Januari 1956 dalam usia 68 tahun. Karyanya adalah Ilmu Ushul Fiqh, Mashadir fi mala hassafih dan Ijtihad birra’yi.

2. BIOGRAFI ABU DAWUD AS-SIJISTANI. 

ABU DAWUD AS-SIJISTANI, lahir tahun 202 Hijriah arau 817 Miladiyah, dengan nama nama lengkap Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy’ats bin Ishaq bin Bastir bin Syaddad din Amr bin Imran al-Aadi as-Sijistani, di kota Aad hampir kepada semua ahli hadits para hafiah hampir di semua negara Islam yang terkenal pada saat itu, yaitu tidak kurang dari 49 guru. Beliau wafat di Basrah bulan Syawal tahun 275 H atau 889 M dalam usia 73 tahun karyanya yang sangat terkenal adalah Sunan Abu Dawud, syarah Sunan Abu Dawud.

3. BIOGRAFI K.H. AHMAD BASYIR, MA (Alm.) 

K.H. AHMAD BASYIR, MA (Alm.) dilahirkan di Yogyakarta, 21 November 1928. Ia adalah alumnus perguruan Tinggi Agama Islam Yogyakarta (1956). Pada tahun 1965 ia memperoleh gelar magister dalam Islamic Studies dari Universitas Kairo. Ia menjadi dosen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta sejak tahuan 1968 sampai wafat (1994). Ia juga menjadi dosen Luar Biasa Universitas Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1968 dan aktif mengajar di berbagai Perguruan Tingi di Indonesia. Selain itu, ia terpilih menjadi ketua PP Muhamadiyah periode 1990-1995 serta secara aktif berkiprah di berbagai organisasi dan berbagai seminar Nasional dan Internasional. Karya-karyanya antara lain Ringkasan Ilmu Tafsir, Ikhtisar Ilmu Mustalah Hadits, Ikhtisar Hukum Internasional Islam dan Garis Besar Sistem ekonomi Islam.

4. BIOGRAFI DR. AMRI AMIR, DSF

DR. AMRI AMIR, DSF. Lahir di Padang tahun 1947. Ia lulus pendidikan kedokteran pada tahun 1969 dari fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan. Sekarang aktif mengajar di fakultas kedokteran USU, Medan, serta Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan fakultas kedokteran Universitas Syah Kuala (Unsyah). Mendapat brevet sebagai dokter ahli kedokteran forensik tahun 1978 dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Ia juga aktif di berbagai organisasi yaitu: Anggota Organisasi IDI, Ikatan Ahli Patologi Forensik Indonesia, Perhimpunan Hukum Kesehatan Indonesia (PERHUKI), dan Perhimpunan Profesional Rekan Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI). Karyanya adalah pengantar Hukum Kesehatan yang diterbitkan pada tahun 1992 dan Bunga Rampai Hukum Kesehatan pada tahun 1997.

5. BIOGRAFI DR. BENYAMIN LUMENTA

DR. BENYAMIN LUMENTA, lahir tahun 1938 dan lulus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 1964. Karirnya berangkat dari wajib militer pada Kodam VII/Wirabuana, lalu menjadi dokter di kota Minahasa dan RS. Cipto Mangunkusumo sampai tahun 1973. Ia pernah menjabat kepala Unit Direktorat Jendral Departemen Kesehatan, menjadi pimpinan redaksi majalah Ilmiah dan profesi kesehatan, di samping itu ia juga menjabat sebagai pimpinan perpustakaan bidang Sosiomedis. Karyanya adalah buku pasien, Peran, Citra dalam Tinjauan Sosial, masing-masing diterbitkan tahun 1989.

6. BIOGRAFI FATHURRAHMAN DJAMIL

FATHURRAHMAN DJAMIL, lahir di Sukabumi, 7 November 1960. Selain menjadi dosen tetap fakultas Syari’ah UIN “Syarif Hidayatullah” Jakarta (sejak 1986), ia juga aktif sebagai dosen tidak tetap fakultas Hukum dan menjadi Pembantu Rektor di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ia dipercaya sebagai Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam PP Muhammadiyah dan ketua Majelis Tarjih Pimpinan DKI Jakarta, karyanya antara lain adalah: “Upaya Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia” (1984), “Metode Bertarjih” (1991), Tinjauan Hukum Islam terhadap Masalah Contempe Of Court” (1994).

7. BIOGRAFI GUNAWAN WIDJAJA, S.H

GUNAWAN WIDJAJA, S.H., Lahir di Medan pada tanggal 12 Mei 1969. Masuk pada fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 1986. Lulus pada tahun 1990 dengan program spesialisasi “Hukum tentang kegiatan ekonomi”. Sejak Lulus sampai sekarang telah bekerja di berbagai grup perusahaan besar. Pernah menjabat sebagai Head of Legal pada TIGA RAKSA SATRIA GROUP, dan saat ini menjabat sebagai assistant general Manager-corporate dan Legal TIRTAMAS GROUP. Saat ini juga menjadi staf pengajar tidak tetap di Universitas Indonesia Esa Unggul di Jakarta, dan aktif memberikan ceramah pada berbagai seminar. Karyanya adalah hukum tentang perlindungan konsumen (2003).


RIO CHRISTIAWAN, SH. dilahirkan di Kediri (Jawa Timur). Gelar kesarjanaannya diperoleh pada tahun 2003 dalam waktu 2 tahun 10 bulan dengang predikat cumlaude di fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Saat ini sedang mengikuti studi lanjutan Strata 2 (S-2) ilmu Hukum. Kini aktif menjadi jurnalis dan penulis pada beberapa surat kabar harian dan tabloid di Yogyakarta, dan aktif sebagai pembicara di berbagai seminar. Karyanya adalah Aspek Hukum Kesehatan dalam upaya Medis Transplantasai Organ Tubuh (2003)

SHIDARTA, dilahirkan di Pangkal Pinang, Bangka 16 Oktober 1967. memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Taruma Negara, Jakarta (1990) dan Magister Humaniora dari Universitas dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (1994), dan gelar doktor diperoleh di Universitas Parahiyangan Bandung (2004). Sekarang aktif mengajar di Fakultas hukum Universitas Tarumanegara Jakarta. Selain ia banyak menulis jurnal, juga banyak menulis buku, antara lain: ”Dasar-dasar Filsafat” (1999), dan “Pokok-Pokok Filsafat Hukum” (2004) serta buku “Hukum perlindungan Konsumen Indonesia” (2004).


TENGKU MUHAMMAD HASBI ASH-SHIDDIEQY, lahir di Lhokseumawe, Aceh Utara 10 Maret 1904 di tengah keluarga ulama pejabat. Ia adalah orang pertama di Indonesia yang menghimbau perlunya fiqih yang berkepribadian Indonesia. Semasa hidupnya, beliau telah menulis 72 buku dan 50 artikel di bidang tafsir, hadits, fiqh, dan pedoman ibadah umum. Dalam karier akademiknya beliau memperoleh dua gelar Doktor Honoris Causa yaitu dari UNISBA Bandung pada tanggal 22 Maret dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal, setelah beberapa hari memasuki karantina haji, beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 71 tahun, dan jasad beliau dimakamkan di pemakaman keluarga IAIN Ciputat Jakarta. Karya beliau yang terakhir adalah Pedoman Haji yang kini telah banyak beredar di masyarakat luas.


BIOGRAFI TOKOH


1. Sayyid Sabiq M. Fit-Tihami
Nama lengkapnya as-Sayyid sabiq Muhammad at-Tihamij. Ia lahir dari pasangan keluarga terhormat  Sabiq Muhammad at-Tihamij dan Husna Ali Azeb di desa Istanha Mesir. Beliau menerima pendidikan pertamanya di Kuttab. Pada usia 10-11 tahun ia telah menghafal al-Quran dengan baik. Setelah itu ia langsung memasuki perguruan al-Azhar di Kairo dan di sinilah ia menyelesaikan seluruh pendidikan formalnya mulai dari tingkat dasar sampai tingkat takhasus (kejuruan). Pada tingkat akhir ini beliau memperoleh asy-Syahadah al-Aliyah (1974) ijazah tertinggi di Universitas al-Azhar kurang lebih sama dengan ijazah dotor.
Di antara guru-gurunya adalah syekh Mahmud Syaltut dan syeikh Tahir al-Dinari, keduanya dikenal sebagai ulama’ besar al-Azhar ketika itu. Beliau juga belajar kepada syeikh Mahmud Khattab pendiri al-Jam’iyyah asy-Syar’iyyah li al-‘Amilin fi al-Kitab wa as-Sunnah (perhimpunan syari’at bagi penganut al-Quran dan as-Sunnah). Sejak usia muda beliau telah  dipercaya mengemban berbgai tugas dan jabatan baik dalam bidang administrasi maupun akademi. Beliau pernah bertugas sebagai guru pada departemen Pendidikan dan Pengajaran Mesir pada tahun 1955 menjadi direktur  Lembaga Santunan di mekkah selama 2 tahun, sejak tahun 1974 hingga kini beliau mendapat tugas di Universitas Jam’iyah Umummul Qura Mekkah. Karyanya yang terbesar dan terkenal adalah Fiqh as-sunnah.

2. Sudargo Gautama
Pakar hukum di Indonesia ini, telah banyak mempengaruhi wacana ilmu hukum di Indonesia. Mempelajari hukum di negeri Belanda, sehingga tidak sedikit alur pemikirannya yang identik dengan hukum di Belanda. Karya ilmiah yang dipublikasikan sangat beragam antara lain; Hukum Perdata Internasional, Perkawinan Hukum Internasional, Pembaharuan Hukum di Indonesia, Segi-segi hukum Peraturan Perkawinan Campuran dan lainnya.
3. Bismar Siregar
            Dilahirkan di Sipirok, Sumatra Utara tahun 1982. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini banyak memperdalam ilmunya di luar negeri antara lain di Universitas Nevada, Texas, Alabama. Mulai tahun 1962-1980 menjadi ketua pengadilan Negeri di berbagai daerah. Jabatan terakhir adalah hakim agung Republik Indonesia mulai tahun 1984-1995. Beliau juga pernah menjabat sebagai jaksa, ketua pengadilan tinggi dan panitera MA. Mengajar pula di berbagai Perguruan Tinggi dan aktif di berbagai organisasi seperti ICMI, BANI, IKAHI. 

BIOGRAFI ULAMA DAN TOKOH

Al Amidi
            Lahir di kota Amidah pada tahun 551 H/1155 M dan wafat pada tahun 631 H/1234 M. Nama lengkapnya adalah Saif al Din Ali Ibn Abi Ali al Amidi. Pendidikannya diawali dengan membaca al Qur’an serta mempelajari fiqh Hanbali di kota kelahirannya. Pada usia muda, ia pergi menuntut ilmu di Baghdad. Pada tahun 592 H/1195 M al Amidi pegi ke Mesir, di sana ia mengajar di Madrasah Manazil al Izz di Fustat dan Madrasah Nasiriyyah. Saah satu karya yang terkenal adalah al Ihkam fi Usul al Ahkam.

Al Syatibi.
            Nama lengkapnya adalah Abu Ishaq Ibrahim Ibn Musa al-Garnati al-Syatibi. Tanggal dan tahun kelahiran serta latar belakang keluarganya belum banyak diketahui. Tetapi yang jelas, keluarganya berasal dari kota Syatibah di Spanyol. Oleh karena itulah, ia dikenal dengan nama al Syatibi. Pada tahun 749 H ia meninggal dunia. Syatibi termasuk seorang yang haus akan ilmu pengatahuan, oleh karena itu pula ia mau menekuni semua disiplin ilmu termasuk ilmu hadis, falak, mantiq, sastra, serta fiqh. Pemikiran-pemikirannya sangat mewarnai corak pemikiran generasi berikutnya. Karyanya yang paling terkenal adalah al Muwafaqat.

As-Syafi’i

Fazlur Rahman.
Fazlur Rahman dilahirkan pada tahun 1919 di daerah barat laut Pakistan. Ia dibesarkan dalam keluarga yang bermadzhab Hanafi, suatu madzhab fiqih yang dikenal paling rasional di antara madzhab sunni lainnya. Ketika itu anak benua Indo-Pakistan belum terpecah ke dalam dua negara merdeka, yakni India dan Pakistan. Anak benua ini terkenal  dengan para pemikir islam liberalnya, seperti Syah Wali Allah, Sir Sayyid Ali dan Iqbal.
Setelah menamatkan sekolah menengah, Rahman mengambil studi bidang sastra arab di Departeman Ketimuran pada Universitas Punjab. Pada tahun 1942, ia berhasil menyelesaikan studinya di Universitas tersebut dan menggondol gelar M. A dalam sastra Arab. Merasa tidak puas dengan pendidikan di tanah airnya, pada 1946, Rahman melanjutkan studi doktoralnya ke Oxford University, dan berhasil meraih gelar doktor filsafat pada tahun 1951. Pada masa ini seorang Rahman giat mempelajari bahasa-bahasa Barat, sehinga ia menguasai banyak bahasa. Paling tidak ia menguasai bahasa Latin, Yunani, Inggris, Perancis, Jerman, Turki, Persia, Arab dan Urdu.[4] Ia mengajar beberapa saat di Durham University, Inggris, kemudian menjabat sebagai Associate Professor of Philosophy di Islamic Studies, McGill University, Kanada.
Rahman memutuskan hijrah ke Chicago untuk menjabat sebagai guru besar dalam kajian Islam dalam segala aspeknya pada Departement of Near Eastern Languages and Civilization, University of Chicago. Bagi Rahman, tampaknya tanah airnya belum siap menyediakan lingkungan kebebasan intelektual yang bertanggungjawab.
            Ada tiga karya besar yang disusun Rahman pada periode awal: Avicenna’s Psychology (1952); Avicenna’s De Anima (1959); dan Prophecy in Islam: Philosophy and Orthodoxy (1958).

Al Gazali.
            Beliau lahir di Gazalah Khurasan pada tahun 450 H/1058 M. Di masa muda menimba ilmu dari Imam al Haramain, meski pernah menduduki jabatan penting di Hizamayyah. Ia akhirnya memilih kehidupan zuhud sampai wafatnya pada tahun 505 H/1111 M. Diantara karya-karya yang terkenal adalah Ihya Ulumuddin, al Munqib min al Dalalah, al Mustasyfafi Ilm al Usul.

Al-Asy’ari.
            Dia memiliki nama lengkap Abu Hasan Ali Asy’ari. Dia berasal dari Basrah Iraq, yang lahir pada tahun 260 H/873 M dan wafat pada tahun 324 H. al-Asy’ari muncul pada saat-saat konsolidasi paham sunnah di bidang hukum dan fiqh, dengan pembukuan hadis yang menjadi bagian mutlaknya, telah mendekati penyelarasan. Dan penampilan al-Asy’ari menambah lengkap sudah konsolidasi paham sunnah itu, yaitu dengan penalaran ortodoksnya di bidang keimanan tau’aqidah. Penalaran Asy’ari disebut ortodoks karena lebih setia kepada sumber-sumber Islam sendiri seperti al-Qur’an (kitab Allah) dan sunnah Nabi, dampak penalaran kaum Mu’tazilah (Wasil bin Ata’ pada tahun 80 H/699-131 H/ 748 M) dan para filosuf.

Derrida
            Nama lengkapnya adalah Jacques Derrida, ia lahir di El Biar, Aljir dan datang ke Perancis untuk melaksanakan tugas militernya. Ia menghabiskan waktu satu tahu di Harvard untuk menyelesaikan kesarjanaannya, dari tahun 1956-1957. dari tahun 1960-1964 ia mengajar di Sorbonne dan sejak tahun 1965 ia mengajar filsafat di Ecole Normale Superieure. Di antara karya yang terkenal adalah sebuah studi tentang Edmund Husserl, Speech and Phenomena, dua kumpulan esai, Writing and Difference dan Grammatology.

Michel Foucault (1926-1984).

            Seorang filosuf Perancis terkemuka, merupakan pemikir brilian strukturalisme epistemologi. Ia lahir di Poiter dan belajar di bawah bimbingan Althusse di Ecole Normale Superieure, dan memegang sejumlah jabatan akademik sebelum dia menjadi guru besar di College De France. Karya yang paling monumental adalah L’archeologie Du Savoir (Arkeologi Pengetahuan) dan Les Mots Et Les Choses (Kata-kata dan Sesuatu). 

Biografi Ulama dan Tokoh

1.      Imam Hanafi
Beliau dilahirkan pada tahun 80 hijriah dan meninggal dunia di Baghdad pada tahun 150 hijriah. Beliau belajar di Kuffah, kemudian mengembangkan ilmu pengetahuan di Baghdad. Beliau terkenal sebagai ulama yang mahir dalam ilmu Fiqih.

2.      Imam Maliki.
Nama lengkapnya adalah Malik bin Anas al-Ashbahi, dilahirkan pada tahun 93 hijriah, dan meninggal dunia pada bulan safar tahun 170 hijriah. Beliau belajar di Madinah dan disana pula beliau menulis kitab al-Muwatha’. Selain itu pemikiran beliau tentang sumber penetapan hukum ada empat hal yaitu al-Qur’an, al-Hadits, Ijma’ dan Qiyas.

3.      Imam Syafi’i
Nama lengkapnya Muhammad bin Idris asy-Syafi’i. Beliau dilahirkan di Khuzzah pada tahun 150 hijriah dan meninggal dunia di Mesir pada tahun 204 hijriah. Karyanya yang cukup terkenal adalah ar-Risalah dan al-Umm.

4.      Imam Hanbali
Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Hanbal bin Hilal. Beliau dilahirkan di Baghdad dan meninggal dunia pada hari jum’at tanggal 12 rabi’ul awwal athun 241 hijriah.

5.      Imam al-Bukhori.
Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail ibn Ibrahim bin Mugirah bin Bardizbah yang kemudian terkenal dengan nama Bukhari yang diambil dari tempat kelahirannya. Beliau dibesarkan oleh ibunya dalam keadaan yatim, namun sejak kecil kecerdasan serta hapalannya telah terlihat. Pada usia 16 tahun beliau telah menguasai pendapat para ahli fikr, lengkap dengan pokok-pokok pikiran maupun mazhabnya.. Adapun salah satu karyanya adalah at-tarikh al-kabir. beliau wafat dalam usia 62 tahun dimakamkan di Samarkand.

6.      Wahbah az-Zuhaili.
Nama lengkapnya adalah Wahbah Mustafa az-Zuhaili, beliau dilahirkan dikota Dar Atiyah bagian Damaskus pada tahun 1923. Beliau belajar di Fakultas as-Syari’ah di Universitas al-Azhar Kairo cengan memperoleh ijazah tertinggi pada peringkat pertama tahun 1956. Beliau mendapat gelar Lc  dari Universitas ‘Ain Syam denagn predikat jayyid pada tahun 1957, selain itu beliau juga mendapat gelar pada Diploma Mazhab asy-Syari’ah (M.A) tahun 1959 dari Fakultas Hukum Universitas al-Qahirah, kemudian gelar Doktor pada hukum (asy-Syariah al- Islamiyah) dicapai pada tahun 1963. Pada tahun yang sama pula beliau dinobatkan sebagai dosen (mudarris) di Universitas Damaskus. Spesifikasi keilmuannya adalah di bidang Fiqh dan Ushul Fiqh al-Islami. Adapun karyanya antar lain Al-Wasit fi Usul Fiqh, Al-Fiqh al-Islami fi Uslubihi al-Jadid, Al-Fiqh al- Islami wa Adillatuhu, Tafsir al-Munir al-Aqidah wa asy-syariah wa al-manhaj.

7.      Abul Wahab Khalaf.
Abdul Wahab Khalaf dilahirkan di Mesir pada bulan Maret 1888. Setelah menghapal al-Qur’an beliau belajar di al-Azhar pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 1915 menyelesaikan sekolah di al-Qada’u asy-Syar’iy. Pada tahun yang sama pula beliau diangkat menjadi guru pada sekolah yang sama. Pada tahun 1919 beliau bergabung dalam pergolakan revolusi sehingga harus meninggalkan sekolahnya. Pada tahun 1920 beliau diangkat menjadi Qadi di Mahkamah Syar’iyyah. Setelah itu beliau menjadi sebagai Mudir bagi masjid-masjid yang berada dibawah kementrian wakaf. pada tahun 1924 hingga beliau diangkat menjadi seorang Mufattisy di Mahkamah Syar’iyyah pada pertengahan tahun 1931. Pada awal tahun 1934 diangkat menjadi dosen di Universitas Kairo dan dipercaya sebagai ustaz mata kuliah Syar’iyyah Islamiyah pada tahun 1938 disamping itu beliau sering mengadakan kunjungan ke negara- Negara Arab untuk meneliti dan mengikuti seminar-seminar, sehingga beliau terkenal dengan pengembara yang sukses. Beliau juga terpilih menjadi anggota perkumpulan Bahasa Arab dan menjadi perintis pada penyusunan mu’jam al-Qur’an. Karya-karya beliau adalah Usul al-Fiqh, Ahkam al-Ahwal asy-Syakhsiyyah, as-siyasat asy-Syar’iyyah dan Nur min al-Islam (Tafsir). Beiau wafat pada hari jumat tanggal 20 Januari 1956.

8.      Ir. H. Rahmat Rukmana, MBA, M. Sc.
Lahir 14 Januari 1957 di Ciamis, Jawa Barat merupakan alumnus Fakultas Pertanian Universitas Bandung Raya ( UNBAR) jurusan Budi Daya Pertanian. Karirnya dimulai sebagai Kasubsi Lapangan (1979), Kasubsi Siswa & Alumni (1980-1981), Kasubsi Kokurikuler (1983-1986), Kasi Pengajaran (1987-1997), Kasubag. Tata Usaha (1997-1998). Kini menjadi staf Pengajar di SPP Maja, Majalengka sekaligus menjabat PLT Kepala Sekolah, sejak Maret 1998. Beliau juga sering menulis artikel pertanian di berbagai media massa dan aktif membantu penelitian di bidang pertanian di Balitsa, Lembang, beberapa perguruan tinggi dan perusahaan pertanian di kebun praktek SPP Maja. Diantara karya-karyanya adalah buku tentang Rempah-Rempah, sayur-sayuran, buah-buahan,tanaman hias dan bunga potong, tanaman pangan, pembibitan tanaman, perlindungan tanaman, konservasi sumber daya alam dan lain-lain yang berhubungan dengan pertanian.

9.      Rony Palungkun.

Dilahirkan di kota Palu, Sulawesi Tengah pada tanggal 5 Maret 1964. SD dan SMP diselesaikan di Palu, sedangkan SMA diselesaikan di Ujungpandang, Sulawesi Selatan. Ia melanjutkan pendidikannya pada Fakultas pertanian Universitas Tadaluko, Palu dengan meraih gelar sarjana pada tahun 1989. Karyanya antara lain, Sukses Beternak Cacing Tanah Lumbricus Rubellus, Bawang Putih Dataran Rendah, Budidaya dan Prospek Bisnis Bekicot, Cacing Tanah, Hama Penyakit Sayur dan Palawija, Agribisnis Tanaman Sayur, Sayur Komersial, Sweet Corn, Menghijaukan Ruangan, serta Aneka Produk Olahan Kelapa. 

BIOGRAFI ULAMA


1.      IMAM MUSLIM
Imam Muslim adalah salah seorang pakar hadis yang terkenal. Nama lengkapnya adalah Abu> al-H{usain Muslim ibn al-H{ajja>j al-Qusyairi an-Naisabu>ri. Ia menyusun kitab S{ah{i>h{ Muslim.. Kitab ini disusun setelah beliau  mempelajari kitab S{ah{i>h{ al-Bukha>ri, sehingga penyusunannya dipengaruhi oleh metodologi yang digunakan al-Bukha>ri. Demikian juga kriteria yang digunakan untuk menilai kes{ahihan suatu hadis. Namun, ada satu perbedaan mendasar, yaitu kalau al-Bukha>ri, antara seorang perawi dan perawi sebelumnya harus hidup semasa dan bertemu, sementara Muslim hanya mensyaratkan semasa saja dan tidak harus bertemu.

2.      Imam Tirmiz|i>
Nama lengkapnya adalah Abu> Isa Muhammad Ibn Mu>sa Dahhak as Sula>ni al Ba>qi. Ia Lahir di Termez, Tajikistan pada tahun 209 H dan wafat pada tahun 297 H. Beliau merupakan seorang ilmuwan Islam yang sangat tekenal, ia merupakan pengumpul hadits quranic (standar buku). Sebagai seoran ahli hadits beliau mendapatkan predikat ts|iqat (terpercaya). Dalam bidang hadits, ia merupakan murid dari Ima>m Bukho>ri. Banyak dari pendapat Ima>m Bukho>ri tentang nilai hadits yang ditampilkan dalam karya-karyanya seperti sunan Tirmizi atau Jami’at Tirmizi dan kitab hadits ini menduduki peringkat ke empat di antara kitab-kitab shaheh.

3.      Yusuf al-Qardawi

Yusuf al-Qara>d{a>wi, nama lengkapnya adalah Muhammad Yusuf al Qara>d{a>wi dilahirkan di desa S{\arft{ , T{urab, Mesir, pada tanggal 9 september 1926, beliau berasal dari keluarga yang taat beragama, sehingga belum genap usia 10 tahun telah dapat menghafalkan Al-Quran secara fasih. Beliau merupkan ulama yang sangat produktif dalam menghasilkan tulisan maka tak heran sekiranya beliau mendapat predikat seorang mufti islam dewasa ini. Diantara karya-karyanya antara lain: al-H{ala>l wal H{aram Fi> al- Isla>m, Fiqh az\-Z\akah (yang merupakan desertasi doktornya di universitas al –Azhar)Musyki al-Faqz Wa Kaifa 'alajaha al-Isla>m, al- Ijtihad Fi> asy-Syari>ah al-Isla>miyah Ma>'a Nazara>t Tahliliyah Fi>  al-Ijtiha>d al-Mua>sir


Masri Singarimbun

Lahir di tanah Karo (1931), adalah dosen dan mantan Kepala Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Memperoleh gelar BA pada fakultas Pedagogik UGM (1959) dan Ph.D di bidang antropologi sosial pada Australian National Univercity (1966). Tahun 1968-1973 sebagai Research Fellow pada Departement of Demography. Tahun 1977-1983 menjadi anggota Board of Trustees dari The Population Council, New York dan selanjutnya sebagai Consulting Senior Assosiate pada badan yang sama. Sejak tahun 1984 menjadi anggota Dewan Riset Nasional. Aktif mengikuti kegiatan ilmiah di dalam dan luar negeri serta menulis beberapa buku antara lain: Kinship, Descend and Alliance among the Karo Batak (1975), Penduduk dan Kemiskinan: Kasus Sriharjo di Pedesaan Jawa (bersama D.H Penny, 1976), Liku-liku Penurunan Kelahiran (Ed, 1978), Kelangsungan Hidup anak: Bergaia Teori, Pendekatan dan Kebijaksanaan (Ed, 1988).

Muhamad


Beliau lahir di Pati pada tanggal 10 April 1966. Gelar kesarjanaanya diraih di  Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 1990, sedangkan gelar Master Ekonomi Islam diraih di Magiser Studi Islam, UII pada tahun 2000. Sekarang sedang menyelesaikan program Doktor Ilmu Ekonomi di UII. Karya ilmiah buku beliau diantaranya, Prinsip Akuntansi Dalam Al-Qur’an, Lembaga Keuangan Umat Kontemporer, Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah, Teknik Perhitungan Bagi Hasil, Pengantar Akuntansi Syari’ah, Kebijakan Fiskal dan Moneter Dalam Ekonomi Islam, Zakat Profesi: Wacana Telaah Fiqh Kontemporer, dan Visi Al-Qur’an tentang Etika dan Bisnis. Aktivitas lain beliau adalah aktif memberikan seminar tentang perbankan dan Bank Islam, Dewan Pengembangan Badan Amil Zakat Provinsi DIY, dan pengembangan manajemen Lembaga Amil Zakat Hidayatullah.

Muhammad Syafi’I Antonio


Beliau lahir di Sukabumi pada tanggal 12 Mei 1967. Tahun 1986 setelah menamatkan pendidikan SLTA, beliau melanjutkan studinya di Fakultas Syariah University of Jordan dengan mengambil kuliah tambahan dalam bidang ekonomi dan statistik. Pada tahun 1990, beliau mengikuti Program Master of Economics (Banking & Finance) di Fakultas Ekonomi, International Islamic University, Malaysia. Tulisan-tulisan yang telah diterbitkan antara lain Al Mudharabah Wa Dauruha fil Istitsmar, Islamic Economics and Scientific Revolution: searching for a new paradigm, Produk-Produk Syariah dan Kemungkinan Penerapannya Dalam Sistem Perbankan Islam, Islamic Bank and The Investment of Zakat Fund, dan Prinsip Operasional Bank Islam.

Philip Kotler
Beliau adalah salah satu otoritas terkemuka dunia dalam pemasaran. Beliau adalah S.C Johnson & Son Distinguished Professor of International Marketing di Kellogg Graduate School of Management, Nortwestern University dan beliau  menerima gelar masternya dari University of Chicago dan Ph.D nya dari M.I.T., dalam bidang ekonomi. Buku Strategic Marketing for Nonprofit Organization, yang kini telah memasuki edisi lima, adalah best seller dalam bidang pemasaran. Pada tahun 1978, beliau menerima Paul D. Converse Award yang diberikan oleh American Marketing Association untuk menghormati “kontribusi yang luar biasa bagi ilmu pengetahuan dalam pemasaran”. Pada tahun 1983, beliau menerima Steuart Henderson Britt Award sebagai Marketer of the Year. Pada tahun 1985, beliau terpilih sebagai penerima pertama Distringuished Marketing Educator Award, sebuah penghargaan baru yang diprakasai oleh American Marketing Association. Dalam tahun yang sama, Academy for Health Services Marketing memprakasai Philip Kotler Award for Excellence in Health Care Marketing dan menominasikannya sebagai penerima pertama. Beliau juga menerima Prize for Marketing Excellence yang diberikan oleh European Association of Marketing Consultants and Sales Trainer. Pada tahun 1989 beliau menerima Charles Coolidge Parlin Award, yang setiap tahun memberi penghargaan pada pemimpin dalam bidang pemasaran yang berprestasi. Pada tahun 1995, beliau menerima Marketing Educator of the Year Award dari Sales and Marketing Executives International. Beliau juga mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari DePaul University of Zurich, dan Athens University of Economics and Bussiness.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Ringkasan Biografi Tokoh dan Ulama"

Post a Comment