Image1

Tutorial Cara Memperbaiki Kabel Head Mesin Digital Printing dengan Mudah dan Aman

Gokasima.com | Cara Memperbaiki Kabel Head Mesin Spanduk | Cara Memotong Kabel Fleksibel Head | Kabel head mesin digital printing atau kabel head printer biasa sangat berbeda dengan kabel listrik biasa. Kabel head printer sangat tipis dan memiliki kulit luar yang tidak mudah lepas, sehingga memperbaikinya pun sedikit sulit dan membutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Pada awalnya saya pun sempat mengira kabel flexibel head ini tidak bisa diperbaiki kalau rusak ya harus ganti. Namun melihat harganya yang cukup mahal, saya sempat beli kabel flexibel untuk head DX5 mesin ecojet harga satuannya Rp. 300.000 kalau 4 head 1.200.000, apalagi kalau headnya 8 silahkan hitung sendiri deh yang jelas menurut ane sih mahal meskipun untuk mesin spanduk tertentu ada yang harga Rp. 50.000 tetap saja  mahal dan tentunga kalau masih bisa diperbaiki itu lebih baik.


Saya coba browsing di mbah google ternyata masih sedikit yang membahas cara memperbaiki kabel head mesin digital printing. Hasil penelusuran hampir kebanyakan caranya adalah dengan menggunakan ujung cutter atau pisau pemotong. Saya pun telah mencobanya, namun cara ini berresiko terhadap terkelupasnya tembaga head atau putus dan hasilnya tidak rapi. Saya pun mengalaminya dan ketika dipasang pada head hasilnya tinta masih tetap tidak sempurna atau tidak stabil. Hal ini kemungkinan kabel fleksibel ada yang konslet atau bermasalah. Meskipun pernah juga berhasil.

Saya pun sempat mencari di google apakah ada alat khusus untuk memotong kabel head seperti alat pemotong LAN atau lainnya dan ternyata tidak menemukan. Mungkin memang alat ini tidak disediakan alat pemotong khusus dari pabriknya sehingga membutuhkan kreatifitas.

Kalau sobat mau menggunakan cutter untuk mengelupas kabel head print, sobat harus ekstra hati-hati dan lakukan di tempat yang terang agar terlihat hasil kupasannya untuk memastikan apakah kabel tembaga fleksibel sempurna tidak ada yang terpotong? Namun jika sobat menginginkan cara yang lebih mudah dan aman, silahkan ikuti tutorial di bawah ini!

Cara Mudah dan Aman Memperbaiki Kabel Fleksibel Head Mesin Spanduk yang rusak

Berdasarkan pengalaman cara memperbaiki kabel head print yang sedikit mudah dan aman adalah dengan menggunakan amplas. Amplas ini tersedia di toko-toko bangunan. Sebelum kepada teknis sediakan peralatan berikut ini : 

1. Belilah 2 jenis amplas yang 1 amplas kasar dan 1 amplas halus. 

2. Sediakan Gelas atau benda yang permukaan nya bundar seperti gagang sapu


Berikut adalah tutorial cara memperbaiki kabel head yang rusak  :

  1. Letakkan kabel head melingkar di atas gelas
  2. Gosok Bagian Ujung kabel dengan amplas kasar secara perlahan
  3. Jika kulit kabel sudah terkelupas dan tembaganya sudah terlihat, gosok dengan amplas halus untuk merapikan bagian tembaga yang terlihat.
  4. Teliti kembali jangan sampai ada tembaga yang belum terkupas
Untuk tutorial lengkapnya silahkan tonton video ini di Youtobe, jangan lupa subcribe and share.


Demikian tutorial cara memotong atau memperbaiki kabel fleksibel head mesin digital printing. Cara ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kabel fleksibel printer. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Memperbaiki Kabel Head Mesin Digital Printing dengan Mudah dan Aman"

Post a Comment