Image1

Blogger Indonesia Itu Harus Seorang Penyabar Kuncinya adalah Ikhlas dan Tawakal

Gokasima.comMenghasilkan uang dari blog mungkin adalah impian kebanyakan orang, namun di saat segala daya dan upaya telah dilakukan kuncinya adalah ikhlas dan bertawakkal. Saya adalah termasuk newbie blogger yang bersusah payah selalu berusaha untuk meningkatkan penghasilan dari google adsense. Berbagai artikel yang berkaitan dengan blogger dan google adsense sudah saya baca satu-persatu. Berbagai tutorial pun sudah dipraktekkan sesuai dengan petunjuk para mastah tentang cara meninggatkan pendapatan adsense, cara meningkatkan cpc adsense, cara mengatasi cpc turun dan lain sebagainya termasuk cara meningkatkan traffik blog.

Berbagai eksperimen saya lakukan dengan balance saldo iklan, dengan prosentase yang berbeda-beda. Al-hasil pendapatan  GA saya hanya berubah sedikit-sedikit kadang naik, kadang turun, dan kebanyakannya mengalami penurunan seperti saat postingan ini dibuat penghasilan adsense saya sagat jeblog dengan CPC yang sangat rendah.

Padahal sebulan yang lalu tepatnya di akhir tahun saya sempat mendapatkan kegembiaraan dan harapan bisa meningkatkan iklan adsense dengan kenaikan sebesar 14 % sebagaimana dalam notifikasi laporan adsense.


Pada awal tahun sekitar tanggal 1 sd 15 januari 2020 CPC saya naik dengan rata-rata penghasila 1$ per hari. Namun mulai tanggal 16 sd sekarang saat postingan ini dibuat yaitu tagl 21 Januari 2020 CPC saya anjlok dengan penghasilan per hari hanya berkisar 0.2 sd 0.4$. Tentu kondisi ini melemahkan harapan saya untuk bisa meningkatkan penghasilan adsense setiap bulannya. Hitung-hitungan saya seandainya penghasilan adsense saya stabil 1$ per hari berarti untuk mendapatkan 100$ bisa cukup hanya menunggu 3 atau 4 bulan tidak seperti sebelumnya selama 6 atau 7 bulan.baru bisa cair.

Saya pun sempat kecewa, males bikin postingan, dan sempat berfikir untuk meninggalkan blog sementara waktu, karena saya merasa setiap malam begadang membuat 1 postingan, tapi hasilnya belum sesuai harapan. Masa sih postingan 1240 dengan traffik per hari rata-rata 1500 hanya dapat 0.2 sd 0.4$.

Namun setelah dipikir dibolak-balik, saya yakin ini adalah jatah rizki saya yang Alloh SWT siapkan melalui Adsense. Alloh Maha Tahu akan kebutuhan saya, dan kerja keras saya yang mungkin belum maksimal dalam pandangan Alloh SWT. dan  hal saya pun menyadari yang terpenting adalah proses berusaha bukan hasil, karena Alloh SWT tidak pernah menilai hasil, melainkan prosesnya. Jika sudah berusaha dengan maksimal maka tawakkal lah jalan yang terbaik. Belajar ikhlas dalam melakukan pekerjaan blogger, niatkanlah ibadah bukan hanya sekedar mendapatkan penghasilan. Jangan lupa berdol'a dan perbanyak sedekah. Biarlah penghasilan sedikit yang penting berkah buat keluarga kita.

Wallohu A'lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blogger Indonesia Itu Harus Seorang Penyabar Kuncinya adalah Ikhlas dan Tawakal"

Post a Comment