Image1

Mengenal Berbagai Ukuran Kertas untuk Kebutuhan Percetakan dan Perkantoran

Gokasima.com | Berapa ukuran kertas A4? berapa ukuran kertas f4? Ukuran A3, A3+, ukuran A0? Ukuran B5 dan seterusnya.  Pertanyaan-pertanyaan seputar ukuran kertas tersebut bisa jadi sering kita dengar dan kita tahu jawabannya. Tetapi ketika kita ditanya, terkadang ada keraguan ukuran pastinya misal berapa ukuran kertas A4, jawabannya mungkin ragu apakah 21 x 29 atau 2.5 x 29 atau berapa pas nya yah... kan kalau tidak salah ada komanya deh. Apalagi kalau ditanya ukuran kertas yang jarang dipakai seperti ukuran A0 atau A1 pasti lebih bingung kan?


Nah biar ga bingung dan mendapatkan ukuran pasti, postingan kali ini akan membahas berbagai ukuran kertas dan kegunaannya. Kami akan membahasnya dari ukuran yang sering banyak dipakai atau sering digunakan.

Kaitannya dengan kertas, kita juga sering mendengar istilah kertas HVS untuk ukuran A4 dan F4, nah sebenarnya apa sih maksud dari kertas HVS itu? dalam kamus vendorpedia HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS  dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

Kertas HVS merupakan kertas tulis berkualitas tinggi yang muncul dengan berbagai ukuran. Baik ukuran dimensi (pxl) maupun ukuran berat. Di Indonesia kertas HVS biasanya di produksi dengan 3 tingkat ukuran berat yaitu 60 gr, 70 gr dan 80 gr. Sementara ukuran dimensi kertas HVS biasanya di buat dalam 2 pilihan, yaitu kertas HVS ukuran Kuarto dan kertas HVS ukuran Folio.

1. Kertas HVS A4

a. Berapa Ukuran Kertas HVS A4?

Ukuran Kertas A4 tepatnya dapat dilihat pada sampul kertas per rim. Kalau sobat belinya lembaran pastinya tidak ada sampul kertasnya paling juga dimasukkin plastik kan.. jadinya sobat tidak tahu berapa ukuran kertas A4. Makanya belinya jangan lembaran dong, biar keren yah belinya 1 rim biar ada sampul dan ukurannya. Ukuran kertas A4 yang ada di dalam sampul kertas 1 rim adalah 29.7 x 21 cm atau 297 mm x 210mm.  Nah itu jawaban dari berapa ukuran kertas A4

b. Kertas HVS A4 untuk apa saja?

Setelah sobat tahu ukuran kertas A4 sekarang kertas A4 itu biasa digunakan untuk apa yah? Sebenarnya sih masalah kegunaan kertas ukuran A4 ini flexybel mau dipakai apa saja bisa sesuai kebutuhan yang memungkinkan menggunakan ukuran A4.

Namun bagi kalangan akademik ukuran kertas A4 kebanyakan dipakai untuk print skripsi atau karya ilmiyah lainnya. Rata-rata kampus memberikan aturan khusus dalam pembuatan karya Ilmiah seperti skripsi, tesis dan disertasi yaitu dengan menggunakan kertas A4.

2. Kertas HVS F4

a. Berapa Ukuran Kertas F4?
Sama seperti halnya kertas A4 ukuran kertas F4 terdapat pada sampul kertas 1 rim atau 1 box. Ukuran kertas F4 yang tercantum dalam sampul kertas HVS F4 tersebut adalah 21.5 x 33 cm atau 215 mm x 330 mm.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Berbagai Ukuran Kertas untuk Kebutuhan Percetakan dan Perkantoran"

Post a Comment