Image1

Syaithan Milenial di Era Digital, Strrategi Godaan yang Menyesatkan Bagi Generasi Manusia Milenial

Gokasima.com | Halo sobat! Postingan kali ini mungkin sedikit nyeleneh yah... gpp kan? biar seru sedikit tidak tegang melulu apalagi tukang desain yang kesehariannya berimaginasi.. Nah sobat postingan kali ini seperti bersifat mistis, tapi ga usah takut ya! Ga sereum kok, malah bikin senyum sedikit lho karena syaitannya pun imut-imut tidak amit-amit. Lagian siapa sih yang mau ngebahas syaithan.

Sobat! Tulisan ini hanyalah bersifat subjektif bukan hasil dari sebuah penelitian, makanya tidak perlu diperdebatkan atau nyinyir, tersinggung, dan sebagainya. Tulisan ini hanya sebuah kekhawatiran saya pribadi terhadap generasi saat ini untuk masa yang akan datang. Sobat pasti tahu kan bagaimana dampak teknologi terhadap tatanan kehidupan generasi saat ini ? Di satu sisi berdampak positif terutama pada tatanan kehidupan ekonomi, di satu sisi melemahkan tatanan etika dan moral dalam peradaban. Baik atau tidaknya peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari tatanan nilai dan pendidikan bukan dari tatanan kehidupan ekonomi.

Banyak negara yang ekonominya maju tapi peradabannya tidak baik. Sama halnya ketika zaman pra Islam, kehidupan bangsa Arab pada saat itu sangat maju dari segi ekonomi namun jahiliyah dari segi peradaban.


Saat ini kita merasakan segala sesuatu sangat mudah, transportasi, telekomunikasi, perdagangan dan lain sebagainya. Namun dibalik berbagai kemudahan tersebut banyak hal berharga yang hilang. Apa itu? jawabannya tentu tergantung persepsi dan pengalaman masing-masing. Hanya saja saya sendiri ingin berbagi sudut pandang dari beberapa pertanyaan dan pengalaman sebagai berikut :

Apakah Generasi Sekarang Lebih Baik dari Generasi Tempo doeloe?

Pertanyaan di atas mencakup beberapa indikator peradaban meliputi pendidikan, moral, ekonomi, kebangsaan dan lain-lain.
  1. Pendidikan; apakah pendidikan generasi sekarang lebih baik dari pendidikan generasi tempo doeloe?
  2. Etika; Apakah etika atau moral generasi sekarang lebih baik dari generasi tempo doeloe?
  3. Nasionalisme; apakah nasionalisme generasi sekarang lebih baik dari generasi tempo doeloe?

Yuk... sama-sama berpikir dan memberikan jawaban yah... dan jawaban saya sendiri kebanyakannya adalah tidak. Mengapa? ini alasan jawaban saya sebagai berikut :

1. Pendidikan Generasi Millenial

Pada era sekarang pendidikan memiliki aturan yang mengedepankan formalitas bukan kualitas. Contoh adanya Kriteria Kelulusan yang tidak rasional dan dipaksa berdasarkan aturan sehingga guru tidak objektif memberikan penilaian kepada siswa. KKM menurut saya tidak perlu atau setidaknya rasional pada mapel tertentu. Hal yang harus diperhatian bahwa setiap anak mempunyai potensi dan minat yang berbeda-beda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syaithan Milenial di Era Digital, Strrategi Godaan yang Menyesatkan Bagi Generasi Manusia Milenial"

Post a Comment