Image1

2 Aplikasi yang Paling Cocok untuk Desain Spanduk


Gokasima.com | Halo Sobat! Semoga kabar baik semuanya yah...Selamat datang di blog Kasima Grafika Digital Printing layanan online cetak spanduk, banner, baliho, stiker dan lain-lain. Senang jika kami bisa selalu menjawab kebutuhan sobat-sobat semua. baik itu kebutuhan yang sifatnya order ataupun yang sifatnya softfile dan informasi.

Seperti postingan ini bersifat informasi siapa tahu sobat ada yang membutuhkan informasi tentang aplikasi yang biasa dipakai untuk desain spanduk. Judul 2 aplikasi yang paling cocok untuk desain spanduk ini diposting berdasarkan studi kasus di percetakan Kasima Grafika, yaitu masih banyak orang yang mau cetak spanduk tetapi ukuran desainnya tidak pas, tidak bisa diedit, hasilnya pecah dan sebagainya. Ketika ditanya desainnya pakai program apa? rata-rata menjawab menggunakan aplikasi di HP.

Apakah bisa desain spanduk menggunakan HP?

Jawabannya pasti bisa kalau pertanyaannya tertuju pada desainnya bukan pada cetak spanduknya, Sekarang sudah banyak aplikasi desain di HP seperti adobe photoshop express, desygner dan sebagainya yang memanjakan para pengguna gadget untuk mendesain, mengedit gambar suka-suka untuk diposting di facebook atau hanya sekedar ganti status. Dengan aplikasi desain yang simpel dan mudah tidak sedikit pencinta gadget yang gaptek pun menjadi mahir dalam desain atau editing. Hasilnya banyak kita dapatkan memey memey lucu, atau gambar-gambar lucu hasil editan hp.

Apakah bisa cetak spanduk hasil desain di HP?

Untuk pertanyaan ini jawabannya bisa iya bisa tidak. Desain dari HP terkadang ada juga yang resolusinya tinggi sehingga kualitas gambar tidak pudar ketika dibesarkan. Desain seperti ini bisa saja dicetak, tetapi hasilnya tetap kurang maksimal baik dari warna maupun ketajaman gambar. Selain resolusi desain, ukuran juga menentukan bisa atau tidaknya desain dari HP dicetak. Karena jika ukuran desainnya sembarang sedangkan ukuran cetak spanduknya ditentukan maka akan mengakibatkan gambar menjadi tidak seimbang alias penyon. Misal desain dari HP ukurannya 1 m x 1 m mau dicetak pada bahan spanduk 3 x 1, dipaksa ditarik, jadinya seperti apa yah... apalag ada photo artis..... pasti deh jadniya jelek sekali.

Oleh karena itu khusus untuk desain spanduk sebaiknya jangan menggunakan HP, tetapi pakailah laptop atau PC dengan aplikasi desain yang sudah handal dan populer yang akan di bahas di bawah ini :

Aplikasi yang Tepat Untuk Desain Spanduk

Berdasarkan pengalaman program Corel Draw dan Photoshop merupakan dua aplikasi yang paling cocok untuk desain spanduk. Hampir setiap percetakan menggunakan kedua software tersebut termasuk Kasima Grafika Digital Printing. Mengapa Corel Draw dan Adobe Photoshop dianggap paling pas untuk desain spanduk? Inilah penjelasannya.

1. Corel Draw



Corel Draw adalah sebuah software yang dirancang khusus untuk mengolah gambar, meminjam istilah lain Corel Draw merupakan sebuah program komputer editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada. Secara umum, Corel Draw (ditulis:CorelDraw) berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi (salamadian,com)

CorelDraw dianggap cocok untuk desain spanduk, karena memudahkan dalam setting ukuran yang disesuaikan dengan ukuran spanduk. Selain itu juga Corel Draw bisa menyimpan file ke format Tiff yaitu format khusus agar desain saat dicetak tidak pecah dengan kualitas warna yang optimal.

2. Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.

Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) sebagai perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama Adobe Acrobat, photoshop juga merupakan produk produksi terbaik dari Adobe Systems.

Bagi sebagian orang yang suka ngotak-ngatik photoshop, desain spanduk akan terasa lebih mudah dengan software ini. Selain bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus, juga memudahkan mengedit gambar atau photo, jika spanduk tersebut banyak content gambar.

Kelemahan program Adobe Photoshop untuk desain spanduk adalah sulitnya mengatur ukuran spanduk panjang x lebar sesuai dengan kebutuhan. Terkadang settingan ukuran di photoshop ketika mau dicetak kadang lebih kecil atau lebih besar.

Mudah Mana Desain Spanduk dengan Corel atau Photoshop?

Masalah mudah atau sulit itu relatif tidak bisa dijadikan patokan bagi seseorang. Hal ini dikarenakan berkaitan erat dengan habit atau kebiasaan. Hal yang menurut kita sulit belum tentu bagi orang yang sudah terbiasa melakukan hal itu. Sama halnya dengan desain spanduk bagi orang yang sudah terbiasa dengan Corel Draw akan mengatakan bahwa desain spanduk itu mudah dengan program corel draw, akan tetapi hal ini akan dianggap sulit oleh orang yang terbiasa dengan menggunakan adobe photoshop.

Kesimpulannya silahkan pelajari kedua aplikasi desain tersebut dan pilihlah yang dianggap gampang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Aplikasi yang Paling Cocok untuk Desain Spanduk"

Post a Comment