Home » » Tutorial Cara Membuat Desain Banner atau Spanduk dengan Menggunakan Corel Draw

Tutorial Cara Membuat Desain Banner atau Spanduk dengan Menggunakan Corel Draw

Bagaimana cara membuat desain spanduk? Cara membuat desain spanduk yaitu dengan menggunakan program aplikasi desain seperti Corel Draw atau Photoshop. Kedua aplikasi ini adalah aplikasi khusus desain yang sudah dikenal secara umum. Desain spanduk dengan menggunakan adobe photoshop atau corel sangatlah mudah, tanpa kursus pun atau autodidak juga bisa yang penting ada kemauan. Kata pepatah, kalau ada kemauan pasti ada jalan... Nah gitu yang penting mau bisa dulu, mau belajar, mau mencoba, mau salah atau disalahin pokoknyya mau dan pasti bisa. Ingat yah jampi-jampi kang Aher waktu nyalon Gubernur "Sabisa-bisa kudu bisa, dan pasti bisa".


Kedua program aplikasi yaitu corel dan photoshop memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kalau versi ane sih enakkah di Corel Draw, editingnya lebih mudah dibanding photoshop tanpa harus klak klik layer yang mau diedit. Selain itu juga kalau di photoshop membutuhkan spek komputer atau laptop yang support desain alias speknya bagus antara processor dan vga nya harus yang spesial seperti Processor Core I5 VGA 2 GB, yah harganya sekitar Rp. 5 jt an.

Membuat desain di photoshop versi saya kalau buka photo atau gambar yang bagus kalau tidak didukung dengan spek PC atau laptop yang bagus kemungkinannya banyak not responding dan ke sananya error.

So bagi sobat yang kira-kira laptop atau PC nya tidak mendukung desain grafis, tidak perlu dipaksakan desain banner pakai adobe photoshop yah... mendingan pakai Corel X4 pasti lebih bersahabat.

Adapun tutorial cara membuat desain spanduk atau banner pada kesempatan ini akan dibahas tutorial dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X4 sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Corel Draw
  2. Tentukan terlebih dahulu ukuran spanduk atau banner dengan membuat kotak persegi yang terdapat pada tools sebelah kiri sesuai ukuran spanduk. Misal ukuran spanduk 3 x 1, maka buatlah kotak persegi dengan ukuran 300 cm x 100 cm.
  3. Carilah background di google sekiranya cocok dengan tema spanduk atau banner yang kita buat.
  4. Masukkan background melalui menu import atau ditarik filenya ke Corel, dan sesuaikan ukuran background dengan kotak yang sudah kita buat.
  5. Tulislah teks spanduk yang akan dibuat. Besar kecilnya teks menyesuaikan ukuran,
  6. Rubahlah warna dan jenis font agar lebih menarik,
  7. Jika sudah dirasa sudah cukup, maka desain spanduk atau banner sudah selesai, tinggal bawa ke percetakan.
Demikian tutorial sederhana cara membuat desain banner atau spanduk dengan menggunakan Corel Draw X4. Semoga bermanfaat, Insya Allah nanti tutorial ini akan dilengkapi, Terima kasih.
Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment