Cara praktis Mengedit File CDR yang dikunci seperti file JPEG dengan Mudah

Cara mengedit file CDR atau file Corel Draw yang dikunci seperti file JPEG | Sobat mungkin pernah mengalami masalah ketika mendownload file cdr tapi ketika dibuka file tersebut tidak bisa diedit seperti file JPEG yang dipindahkan ke Corel. File kita ungroup juga tetap saja tidak bisa, layaknya file JPEG yang tidak bisa diedit. Sebaiknya kita pastikan dulu apakah itu benar-benar file cdr atau JPEG, karena terkadang pada web tempat kita download disebutkan file cdr tapi ternyata file JPEG yang di tarik atau disimpen pada aplikasi CDR.


Untuk memastikan apakah file tersebut JPEG atau Corel yaitu dengan cara buka file gambar tersebut kemudian klik kanan pada gambar pilih propertis, lihat ke posisi sidebar kanan di sana muncul keterangan.


Jika file tersebut adalah betul-betul cdr keterangannya adalah sebagai berikut :


Sedangkan jika file tersebut adalah JPEG maka keterangannya adalah :

Nah kalau sobat sudah yakin bahwa file tersebut adalah cdr, maka sudah dapat dipastikan file tersebut bisa diedit. Cara agar file tersebut dapat diedit langkah-langkah sebagai berikut :

1. Klik kanan pada gambar pilih edit content pada Corel X4, sedangkan pada X7 adalah edit powerclip seperti gambar berikut :



2. Lakukan pengeditan, dan jika sudah selesai klik tulisan finish editing objek pada bagian kiri bawah, atau kalau di Corel X7 close powerclip


Penggunaan powercip sebenarnya bukan untuk mengunci file agar tidak bisa diedit, melainkan cara desain agar objek yang ditempatkan sesuai dengan batas ukuran yang ditentukan tdak perlu menggeser-geser ataupun memotongnya. Mungkin cara ini masih banyak yang tahu.

Demikian tutorial cara mengedit file cdr yang dikunci seperti JPEG yang tidak bisa diedit, semoga bermanfaat.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara praktis Mengedit File CDR yang dikunci seperti file JPEG dengan Mudah"

Post a Comment