Image1

Tips Buka Usaha Percetakan DIgital Printing Layanan Cetak Spanduk Banner dan lain-lain

Mau buka usaha percetakan digital printing? apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuka percetakan digital printing? Ketika kita ingin membangun suatu bisnis, pasti yang ada di benak kita pertama kali adalah, apa saja alat yang di butuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Sama halnya dengan bisnis digital printing, ada beberapa alat yang harus kita persiapkan untuk memulai usaha digital printing sendiri. Tanpa adanya alat tersebut, kita tidak akan pernah bisa mulai menjalankan bisnis. Alat alat atau investasi yang di butuhkan untuk membuka usaha digital printing antara lain :



1. Mesin digital printing
Tentu saja mesin printing terlebih dahulu yang kita persiapkan. Disini kita di tuntut harus jeli dan bijak dalam memilih mesin digital printing yang tepat, mengapa? Karena kita punya banyak keterbatasan, apa hubungannya? Tentu ada, sebagai contohnya, keterbatasan dana, sebagai seorang pemula yang baru ingin membuka usaha digital printing, tentu modal menjadi masalah utama, dengan keterbatasan modal, tentu menuntut kita mencari mesin dengan harga yang se murah mungkin, tentu semua mesin digital printing murah memiliki keterbatasan juga, apa itu? Kecepatan cetak, resolusi cetak dsb, disisi sinilah perhitungan perkiraan orderan berkaitan langsung. Bila modal anda terbatas namun memiliki orderan yang deras atau banyak, maka akan lebih baik anda memilih mesin digital printing cepat walaupun sedikit lebih mahal. Karena kecepatan cetak dapat meingkatkan jumlah produksi cetak harian anda sehingga modal yang anda keluarkan untuk membeli mesin digital printing cepat itu dapat tertutupi pada waktu yang tidak lama.

Atau bila memang anda benar-benar baru dan hanya memiliki sedikit orderan perhari, maka mesin digital printing murah dapat menjadi solusi, walaupun perbedaannya hanya di kecepatan cetak saja, namun mesin digital printing dengan harga yang murah pun yang kami miliki, tetap dapat menghasilkan hasil cetak yang tajam.

2. Bahan atau media
Pada setiap aplikasi yang di hasilkan oleh mesin digital printing, media nya bisa berbeda beda, dari jenis hingga ukuran ketebalan, contoh nya saja, umumnya untuk membuat spanduk atau baliho, biasanya kita menggunakan media Front Lite, nah, pada jenis media ini saja ada dua tipe yaitu model (Doff & Glossy), dari merek yang berbeda dengan Gramasi atau ketebalan yang berbeda semua itu menentukan kualitas cetak dan daya tahan nya. Belum lagi kalau kita ingin membuat wallpaper, itu juga juga bahan nya bernama wallpaper. Pada intinya media yang banyak di gunakan untuk usaha digital printing adalah sebagai berikut :

1) Media Digital Printing

Media Wallpaper
Flexi (Fontlite & Backlite) – China / Korcin
Sticker Ritrama (Putih – Black Out – Glossy - Matt)
Sticker Ekonomis
Cloth
One Way Vision
Mika
Vinly PU (Untuk di tempel di kaos dapat di cetak) - Flesso
2) Media Cutting Sticker

Vinly PU (Untuk di tempel di kaos) - Flesso
3) Media Banner

X-Banner
Roll Banner

3. Tinta
Kebutuhan tinda bukan hanya sekedar untuk mencetak bahan, anda harus lebih memperhatikannya lebih dalam, terutama terhadap dampak yang di timbulkan tinta terhadap komponen lainnya khususnya Print Head. Mengapa begitu? Karena banyak di luar sana print head yang bersifat sensitif, print head yang hanya dapat bekerja maksimal dan mencapai umur maksimal ketika hanya menggunakan tinta yang sesuai. Karena pada umumnya setiap pabrik mesin digital printing sudah menyiapkan semua kebutuhan mesin, sehingga kita tidak perlu mengadakan kebutuhan mesin dengan merk lalin, karena merk lain blm tentu di spport oleh komponen mesin kita. Baiknya, anda bertanya sebelum membeli mesin atau membeli head, tinta seperti apa yang sesuai dengan mesin atau head tersebut. Itu lebih bijaksana.

Jadi akan berbahaya apabila anda asal saja membeli tinta untuk mesin anda. Efek fatalnya adalah kerusakan print head itu sendiri, karena ketidak sesuaian tinta dengan print head.

4. Mesin seaming
Mesin seaming itu berfungsi untuk merekatkan atau menyambungkan banner, hal ini di perlukan ketika kita mendapatkan orderan cetak dengan media yang besar, seperti baliho billboard dan jenis lainnya dengan ukuran sangat besar. Kalau tidak ada mesin ini, anda mau menyambungkannya pakai apa? Tentu mesin ini wajib anda miliki dalam usaha digital printing anda.

5. Ring mata ayam & alat press
Ini adalahm pelengkap, namun keberadaannya akan sangat penting untuk bisnis anda. Jadi wajib ada.

6. Ruangan
Perhatikan ukuran ruangan, suhu ruangan dan kelistrikan ruangan. Ketiga hal ini menjadi wajib anda sediakan dengan sebaik mungkin. Karena semua itu berhubungan langsung dengan oprasional serta kinerja mesin digital printing tersebut. Ruangan yang sempit, dengan sirkulasi udara dan suhu yang buruk akan membuat mesin cepat rusak! Faktor ukuran panjang dan lebar ruangan menjadi penting, karena mesin saat bekerja akan menimbulkan suhu panas, jangan kan mesin, komputer saja bila kepanasan atau Over Heat akan hang atau error yang bila di biarkan akan menimbulkan kerusakan yang permanen. Jangan ambil resiko besar ini hanya karena anda ingin menekankan anggaran modal usaha.

7. AC (Pendingin Ruangan)
Keberadaan pendingin ruangan ini wajib adanya, tidak boleh tidak, hal tersebut sudah kami bahas di atas sekaligus.

8. Stablilizer
Ini hubungannya dengan kelistrikan, bila tegangan listri di tempat anda sering naik turun, jangan ambil resiko, gunakan stabilizer untuk mencegah hal yang tidak di inginkan. Karena setiap barang elektronik yang sering mendapatkan tegangan naik dan turun akan memperpendek usia pakai atau umur mesin tersebut, hal ini juga berlaku pada mesin digital printing pada umumnya.

9. UPS
Ini masih masalah listrik, jangan kan listri mati, tegangan listri naik turun saja sudah berbahaya untuk mesin, apalagi mesin anda sering mendapatkan mati listrik secara mendadak, hal ini sangat-sangat berbahaya yang dapat menimbulkan kerusakan mesin anda.

10. Komputer 1 unit (Core i3 Ram 2G) khusus mesin
Untuk peng oprasian mesin, di butuhkan minimal 1 unit komputer, dengan spesifikasi minimal yaitu (Prosesor Core i-3, lebih tinggi lebih bagus, dan memory atau RAM yang besar, minimal 2 G, lebih besra lebih bagus). Hal ini terkait dengan kinerja software RIP anda dalam merender atau memproses file untuk cetak.

11. Software design
Sudah pasti sangat butuh ini, karena produk yang kita hasilkan berhubungan dengan desain, bila anda menyediakan jasa desain sendiri, maka sediakan lah software pengolah gambar seperti (Adobe Photoshop, Adobe Indisign, atau Corel Draw).

12. Orang design
Bila anda menginginkan kualitas sebagai pembeda antara usaha digital printing anda dengan orang lain, maka hadirkanlah kualitas tersebut dari seluruh aspek, salah satunya adalah tenaga kerja yang profesional, makhir, yang dapat menghasilkan design yang indah, bagus dan elegan. Dengan add value atau nilai tambah yang anda berikan ini, akan sangat mungkin anda akan mudah mendapatkan pelanggan tetap.

13. Operator
Tenaga kerja yang meng oprasikan mesin secara langsung haru anda pilih orang yang teliti, bertanggung jawab dan mengerti tentang peng oprasian mesin itu sendiri. Karena, bila oprator orang yang jorok, dalam artian tidak teliti dalam bekerja, tidak bertanggung jawab terhadap mesin misalkan habis menggunakan mesin, mesin tidak di bersihkan dsb, ini dapat memperpendek usia mesin itu sendiri. Karena banyak orang yang bertanya kepada kami, tentang berapa lama umur mesin atau umur komponen tertentu, jawaban yang kami dapatkan langsung dari hasil realita, adalah mesin yang di tangani dengan baik, selalu di bersihkan sehabis pakai, intinya di rawat sebaik mungkin setiap harinya, rata-rata usia pakainya lebih lama di bandingkan dengan orang yang tidak terlalu perduli tentang mesin itu sendiri. Jangan coba-coba, kami sudah mengingatkan, apabila anda merasa himbauan ini tidak di laksanakan, akan datang konsekuensi nya, pasti!

Sumber : PT Laysander

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Buka Usaha Percetakan DIgital Printing Layanan Cetak Spanduk Banner dan lain-lain"

Post a Comment