Image1

8 Jenis Sayuran yang Wajib Anda Tahu untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ vital dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengeluarkan limbah dari darah dan mengatur tingkat cairan dalam tubuh. Selain itu juga fungsi ginjal adalah sebagai berikut :
  • Mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh sehingga membantu jantung dan otot agar bekerja dengan baik.
  • Membantu mengatur tekanan darah.
  • Memproduksi zat sejenis vitamin D yang menjaga kesehatan tulang.
  • Memproduksi hormon glikoprotein  disebut erythropoietin yang membantu merangsang produksi sel-sel darah merah.

Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, yaitu dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk.

Gangguan pada ginjal akan memengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah yaitu menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine.

Agar kita terhindar dari gangguan ginjal maka biasakan mengkonsumsi 5 jenis sayuran berikut :

1. Paprika merah

Sayuran ini dikenal ramah untuk ginjal karena kandungan potasiumnya yang rendah. Kadar potasium yang tinggi dalam darah dapat menyulitkan ginjal untuk menghilangkannya sehingga menyebabkan penyakit ginjal kronis. Paprika merah juga mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, A dan B6 serta nutrisi lain seperti asam folat dan serat.

2. Kubis

Kubis bebas dari potasium yang bermanfaat untuk hati dan ginjal Anda. Sayuran ini juga kaya phytochemical yang membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kubis mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin B6, K dan C dan asam folat. Ini membuat kubis memiliki nilai tambah untuk diet ramah ginjal.

3. Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai bahan masakan atau dimakan mentah. Bawang putih memiliki sifat diuretik yang membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari tubuh Anda dengan memaksa ginjal untuk mengeluarkannya melalui urin. Bawang putih juga melindungi ginjal dari efek berbahaya logam berat seperti timbal. Bumbu ini memiliki kekuatan untuk mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol dan bertindak sebagai antibiotik alami.

4. Kembang Kol

Sayuran ini menawarkan asam folat dan serat. Hal tersebut berfungsi untuk membersihkan ginjal serta menguatkannya. Kembang kol juga rendah potasium sehingga dapat dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal kronis.

5. Asparagus
Asparagus mengandung asparagin yang memiliki efek pembersih pada ginjal. Ini juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal dan memfasilitasi fungsi ginjal serta membantu meningkatkan aksi seluler di ginjal. Asparagus juga merupakan sumber dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

6. Kale
Menurut National Kidney Foundation, kale dikemas dengan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan mineral penting lainnya yang membantu ginjal berfungsi dengan tepat.
7. Bayam
Bayam adalah sumber vitamin A yang sangat baik dan diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat, yang melapisi tabung filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih. Fungsi dari jaringan ini adalah untuk sekresi, penyerapan selektif, perlindungan, transportasi transporular, dan penginderaan. Bayam juga mengandung beta-karoten yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi mata Anda.
8. Kacang polong dan kacang hijau
Kedua sayuran hijau ini rendah potasium dan merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat diperlukan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Yang terpenting adalah untuk mengelola atau mencegah penambahan berat badan berlebih serta diabetes, yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Memasukkan makanan sehat ini dalam diet Anda akan memastikan ginjal Anda tetap sehat, demikian dilansir Boldsky. (Antara/Maria Cicilia)

Sumber  : Liputan 6 : 5 Sayur Penjaga Stamina Ginjal
ALa Dokter : Gejala Penyakit Ginjal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Jenis Sayuran yang Wajib Anda Tahu untuk Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment