Back To Top

Berbagai Macam Masalah Setting Client UNBK dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi Exambro Client tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini | Cara mengatasi registrasi IP gagal pada exambroclient | Cara mengatasi Aplikasi Browser tidak ditemukan pada exambroclient UNBK | Cara mengatasi PC anda belum terdaftar silahkan menggunakan exambro| Itulah rangkuman beberapa permasalahan dalam menjalankan aplikasi UNBK yang harus bisa diatasi oleh proktor bekerja sama dengan teknisi.

Sobat! sebelum ke TKP cara mengatasi permasalahan client UNBK, izinkan saya curhat sedikit tentang pelaksanaan UNBK yang saya alami saat menjadi proktor dan teknisi UNBK tahun 2019.  Pelaksanaan UNBK tidak semudah yang dibayangkan, secara teknis ujian, sepertinya UNBK lebih mudah dibanding UNKP. Panitia dan pengawas tidak perlu mempersiapkan soal untuk dibagikan, mengisi berita acara dan daftar hadir peserta ujian, cukup duduk manis mengawasi jalannnya Ujian Nasional. Semuanya sudah disiapkan oleh sistem UNBK, berita acara sudah siap untuk ditandatangani, daftar hadir sudah siap dibagikan dan ditandatangani peserta dan pengawas.

Namun dibalik kemudahan UNBK di atas, pihak sekolah, proktor dan teknisi merasakan betul berbagai kesulitan yang tidak ada pada UNKP. Pihak sekolah terbebani dengan pengadaan fasilitas  sarana dan pra sarana UNBK seperti komputer, perangkat jaringan dan sebagainya. Bagi sekolah yang maksimalis mungkin tidak masalah, namun bagi sekolah yang serba minimalis pasti sangatlah berat.

Bagi sekolah tipe minimalis kewajiban UNBK yang tidak didukung oleh bantuan  sarana oleh pemerintah adalah penindasan. Pihak sekolah memutar otak bagaimana bisa mengadakan sarana komputer untuk bisa melaksanakan UNBK. Akhirnya dengan segala keterbatasan meskipun jumlah komputer client tidak memenuhi jumlah peserta ujian, UNBK tetap dilaksanakan dengan membagi pelaksanaan ujian menjadi 2 atau 3 sesi.  Sehingga waktu pelaksanaan ujian satu materi pelajaran  dengan 3 sesi membutuhkan waktu dari pukul 08.00  s/d 16.00. Hal ini tentu sangat menguras waktu dan tenaga Panitia dan Pengawas begitu juga siswa peserta ujian. Kalau dengan UNKP pelaksanaan mulai pukul 08.00 dan bisa selesai pada jam 10.00. Belum hal teknis lainnya yang cukup menguras waktu dan tenaga. Kendala teknis lainnya yaitu terjadinya pemadaman listrik PLN sehingga pihak sekolah harus menyediakan genset agar pelaksanaan UNBK tetap berlangsung.

Kesulitan secara teknis persiapan UNBK sangatlah dirasakan oleh para proktor dan teknisi yang harus berjibaku melakukan persiapan instalasi ruangan dari mulai instalasi listrik, instalasi jaringan, setting server dan Client UNBK. Persiapan sinkronisasi setiap akan simulasi dan sebelum pelaksanaan UNBK.

Masalah dalam Instalasi Jaringan UNBK dan Cara Mengatasinya 

Nah bagi sobat yang mengalami permasalahan-permasalahan saat melaksanakan Simulasi UNBK atau persiapan UNBK seperti saya ini, berikut adalah cara mengatasinya yang pernah saya lakukan dan berhasil.

1. Cara mengatasi tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini pada exambroclient

Dalam kasus client tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini,  ketika mengklik tombol run exambro client muncul pemberitahuan "tidak ada nomor ip di komputer ini.



Adapun cara mengatasi permasalahan ini adalah mensetting kembali ip adress melalui control panel, network dan internet-network and sharing center-change adapter setting. Pilih Lan yang aktf klik kanan pilih properties - klik internet protokol version 4 klik properties.


Masukkan ip adress client UNBK dengan kode 192.168.0.180 angka 180 bisa dirubah-rubah setiap komputer harus berbeda, tapi jangan menggunakan ip adress 192.168.0.200 karena digunakan oleh server UNBK.


Jika sudah disetting ip adress, pastikan angka terakhir ip adress tidak ada yang sama dengan laptop lain. Karena jika ada yang sama akan terjadi crash dan tidak akan berjalan. Klik oke dan jalankan kembali exambroclient klik run. Jika tetap muncul informasi ip adress tidak ada, maka kemungkinan ada komponen laptop yang tidak support. Kasus yang saya alami seperti ini cuman terjadi pada notebook ukuran layar di bawah 11 inch. Kesimpulannya jika terjadi terus-menerus terdetek tidak ada ip adress padahal kita sudah menyettingnya berulang-ulang, maka sudah dipastikan notebook tersebut tidak support aplikasi exambroclient UNBK, solusinya adalah ganti dengan notebook atau laptop yang layarnya di atas 11".

2. Cara mengatasi registrasi ip tidak berhasil silahkan registrasi ulang


3. Cara mengatasi aplikasi browser tidak ditemukan pada client UNBK
4. Cara mengatasi browser anda tidak memiliki akses. Silahkan menggunakan exambro.




 
loading...