Home » » Cara Mengatasi Permasalahan Client UNBK 2019

Cara Mengatasi Permasalahan Client UNBK 2019

Cara mengatasi Exambro Client tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini | Cara mengatasi registrasi IP gagal pada exambroclient | Cara mengatasi Aplikasi Browser tidak ditemukan pada exambroclient UNBK | Cara mengatasi PC anda belum terdaftar silahkan menggunakan exambro| Itulah rangkuman beberapa permasalahan dalam menjalankan aplikasi UNBK yang harus bisa diatasi oleh proktor bekerja sama dengan teknisi.

Permasalahan client yang tidak bisa masuk kepada  cbt puspendik dengan keterangan tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini, dan semua permasalahan-permasalahan di atas dialami penulis saat melaksanakan Simulasi UNBK Periode 2 hari pertama tanggal 4 Februari 2019. hal ini terjadi karena client tidak semuanya disiapkan sebelumnya disebabkan sebagian client pinjam laptop dari para guru. Al hasil tidak semua laptop bisa langsung digunakan untuk simulasi karena browser yang digunakan berbeda-beda, sehingga harus disamakan dulu menggunakan browser chrome terbaru.


Dalam menginstal browser Chrome ini harus diperhatikan bahwa chrome yang support exambro UNBK adalah chrome 64 bit. Chrome 64 bit ini juga harus d isesuaikan dengan versi windows apakah windows yang dipakai versi 32 bit atau 64 bit. Cara mengetahui versi windows yaitu dengan cara tekan lambang windows pada keyboard dan huruf R (Win+R) atau Star Run kemudian ketik regedit tekan enter, tunggu sampai muncul layar yang memuat keterangan windows seperti gambar di bawah ini :


Selain itu juga bagi pengguna windows 7 bisa menekan tombol gbr windows dan pause break paa keyboard, nanti akan muncul keterangan versi windows yang digunakan.

Setelah diketahui versi windows apakah windows 32 bit atau 64 bit, jika laptop tersebut menggunakan versi windows 32 bit, maka installah google chrome 32 bit versi 64, dan jika menggunakan windows 64 installah chrome 64 bit. Jangan salah, kalau versi 32 bit diinstal chrome 64 bit pasti tidak akan support dan proses instalnya gagal.

Selanjutnya jika semua laptop atau pc sudah dipasang chrome versi 64 bit, cobalah jalankan exambroclient klik run dan tunggu sampai muncul cbt puspendik untuk login siswa. Namun berdasarkan pengalaman penulis masih terjadi permasalahan-permasalahan client seperti ip adres tidak ada, browser tidak ditemukan, registrasi ip tidak berhasil dan sebagainya.

Nah bagi sobat yang mengalami permasalahan-permasalahan saat melaksanakan Simulasi UNBK seperti saya ini, berikut adalah cara mengatasinya yang pernah saya lakukan dan berhasil.

1. Cara Mengatasi tidak ada nomor ip untuk tes di komputer ini pada exambroclient


Dalam kasus ini ketika mengklik tombol run exambroclient muncul pemberitahuan "tidak ada nomor ip di komputer ini, solusinya adalah mensetting kembali ip adress melalui control panel, network dan internet-network and sharing center-change adapter setting. Pilih Lan yang aktf klik kanan pilih properties - klik internet protokol version 4 klik properties.


Masukkan ip adress client UNBK dengan kode 192.168.0.180 angka 180 bisa dirubah-rubah setiap komputer harus berbeda, tapi jangan menggunakan ip adress 192.168.0.200 karena digunakan oleh server UNBK.


Jika sudah disetting ip adress, pastikan angka terakhir ip adress tidak ada yang sama dengan laptop lain. Karena jika ada yang sama akan terjadi crash dan tidak akan berjalan. Klik oke dan jalankan kembali exambroclient klik run. Jika tetap muncul informasi ip adress tidak ada, maka kemungkinan ada komponen laptop yang tidak support. Kasus yang saya alami seperti ini cuman terjadi pada notebook ukuran layar di bawah 11 inch. Kesimpulannya jika terjadi terus-menerus terdetek tidak ada ip adress padahal kita sudah menyettingnya berulang-ulang, maka sudah dipastikan notebook tersebut tidak support aplikasi exambroclient UNBK, solusinya adalah ganti dengan notebook atau laptop yang layarnya di atas 11".

2. Cara mengatasi registrasi ip tidak berhasil silahkan registrasi ulang


3. Cara mengatasi aplikasi browser tidak ditemukan pada client UNBK
4. Cara mengatasi browser anda tidak memiliki akses. Silahkan menggunakan exambro.




Advertisement

loading...
Previous
« Prev Post

0 Komentar:

Post a Comment