Image1

IKHLAS ADALAH PENYEMBUH SEGALA MACAM PENYAKIT GURU

Oleh : Ujang Kusnadi, S. Pd.I*
Guru menurut Undang-undang No. 14 tahun 2005 adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama guru yang pertama adalah mendidik bukan mengajar dulu, mengapa demikian? Karena makna mendidik lebih mendalam dari makna mengajar. Mendidik adalah proses pembentukan karakter yang berkaitan dengan moral dan kepribadian anak agar menjadi anak yang sholeh/sholehah. Jika ditinjau dari segi proses, maka mendidik berkaitan dengan memberikan motivasi untuk belajar dan mengikuti ketentuan atau tata tertib yang telah menjadi kesepakatan bersama. Dilihat dari segi strategi dan metode yang digunakan, mendidik lebih menggunakan keteladan dan pembiasaan. Hal ini tentu berbeda dengan mengajar yang titik tekannya pada transfer of knowledge (transfer ilmu pengetahuan) dengan strategi dan metode pembelajaran. 
Hasil dari pendidikan bersifat jangka panjang membentuk karakter peserta didik bagi kehidupan mereka sepanjang hayat yang berkaitan langsung dengan peradaban manusia. Dengan demikian seorang guru harus dengan sepenuh hati mengutamakan aspek mendidiknya dengan kata lain guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi saja (transfer of knowledge) melainkan lebih mengedepankan pendidikan karakter peserta didik. Karena sesungguhnya mengajar yang baik adalah mendidik.
Realitasnya, tidak sedikit guru yang hanya mementingkan aspek mengajarnya saja, atau bahkan mengajarnya saja tidak professional apalagi mendidik. Setidaknya ada 11 macam penyakit guru yang menyebabkan proses pendidikan dan pembelajaran ini tidak professional yaitu : 1) TIPUS (Tidak Punya Selera), Guru  datang ke sekolah tanpa semangat, mengajarnya asal-asalan, bahkan datangnya pun seenaknya. Penyakit ini biasanya muncul kalau kondisi kantong sedang kering, sementara honor  atau sertifikasi  tak kunjung cair. 2. MUAL (Mutu Amat Lemah), kompetensi guru dalam pembelajaran sangat lemah. 3) KUDIS (Kurang Disiplin), Datang dan Pulang tidak tepat waktu, 4) ASMA (Asal Masuk Kelas), yang penting masuk kelas masalah materi dipikirkan di kelas. 5). KUSTA (Kurang Strategi), 6) TBC (Tidak Bisa Computer), 7) ASAM URAT (Asal Sampaikan Materi Urutan Tidak Akurat), 8) KRAM (Kurang Trampil), 9) LESU (Lemah Sumber) 10) DIARE (Di kelas Anak-anak MeRemehkan, 11). GINJAL (Gaji Nihil kerJanya Jarang Aktif dan Lambat).
Jika penyakit tersebut sudah menyerang guru-guru, terbayang akan seperti apakah hasil dari pendidikan ini. Maka harus segera diobati dengan obat yang manjur dan mujarab..Obat yang mujarab adalah formula IKHLAS  yang mengandung BAHAN AKTIF : Karena Alloh 100%, Dapat menyembuhkan penyakit  TIPUS (Tidak Punya Selera Mengajar), KUDIS (Kurang Disiplin), KRAM (Kurang Terampil), GINJAL (Gaji Nihil Jarang Aktif dan Lambat) dan lain-lain. PEMAKAIAN : Setiap Mau Berangkat Ke Sekolah.. PERHATIAN : Dianjurkan dipakai dengan senyuman.

Selain ikhlas guru juga harus memiliki mental 4 K, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja Kualitas dan Kerja tuntas. Jika semua itu dimiliki oleh para pendidik, maka Insya Alloh tujuan pendidikan akan tercapai. **

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IKHLAS ADALAH PENYEMBUH SEGALA MACAM PENYAKIT GURU"

Post a Comment