Image1

Tutorial Cara Sablon Kaos Digital dengan Kertas 3G Jet Opaque Lengkap

Cara Sablon Kaos Digital | Cara Sablon Kaos dengan Dark Transfer  Paper | Cara Sablon Photo dengan 3G Jet Opaque | Halo  Sobat! Semoga semuanya sehat selalu yah.. yang ngantuk silahkan tidur dulu, ga perlu minum kopi, karena obat ngantuk yang sesungguhnya adalah tidur bukan Kopi. Inter mezo yah.. yang jelas Kasima Grafika mau ngasin informasi terbaru lho yang lagi ngetrend di dunia percetakan. Mungkin postingan kali ini sangat berbeda dengan postingan sebelum yang hanya mutar-muteer download-download, cetak-cetak, spanduk-banner, stiker dan sebagainya, kali ini Kasima grafika mau posting cara sablon kaos digital dengan menggunakan kertas 3G Jet Opaque.  Namun sebelum ke teknis tutorial cara sablon kaos digital alangkah baiknya saya ajak sobat semua mengenal lebih jauh mengenai kertas 3G Jet Opaque.


Mengenal Lebih Jauh Kertas 3G Jet Opaque di Dunia Percetakan

Kertas 3G Jet Opaque adalah kertas transfer paper yang digunakan untuk sablon kaos dari hasil printing langsung ditempel di Kaos bersama kertasna. Transfer paper 3G Jet Opaque ini berbeda dengan sistem transfer sublim yaitu kertas hanya sebagai media pemindahan objek ke kaos dan kertas tidak menempel pada kaos, sedangkan pada 3G Jet Opaque Kertas bersama objeknya menyatu nempel pada kaos.

Duh sobat, mungkin karena masih tergolong baru  Kertas 3G Jet Opaque ini sehingga yang bahas pun ga ada yang jauh-jauh.. udah dulu.. yah...takut nyasar..he-he.

Mengenal Peralatan Sablon Digital 3G Jet Opaque

Bagi yang masih belajar seperti saya, atau bagi yang baru rencana membuka usaha sablon kaos digital perlu tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk proses sablon kaos digital. Adapun yang perlu sobat siapkan adalah : 1. Komputer untuk Desain, 2. Printer Injkjet dengan tina khusus Transfer Paper Art Paper, 3. Mesin Cutting, 4. Mesin Press.


  1. Komputer; Komputer/laptop yang disiapkan harus support terhadap proses desain, so kalau sobat pesan komputer, bilang az kebutuhannya untuk desain. Nanti toko juga tahu spesifikasi komputer/laptop untuk desain. Namun biasanya sih harganya juga lumayan.
  2. Printer. Untuk mencetak objek desain diperlukan sebuah printer Inkjet dengan tinta khusus untuk art paper, jadi tintanya berbedea dengan tinta untuk cetak dokument biasa. Tinta transper paper ini tahan air alias tidak luntur. Untuk rekomendasi prtnter bisa menggunakan merk epson infusan pabrik. 
  3. Mesin Cutting, alat ini berfungsi untuk memotong objek di kertas dan membuang objek yang tidak dibutuhkan ketika ditempel pada kaos. Mesin cutting yang cocok untuk sablon kaos berdasarkan pengalaman kami adalah merk Cameo. Mesin Cutting ini bisa menghemat penggunaan kertas karena kertas dipotong sesuai dengan kebutuhan objek sablon. 
  4. Mesin press, Mesin press berfungsi untuk menempelkan objek sablon hasil printing dan cutting pada kaos. 

Berapa modal yang dibutuhkan untuk Sablon Digital Kaos?

Jika sobat mau buka usaha sablon digital, untuk kebutuhan peralatan Sablon diatas cukupmenyiapkan budget antara 11 sd 15 Jt. Selain peralatan di atas juga harus disiapkan material lainnya yaitu bahan polypex, kertas 3G Opaque dan lain-lain.

Tutorial Proses Sablon Kaos Digital dengan Kertas 3G Jet Opaque

Bosen yah bahasnya mutar-muter melulu, ga nyambung sama judul.. ga usah cemberut deh.. nih tulisan yang nyambung sama judul tutorial lengkap cara sablon digital dengan kertas 3g jet Opaque. Bener mau tahu? apa mau tempe? Mau Tahu aza yah.. biar ane kasih tahu bukan tempe... ops

Ini yah baca dengan penuh perasaan bagaimana cara proses sablon digital printing...
1. Desain dahulu gambar atau tulisan yang mau disablon atau ditempel di kaos.
2. Siapkan Kertas 3G Opaque
3. Cetak Gambar  pada kertas 3g Jet Opaque dengan printer tinta pigment yang baik
4. Potong atau cutting hasil print, gunakan mesin cutting agar rapi
5. Panaskan mesin press di suhu 160 derajat
6. Tempelkan gambar pada kaos dan press selama 30 detik

Demikian tutorial cara sablon kaos dengan 3g opaque yang tidak lengkap, karena yang lengkapnya banyak di mbah google tinggal search lagi. Mohon maaf jika tulisannnya sudah pasti tidak memuaskan, karena saya bukan alat pemuas. Terima kasih.. salam hangat dari Kasima Grafika..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Sablon Kaos Digital dengan Kertas 3G Jet Opaque Lengkap"

Post a Comment