Image1

Cara Mengatasi Install Server ARD tidak Connect ke Web 100% Work

Gokasima.com | Sobat! Era on line,,, ya zaman serba online, zaman di mana segala kebutuhan manusia bisa dilakukan dengan online yaitu melalui jejaring yang disebut dengan internet bukan internit.. kalau intaernit seingat saya itu plafon rumah yah...  Tak ketinggalan dunia pendidikan yang memang harus lebih dulu mengikuti zaman online. Pemerintah melalui kebijakannya telah memberlakukan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk semua sekolah tingkat SLTP dan SMA. Seiring perkembangannya pemerintah juga membuat kebijakan lebih spesifik lagi yaitu penerapan pengisian raport online.


Pengisian raport online yang disebut dengan ARD (Aplikasi Raport Digital)  yaitu pengerjaan nilai raport yang diinput oleh semua guru mapel dengan sistem jejaring antara server dan client. Server menampung data sementara dari client. Server merupakan sumber energy utama bagi client sehingga kehidupan client ditentukan oleh server.  Oleh karena itu server harus dipastikan connect terhadap server pusat dan bisa login.

Untuk dapat menjalankan ARD ini sobat harus menyiapkan perangkat komputer dengan spesifikasi minimal processor Core I3 dengan RAM minimal 4 GB. Spesifikasi komputer server untuk Raport berbasis Online ini hampir sama dengan standar server UNBK. Hanya saja server ARD bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi sama.


Bagi sekolah yang fasilitasnya lengkap seperti memiliki ruang komputer yang memadai dari segi fasilitas, maupun keamanannya, sehingga komputer bisa selalu terpasang antara server dengan client,, tentunya instalasi ARD ini bisa berlangsung cepat dan mudah.

Namun berbeda halnya dengan sekolah yang terpaksa harus megadakan sarana dan ruang dadakan untuk instalasi komputer, seperti halnya sekolah saya yang selalu mempertimbangkan aspek keamanan karena sudah beberapa kali memiliki komputer yang dipasang di sekolah semuanya ada yang membawa tanpa izin alias dicuri, Sehingga ketika kami menginstalasi server dan client baik untuk ARD maupun UNBK harus bongkar pasang.

Akhirnya kami selalu mencoba install server baik ARD maupun UNBK tanpa terkoneksi dengan client, al-hasil jaringan tidak connect alias tidak tersambung dengan server pusat meskipun virtual box sudah ready dengan menampilkan ip adress dan login seperti gambar di bawah ini :


Namun ketika masuk melalui IP Adress 192.168.0.102 seperti halnya pada virtual box koneksi tidak tersambung muncul dialog layar situs ini tidak dapat dijangkau muat ulang, berulang-ulang juga tetap tidak masuk-masuk ke server ARD.


Awalnya saya sebagai teknisi menduga mungkin spesifikasi laptop tidak cocok untuk dijadikan Server ARD, Kami pun mencobanya di laptop yang baru dengan spek yang tinggi, namun hasilnya tetap sama server ARD tidak tersambung. Dari sini diambil kesimpulan, berarti bukan laptopnya yang bermasalah, akhirnya kami pun menganalisa kemungkinan ARD ini hampir sama dengan UNBK bahwa server tidak bisa tersambung dengan server pusat jika tidak tersambung pada client. Karena memang kami menginstall server ARD pada waktu itu tanpa client dengan pertimbangan keamanan dan juga tidak ada tempat serta berpikir khusus ke umum yaitu server dulu, nanti kalau sudah siap baru di pasang client/

Analisa tersebut kami coba dengan memasangkan 1 buah client dengan memasukkan kabel lan dari laptop 1 ke yang lainnya... tanpa mengotak-atik IP Adress terlebih dahulu. Setelah terkoneksi, restart laptop atau komputer, jalankan Virtula Box jika sudah log in masuk ke website dengan IP Adress ARD yaitu 192.168.0.102 tekan enter..daa...n alhamdulillah berhasil situs Aplikasi Raport Digital pun muncul seperti gambar di bawah ini :


Dari pengalaman di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menyambungkan komputer server dengan server pusat baik dalam pengisian raport online maupun UNBK atau UAMBN, ketika menginstal komputer server atau membuka situs server pusat harus dikoneksikan terlebih dahulu pada client.

Demikian tutorial cara mengatasi server ARD tidak tersambung, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Install Server ARD tidak Connect ke Web 100% Work"

Post a Comment