Image1

Cara Cetak Kertas Art Paper yang Licin dan Tebal di Printer Epson dengan Mudah

Gokasima.com | Cara Cetak Kartu Nama Sendiri dengan Mudah | Cara Cetak Kertas Art Paper dengan Printer Epson tanpa macet.  Cara Print Kertas yang tebal dan licin | Halo sobat! Mohon maaf yah untuk postingan kali ini bukan sharing tentang file desain spanduk atau banner yah.. melainkan tutorial cara cetak kertas art paper di printer Epson dengan mudah. Ide postingan ini muncul dari studi kasus pengalaman saya yaitu ketika Kasima Grafika ingin mengoptimalkan layanan bikin kartu nama online dengan modal yang minim yaitu dengan menggunakan printer Epson. Pembuatan kartu nama bisa menggunakan printer biasa seperti Epson dan lainnya dengan menggunakan tinta khusus yaitu tinta dye agar hasilnya tidak luntur.



Masalah yang terjadi ketika saya mendapatkan orderan buat kartu nama online, saat file di print kertas art paper 260 gram sulit masuk, bahkan saat kertas tertarik pun print head tidak mencetak pada kertas melainkan pada alas printer karena tarikan kertas tidak sempurna dan kertas tidak bergerak sama sekali, hal ini beberapa kali terjadi. Setiap hal ini terjadi yaitu printer mencetak tidak pada kertas art paper, maka hal yang dilakukan adalah dengan mematikan printer secara paksa.

Berbagai cara sudah saya coba, dari mulai mendorong kertas ketika printer menariknya, tetapi cara ini kadang berhasil kadang tidak, dan hasilnya pun printer tetap tidak mencetak sesuai dengan margin kertas yang sudah disetting seperti cetakan pertama ke potong, atau terlalu meped ke pinggir, bengkok dan sebagainya. Akhirnya pembuatan kartu nama pun banyak yang gagal.

Saya pun akhirnya sempat putus asa dan menyimpulkan bahwa membuat kartu nama dengan printer epson itu sulit dan hanya merusak printer terutama roll penarik kertas, karena memang jenis kertas Art Paper berbeda dengan kertas biasa yaitu licin dan tebal. Tebal kertas art paper yang digunakan untuk kartu nama biasanya adalah 260 gram. Karena memang printer epson hanya sering digunakan untuk mencetak di kertas art paper dengan ketebalan 70/80 gram.

Namun setelah browsing dengan menggunakan keyword cara cetak kertas art paper tebal di pinter epson, akhirnya saya menemukan tulisan dengan judul Solusi Printer Tidak Bisa Cetak di Kertas Photo Tebal di Kompasiana. Cara ini saya coba gunakan pada kertas art paper, karena asumsi saya kertas photo sama kertas Art Paper atau Art Carton mempunyai karakter yang sama yaitu licin dan tebal. Ternyata hasilnya memuaskan, cara tersebut bisa mengatasi permasalahan macetnya kertas art paper pada printer epson, Setelah menggunakan cara tersebut, saya bisa mencetak Kartu Nama dengan lancar dan mudah.

Jadi! Permasalahan printer tidak bisa menarik kertas licin dan tebal tidak mesti disebabkan karena rollnya rusak seperti aus dan sebagainya, akan tetapi memang karena permasalahan kertas licin dan tebal.

Cara mengatasi kertas art paper yang susah ditarik oleh printer karena licin 

Adapun cara mudah mengatasi printer tidak bisa menarik kertas licin dan tebal seperti art paper adalah dengan terlebih dahulu menekuk bagian ujung kertas selebar kurang lebih 1 cm yang akan dimasukkan pada printer. Kalau  sobat menggunakan meja atau etalase simpanlah kertas art paper atau kertas tebal lainnya di pinggir meja atau etalase kemudian ditekuk ke bawah secukupnya, tapi jangan sampai di lipat yah... yang penting kertas ada lengkungan sedikit.

Langkah melengkungkan kertas ini berfungsi membantu memudahkan roll printer menarik kertas, saat dia menarik kertas lengkungan ini akan membantu mendorong menaikkan kertas masuk roll penarik kertas.

Demikian tutorial cara mengatasi masalah macetnya kertas licin dan tebal pada printer epson dengan simple dan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cetak Kertas Art Paper yang Licin dan Tebal di Printer Epson dengan Mudah"

Post a Comment